Tips Esensial Membuat Video Bisnis Menguntungkan

  • 3
    Shares

Membuat video bisnis bisa jadi menu wajib untuk memajukan usaha Anda di era digital. Saat Anda berhasil mendapatkan perhatian target konsumen melalui sebuah video, Anda akan mampu menghadirkan bisnis ke posisi puncaknya. Saat ini, konten video merupakan hal yang sangat atraktif sebagai bentuk iklan yang tidak sekedar menangkap perhatian, namun juga membangun emosi.

Pemain besar seperti Coca Cola, Mc Donalds dan Nike paham betul akan potensi iklan video ini. Para ahli pemasaran mereka mempelajari perilaku konsumen dan mendapatkan perhatian konsumen melalui trik pintar psikologis.

Berbicara Coca Cola misalnya, semua mungkin menyadari aspek kesehatan produk ini, namun tetap saja orang sulit menahan diri meminumnya. Psikologi pemasaran produk ini sangatlah kuat dan berpengaruh. Brand ini menciptakan budaya yang menyelimuti produk dan konsumen ingin jadi bagian darinya.

Sebagai pemilik usaha, Anda harus bertindak seiring dengan target jangka panjang. Aktivitas promosi dapat menjadi tantangan. Jenis video bisnis yang tepat, dapat membawa sukses yang luar biasa.

Karena banyak pemasar menganggap proses pembuatan video sangatlah rumit, berikut inilah tips esensial membuat video bisnis serial menguntungkan untuk Anda.

Keuntungan Video Bisnis

Interaksi Lebih Besar

Interaksi sangatlah penting untuk semua jenis bisnis. Sebuah studi mengkonfirmasi jika video yang diposting di media social mendapatkan 1200% interaksi lebih besar dari pengguna smartphone ketimbang gambar dan teks. Interaksi itu berasal dari share, like dan komentar.

Penjualan Lebih Banyak

Sebuah studi lainnya menjelaskan bahwa mereka yang melihat video bisnis kemungkinan lebih besar membeli produk atau jasa dibandingkan mereka yang membaca atau mendengar iklan.

Ekspansi Brand Awareness

Video dapat berperan sebagai media kuat untuk branding. Brand awareness bisnis dan reputasi sangatlah penting dalam bisnis yang penuh kompetisi.

Jika Video menjadi Viral, Bisnis Anda Akan Tumbuh

Semua pemilik usaha ingin video bisnis mereka menjadi viral. Tahu kenapa? Karena jika video Anda mengena secara personal, hal itu akan membuat ikatan orang tersebut untuk mengenalkan bisnis Anda ke orang lainnya. Merupakan sebuah kebutuhan untuk kontribusi bersama dengan harapan untuk membawa manfaat kepada teman dan lingkungan. Dengan trik ini, bisnis Anda akan mearih brand awareness lebih luas lagi.

Bagaimana Cara Membuat Video Bisnis Sendiri

Pilih Misi Video

Sama halnya dengan membuat sebuah proposal bisnis. Membuat sebuah video bisnis perlu sebuah perencanaan matang jika ingin menghasilkan sebuah video berkualitas. Luangkan waktu secukupnya untuk menyusun strategi yang baik.

Mulailah dari pertanyaan ini:

  • Apa yang dilakukan ornag lain setelah menontonnya? Kasih like dan share?Membeli?Follow atau subscribe? Putuskan apa yang Anda kejar.
  • Anda menawarkan gratis coba untuk produk premium atau akan selamanya gratis? Penting untuk memutuskan bagaimana penawaran ini akan mewakili bisnis Anda.
  • Anda mau orang membayar untuk melihat videonya? Jika ya, video Anda merupakan produk berbayar.

Pilih Peralatan Video

Anda tidak perlu investasi terlalu banyak uang untuk peralatan video. Sekarang ini gadget pintar bias jadi sudah cukup. Bersama dengan software editing, membuat video bisnis dengan sebuah kamera smartphone sudah cukup.

Jika Anda ingin membuat investasi lebih besar, Anda dapat menggunakan kamera khusus film dan software atau menggunakan jasa orang lain sesuai pesanan Anda.

Pilih Lokasi Yang Bagus Untuk Video

Lokasi yang  Anda pilih sangatlah penting. Semuanya berawal dari imajinasi. Pikirkanlah produk dan target konsumennya, kemudian mulai buat koneksi. Hubungkan semua ide relevan. Sekali Anda melakukannya, pikirkan sebuah tempat yang dapat berkontribusi pada pesan brand Anda dan pilihan konsumen. Kemudian, temukan lokasinya. Mungkin saja Anda harus bepergian, itulah bonus dari pekerjaan Anda.

Lakukan Saja

Tidak akan ada yang mendorong Anda dari belakang. Semakin cepat Anda menghadapi ketakutan membuat video sendiri, semakin cepat Anda mengubah tindakan menjadi keuntungan.

Jangan takut jika pesan Anda tidak baik dan jangan biarkan konsumen menakuti Anda. Jika Anda yakin pesan itu kuat, maka menunjukkannya ke orang lain layak dicoba.

Jika itu bukanlah ide baik untuk Anda, Anda dapat menggunakan jasa pihak lain. Mungkin hal ini perlu karena Anda pikir waktu Anda sebaiknya digunakan untuk hal selain membuat video bisnis.

Strategi Meningkatkan Kualitas Konten

Video bisnis yang dibuat untuk menciptakan hasil selalu dipengaruhi oleh 3 komponen utama. Jika Anda dapat fokus pada komponen ini, konten video Anda akan membuat orang terkesan dan minta lebih dari Anda.

Ajakan

Berikan ajakan, bias melalui lisan, tanda atau saran. Kesemuanya memiliki peran penting dalam proses penjualan. Setelah orang selesai menonton video Anda, mereka akan melewatkannya begitu saja jika Anda tidak mengajak mereka melakukan sesuatu. Mereka tidak merasa ingin melakukan sesuatu jika Anda tidak mengajaknya.

Membuat Sesuatu yang Asli dan Menarik

Iklan yang kuat selalu menampilkan hal baru. Setiap perusahaan besar berinvestasi ribuan bahkan jutaan dolar untuk membuat pesan yang kuat. Seringkali pesan yang disampaikan melalui video itu orisinil, menarik dan lengkap.

Video ini akan menarik perhatian konsumen yang akan langsung terpengaruh secara tidak sadar.

Fokus pada Nilai

Percaya atau tidak, video Anda tidak akan memecahkan apapun jika yang Anda tampilkan produk kualitas rendah. Konsumen ingin nilai. Meskipun iklan Anda sangatlah kuat, konsumen akan pergi secepatnya jika mereka tidak mendapatkan nilai atas uang mereka.

Kualitas video Anda sudah selayaknya ada di puncak. Investasilah sebanyak mungkin Anda bias sampai Anda puas dengan hasil akhirnya.

Giliran Anda Membuat Video Bisnis

Membuat video bisnis sendiri yang sukses merupakan proses kompleks dan tidak pernah dijamin untuk bekerja. Intinya, Anda mencoba untuk mengirim pesan kepada konsumen dalam jumlah masif. Jika pesan itu cukup baik untuk mengesankan konsumen, video Anda akan sukses.


  • 3
    Shares
  • 3
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+