Tips Membuat dan Memperkenalkan Merek di Situs Online

Sebuah usaha atau badan usaha akan terasa lebih meyakinkan jika memiliki sebuah merek. Tentu dalam membuat satu badan usaha atau bisnis pribadi membutuhkan banyak persiapan, tidak hanya berfokus pada produk dan jasa yang akan ditawarkan, namun nama atau merek juga menjadi perhatian. Sebuah merek akan membantu bisnis Anda dalam memperkenalkan produk kepada konsumen. Selain menjadi alat untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dalam situs online, merek juga bisa menjadi personal branding. Lalu bagaimana cara membuat merek? Berikut ulasannya.

Berikut langkah-langkah membuat merek:

  1. Buatlah Nama Merek yang Mudah Diingat dan Memiliki Kesan Unik

Sebuah nama atau merek dibuat untuk mengenalkan produk kepada pelanggan awal. Usahakan buat nama merek yang unik dan mudah diingat. Nantinya konsumen akan terus mengingat dan memahami fungsi atau keunggulan apa saja yang ditawarkan. Jangan membuat nama dari istilah asing, dan sulit untuk diucapkan. Ketahui target pasar, kapan akan diluncurkan, dan dimana akan dipasarkan.

  1. Kenali Pribadi Diri Anda Sendiri

Nama dari sebuah merek bisa menjadi cerminan siapa pemiliknya. Ketahui tentang diri Anda apa saja yang disukai dan apa yang Anda kuasai sehingga nantinya fungsi merek sebagai personal branding bisa berjalan dengan baik dan mampu menggambarkan diri Anda.

  1. Beli Domain Yang Mencerminkan Merek Anda

Sebelum membuat sebuah website beliha domain yang mencerminkan merek pribadi Anda. media online yang menjadi wadah atau tempat promosi memerlukan domain yang menarik. Produk Anda akan semakin dikenal luas jika memakai domain yang tepat, dan nantinya bisa diakses dimanapun, kapanpun, dan siapapun.

  1. Buatlah Sebuah Website Pribadi

Setelah membuat satu domain dengan memakai nama pribadi selanjutnya adalah membuat website pribadi. Untuk memulainya bisa dimulai dari yang sederhana dengan membuat blog pribadi terlebiht dahulu, atau Anda bisa membeli template website yang sudah jadi nantinya Anda tinggal mengisinya saja. Jika perlu Anda bisa memakai CMS yang sudah banyak digunakan.

  1. Lakukan Update Secara Otomatis

Sebagai pengusaha, Anda akan membutuhkan waktu lebih untuk mengurus website atau blog, jika Anda tidak memiliki waktu lebih sebaiknya lakukan update secara otomatis terhadap semua platform sosial media. Fitur dalam blog sudah didukung oleh update secara otomatis, jadi Anda hanya tinggal mengaktifkannya saja.

  1. Terima Kritik dan Saran dari Pelanggan

Sebuah saran atau kritik bisa menjadi satu motivasi untuk melangkah yang lebih baik. Jangan menolak masukan dan kritikan, sebisa mungkin menanggapi setiap masukan karena nantinya akan sangat berguna bagi kemajuan produk Anda.

  1. Bagikan Informasi Mengenai Produk Anda

Membagikan berbagai konten seperti tips-tips mengenai produk Anda bisa menjadi satu solusi bagi konsumen dalam menghindari rasa jenuh. Nantinya pelanggan akan merasa seang mengunjungi website Anda.

Tentu saja, dalam memasarkan produk Anda di dunia online ada kiat-kiat agar merek semakin terkenal dengan cepat. Mungkin Anda merasa penasaran apa cara untuk membuat website produk menjadi terkenal dalam waktu cepat? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

  1. Bangunlah Kredibilitas

Buat seolah-olah produk Anda mampu memecahkan masalah konsumen. Sebisa mungkin buatlah satu desain dan fungsi yang inovatif, menarik, kreatif, dan efektif. Bila perlu publish video mengenai tesminoni atau muat pernyataan dari konsumen tentang kepuasan setelah mencoba produk Anda.

  1. Munculkan Video Testimoni

Media pemasaran produk menggunakan situs online seharusnya menyertakan tayangan video testimoni atau menayangkan kisah orang yang sudah sukses dalam perusahaan Anda. Tidak hanya berupa testimoni saja, bila perlu perlihatkan suasana kerja, atau keahlian professional setiap karyawan sehingga membuat para konsumen semakin yakin dengan merek dari produk Anda.

  1. Tunjukkan Hasil Riset Mengenai Produk

Banyaknya orang yang tertarik kepada merek produk bisa dilandasi oleh rasa percaya tentang fungsinya. Tidak sedikit para produsen besar melakukan survey terhadap produk unggulan mereka agar nantinya konsumen dapat lebih percaya tentang kegunaan dan dampak kepada konsumen.

  1. Buat Kisah Unik Tentang Asal Mula Nama Merek

Jangan takut untuk mengungkapkan asal usul penamaan merek produk Anda. Banyak para pengusaha sukses seperti pendiri media sosial Facebook, Mark Zuckerberg tidak sungkan untuk menceritakan bagaimana situs buatannya mulai mendunia. Buatlah ikatan emosi dengan para konsumen.

  1. Cari Solusi Interaktif

Sebisa mungkin buatlah satu pendekatan unik dan interaktif dengan mengajak keterlibatan konsumen terhadap kualitas merek Anda. Bila perlu buat aplikasi video games, video sharing, survei, dan kuis.

  1. Diskusikan Bersama Konsumen Tentang Masa Depan Produk

Sedikit berbeda dari survei, Anda bisa mendengarkan aspirasi dari publik untuk mengarahkan masa depan merek, dan mendengar opini publik. Dari situlah Anda bisa menyusun strategi tentang produk Anda di masa depan.

  1. Berikan Penghargaan Kepada Penggemar

Jika nantinya merek Anda sudah terkenal dan banyak diminati, alangkah baiknya menggelar satu acara atau program yang berisi tentang kuis atau hadiah kepada penggemar setia. Program kuis juga bisa dipakai untuk memperluas penyebaran nama merek dari produk Anda.

  1. Berikan Donasi Kepada yang Membutuhkan

Terkadang memberikan bantuan kepada yang membutuhkan seperti yayasan dan sekolahan bisa menjadi market strategi dalam memperluas produk Anda. Jika nanti suskses, maka produk Anda akan dikenal oleh kalangan luas sehingga pendapatan akan semakin meningkat.

Nah itu tadi beberapa tips dan kiat untuk memperkenalkan merek dari produk di dunia online. Terkadang ada beberapa perusahaan yang membuat merek dengan asal-asalan sehingga produk tidak banyak dikenal dan hasil pendapatan tidak maksimal. Jika Anda ingin serius membidangi sati usaha buatlah konsumen lebih nyaman dan familiar terhadap barang yang ditawarkan. Memang perlu membutuhkan waktu cukup lama agar produk anda mudah dikenali dan dihafalkan. Ingatlah setiap konsumen memiliki hak untuk memilih, dan untuk memperluas jangkauan pasar diperlukan korelasi antara manfaat dengan desain yang menarik.

Persaingan di dunia online tentu berbeda dengan persaingan offline, setiap orang atau pengusaha yang terjun dalam bisnis online harus memiliki integritas dan konsistensi dalam memasarkan produk. Jangan sampai konsumen yang sudah lama memakai barang milik perusahaan Anda beralih ke barang merek lain karena tidak adanya konsistensi dalam hal desain kemasan.

Buatlah isi, kemasan, dan kegunaan dari produk Anda sesuai serta tepat sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa jika nanti ada ketidak cocokan pada desain kemasan. Banyak permasalahan muncul akibat tidak singkronnya informasi dalam kemasan dengan isi, contohnya pada kasus bobot produk, terkadang ada beberapa produk tidak ditimbang dengan sempurna sehingga berat isi dengan tulisan di kemasan berbeda. Hal itu biasanya terjadi pada pengusaha pemula yang belum memiliki perlengkapan modern dalam ketepatan berat produk. Intinya buatlah satu keunikan dalam produk untuk memikat hati konsumen.

Siap Perkenalkan Merek Bisnis Anda?

Artikel ini merupakan karya penulis freelance notordinaryblogger, Stepanus Bernadi dan terbit pertama kali di notordinaryblogger.com pada hari Kamis, 24 Desember 2015

Stepanus Bernadi adalah penulis freelance kelahiran D.I Yogyakarta 25 tahun lalu. Studi terakhirnya di Prodi Komunikasi, AKINDO (Akademi Komunikasi Indonesia). Berbagai tulisan sudah cukup banyak ditayangkan di beberapa situs website internet sejak tahun 2013 hingga 2015.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+