Tips Cerdas Agar Sukses dalam Bisnis Online

Bicara soal bisnis online sesuatu topik yang menarik untuk dibahas. Sukses bukan sesuatu yang mudah diraih butuh semangat juang yang tinggi kerana sukses adalah perpaduan dari beberapa hal. Semoga dengan adanya trik cerdas berikut dapat membantu anda sukses dalam menjalankan bisnis anda :

  1. Menetapkan matlamat yang jelas

Tetapkan matlamat dan tujuan dalam diri anda jika ingin menjalani bisnis online dengan serius agar nantinya anda tidak akan mudah goyah apabila diterpah pelbagai rintangan.

Selain itu, dengan adanya matlamat yang jelas bisa dijadikan sumber pembakar semangat saat bisnis mulai mengalami masalah. Tujuan atau matlamat yang benar ibarat sebuah kereta, tetaplah berada di jalur yang telah ditetapkan maka anda akan tiba ke destinasi tujuan anda dengan selamat pada akhirnya.

  1. Lakukan survey

Menjalankan suatu bisnis bukan hanya tentang cara pemasaran produk tetapi harus juga melakukan survey yang baik dan benar agar hasil yang diperoleh lebih akurat. Dengan menjalankan survey di pasaran, sebagai pebisnis kita dapat mengetahui produk yang dibutuhkan oleh masyarakat disekitar kerana akan sia-sia jika suatu produk yang dipasarkan bukanlah produk yang diinginkan masyarakat. Seorang pebisnis harus bijak merebut peluang yang ada dan harus mampu bersaing serta bisa memenuhi kebutuhan orang disekitar. Jangan terlalu berpikir ke arah keuntungan yang akan diraih sehingga membuat anda lupa melakukan survey.

  1. Langkah demi langkah

Kata step by step sudah tidak asing lagi kedengaran di telinga kita. Seorang pebisnis harus mempunyai sikap sabar kerana dunia bisnis sememangnya tidak ada yang instan. Semuanya butuh ketekunan dan usaha yang keras tanpa mengenal arti putus asa. Lakukan selangkah demi selangkah, jika gagal maka ulangi sehingga berhasil. Ingat bisnis online bukanlah bisnis yang dapat dijalankan dalam waktu sehari, seminggu atau sebulan tetapi bertahun. Semua pebisnis pasti bermula dari nol tinggal bagaimana usaha yang dilakukan untuk mendongkrak bisnisnya untuk lebih maju kehadapan. Bekerja selangkah demi selangkah tidak akan membuat bisnis anda lambat berkembang sebaliknya ini merupakan cara paling selamat dan aman untuk membangunkan bisnis. Biasanya pebisnis pemula yang inginkan hasil yang segera akan berakhir dengan kebangkrutan. Pelajari setiap langkah pebisnis yang telah sukses dan rencanakan langkah anda selanjutnya.

  1. Fokus

Berikan fokus yang sepenuhnya pada bisnis yang anda jalankan agar anda dapat mencurahkan perhatian yang penuh dalam mengembangkan bisnis online anda. Jangan mudah beralih fokus ke hal lain misalnya anda ingin menjalankan bisnis jualan baju ala korea namun fokus anda juga lari ke jualan celana jeans. Dengan begitu akan memperberatkan lagi kerja anda sekaligus membuat anda susah untuk fokus di satu bidang saja. Sebaiknya elakkan hal demikian kerana pekerjaan apapun akan terasa ringan jika hanya terfokus pada satu titik.

  1. Perluaskan jaringan

Dalam bisnis online, perkembangan jaringan adalah sangat penting dan merupakan aset berharga. Membangunkan jaringan bukanlah hal yang mudah memerlukan usaha yang keras selanjutnya apabila jaringan telah dibangunkan tiba saatnya untuk memperluas jaringan. Untuk memperluaskan jaringan, sebagai pebisnis pemula anda harus membangunkan interaksi yang baik terutama dengan teman, rekan kerja maupun pengunjung blog anda sendiri. Agar komunikasi kian terjalin erat, anda harus pintar mempelajari bermacam karakter manusia yang anda hadapi sehari-hari walaupun tidak bertatapan wajah.

  1. Berani mengambil resiko

Resiko sudah menjadi makanan identik untuk pebisnis pemula atau pebisnis yang telah senior. Dalam dunia bisnis, resiko itu tetap ada tergantung sama ada resiko kecil maupun resiko besar. Resiko yang dimaksudkan disini adalah kerugian, kesusahan, tantangan dan sejenisnya. Cobalah belajar untuk mengubah pikiran negatif ke positif, mulai hidup anda dengan mindset bahwa resiko akan membuat anda belajar banyak hal seperti berani melangkah, berani mengambil keputusan, berani mencoba. Anda harus berani memperhitung resiko kerugian terbesar yang mungkin saja bisa terjadi. Jangan pernah bermimpi menjadi pebisnis jika takut mengambil resiko dalam keputusan.

  1. Belajar dari pengalaman

Ada pepatah mengatakan “ pengalaman adalah guru terbaik ”. Sama hal nya juga dalam bidang bisnis, anda tidak akan pernah maju jika tidak pernah gagal dan kegagalan seharusnya dijadikan pelajaran serta pengalaman agar anda menjadi seorang pebisnis yang matang. Namun jika anda pebisnis pemula yang belum mempunyai pengalaman, anda tetap masih bisa belajar dari pengalaman pebisnis yang lebih berpengalaman dari anda. Belajar dari pengalaman masa lalu dapat mengurangi resiko kegagalan kerana anda dapat menghindar dari melakukan kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Siap Sukses Dalam Bisnis Online?

Gagal sekali tidak berarti gagal untuk selamanya, bukan tentang berapa kali anda jatuh tersungkur namun berapa kali anda bangkit untuk berdiri kembali. Sudah siap sukses dalam berbisnis ? Jawaban ada di dalam hati anda masing-masing, buat keputusan untuk diri anda sendiri. (oleh: kontributor)

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+