Tips Aman Menggunakan Media Sosial Online


Jika kita berbicara keamanan internet, sejumlah fokus ditujukan kepada pengguna internet remaja dan penggunaan media sosial. Penting bagi pengguna internet remaja untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial populer. Meskipun demikian, para orang dewasa sekalipun harus ikut waspada dalam menggunakan media sosial di internet khususnya saat bertemu, dan berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya.

Media sosial sudah terbukti menjadi tempat yang sangat baik untuk bertemu dan berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya, khususnya dengan pengguna internet yang memiliki hobi sama atau keterkaitan lainnya. Namun demikian, media sosial online juga terbukti memiliki potensi membahayakan bagi penggunanya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, sudah terdapat beberapa kasus sebagai contoh ketika seseorang mendapat perlakuan tidak menyenangkan setelah bertemu dengan kenalan barunya di media sosial online dengan berbagai alasan. Sekalipun demikian, ini tidak berarti kita menjadi paranoid dalam menggunakan media sosial online, ini merupakan pesan kita harus lebih berhati-hati dan waspada dalam menggunakan media sosial online.

Satu dari banyak cara kita bisa melindungi diri dalam berinteraksi di media sosial online adalah dengan menjadi selektif. Sudah menjadi fitur biasa bahwa pengguna media sosial lainnya dapat melihat apa yang kita tulis di sebuah kolom “status update” atau “tweet”. Untuk melihat update status atau tweet kita, orang lain tidak perlu terkoneksi menjadi teman terlebih dahulu. Ini berarti sekalipun lingkungan teman media sosial kita aman, masih terdapat kemungkinan orang lain tahu hal-hal pribadi kita dengan mudahnya.

Sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan dalam menggunakan media sosial online, kita harus selalu waspada dalam melakukan komunikasi. Khususnya mereka yang menjalin komunikasi dengan kita terlebih dahulu. Apa yang mereka katakan tentang diri mereka di media sosial belum tentu benar adanya. Kecuali kita sudah benar-benar mengetahuinya dengan baik di dunia nyata. Jika dalam suatu percakapan media sosial kita merasakan tidak nyaman atau merasa lawan bicara berbohong, segera akhiri pembicaraan tersebut.

Bagi sebagian orang, berbicara di media sosial online saja tidak cukup. Bagi sebagian lainnya hal demikian bisa saja cukup untuk menentukan masa depan, misalnya pernikahan. Terlepas apakah kita diajak bertemu atau kita mengajak pengguna media sosial untuk bertemu kita harus selalu waspada. Tentu saja kita tidak ingin bertemu seseorang yang baru kita kenal dalam waktu singkat melalui media sosial online. Untuk alasan keamanan, setidaknya kita memerlukan waktu satu bulan perkenalan untuk memutuskan sebuah pertemuan dengan teman di media sosial. Tempat untuk bertemu pun sebaiknya di tempat umum dimana kita dapat mudah dilihat banyak orang. Keamanan diri kita semakin baik jika ada banyak orang yang dapat melihat kita dengan mudah saat bertemu seseorang.

Punya Tips Aman Menggunakan Media Sosial Lainnya?

Tips aman menggunakan media sosial di atas merupakan tips pencegahan yang paling sederhana. Ingatlah bahwa keamanan diri kita yang paling utama dalam menjalin pertemanan di media sosial online.


2 Comments

  1. hyden Oktober 24, 2015
  2. joni Oktober 28, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+