Sukses Menabung USD 1 Juta dalam 10 Tahun! Ini Tipsnya ….


Menabung sampai jutaan dollar? Wah senang pastinya setelah bersabar akhirnya uang terkumpul. Ingin sukses menabung? Saatnya belajar dari pengalaman pasangan ini. Berkat kecerdasan menabung dan kebiasaan investasi, pasangan ini (Justin dan Kaisorn McCurry) membangun aset $ 1 juta dalam 10 tahun yang membuat mereka pensiun dini di usia 30. Saat penghasilan tertinggi mereka atau sejumlah $138,000 digabungkan, mereka menabung sampai 70% dari penghasilannya. Kini pasangan itu sudah dikaruniai 3 anak, meningkatkan tabungan dengan beragam strateginya. Bagaimana bisa sukses menabung USD 1 juta dalam 10 tahun? Berikut ini 6 tips menabung terbaik mereka

Fokus Menekan Tiga Pengeluaran Inti

Ketiga pengeluaran inti ini adalah rumah tinggal, transportasi dan makanan. Fokus untuk menekan pengeluaran itu serendah mungkin. Lihatlah bagaimana pengeluaran atas ketiga pengeluaran inti itu dan lihat apakah ada ruang untuk negosiasi.

Mereka tinggal di rumah sederhana yang dibeli sejak lulus sekolah dan membayar lunas cicilan tahun 2015 yang berarti setiap bulan mereka hanya membayar biaya rutin dan perawatan. Dalam hal transportasi mereka menggunakan mobil yang dibeli baru sejak kuliah selama 16 tahun kemudian baru mengganti yang baru.

Anggaran untuk belanja rutin bulanan adalah $500. Mereka bahkan berbagi strategi bagaimana menggunakan hanya $500 sebulan untuk 5 anggota keluarganya di rootofgood.com

Memilih Teman Yang Berfilosofi Keuangan Sama

Siapa yang kamu nikahi sebagai teman seumur hidup sangatlah berpengaruh. Untuk Justin dan Kaisorn “Kesamaan pandangan akan masalah finansial menjadi daya dorong sukses mereka menghimpun aset”. Mereka sepakat untuk menabung sebagian besar penghasilan. Mengambil liburan pada saat bukan musimnya karena kerumunan lebih sedikit dan biaya lebih irit. Mereka tinggal di lingkungan biasa mengendarai mobil biasa saja.

Mereka mengambil keputusan penting untuk tujuan sama: suatu hari bisa pensiun dini dan tidak stres atau dituntut waktu akibat jam kerja kantoran setiap hari.

Maksimalkan Fasilitas Kerja

Jika Anda tidak mewujudkan semua kemungkinan dari keuntungan menjadi karyawan, Anda menghabiskan uang sia-sia.

Lihatlah keuntungan apa yang diberikan organisasi tempat Anda bekerja. Untuk memastikan bicaralah pada bagian Sumber Daya Manusia (HRD) untuk memahaminya dengan baik.

Tabung Tambahan Penghasilan

Mulailah memikirkan uang sebagai sesuatu untuk diinvestasikan ketimbang sesuatu untuk dihabiskan. Setiap kali Justin atau istrinya mendapatkan tambahan penghasilan, tambahan uang itu langsung menuju rekening bank.

Anda bisa menerapkan strategi ini untuk bonus, hadiah atau ekstra lain dalam bentuk uang. Ketimbang merencanakan liburan atau membeli gadget baru, pertimbangkan untuk mengurangi hutang, simpanan pensiun atau dana darurat.

Untuk melawan godaan menghabiskan uang bonus yang datang, langsung kirim ke rekening bank secepatnya.

Lacak Pengeluaran

Sadarkah Anda seberapa banyak pengeluaran untuk makan di restoran? Untuk taksi atau biaya langganan lainnya? Mungkin saja lebih besar ketimbang yang Anda duga. Anda tidak mungkin meningkatkan tabungan jika Anda tidak tahu seberapa besar pengeluaran Anda.

Mengetahui seberapa banyak pengeluaran membuat Anda memastikan apakah setiap uang yang keluar itu benar-benar bernilai. Selain itu juga Anda punya cara tepat untuk mengetahui cara mengurangi pengeluaran.

Anda bisa menuliskan pembelian dalam sebuah catatan kerta, excel atau catatan lain yang paling mudah.

Habiskan Waktu dengan Anak bukan Habiskan Uang untuk Anak

Sebuah studi pernah mengungkap jika biaya membesarkan satu orang anak setidaknya $ 230,000 belum termasuk biaya kuliah. Faktanya, Anda tidak harus menghabiskan banyak uang untuk anak.

Pasangan ini bahkan tetap menjaga masukan untuk tabungan sekalipun mereka sudah memiliki anak-anak memanfaatkan keuntungan dari perusahaan dan bentuk lainnya. Saat kelahiran anak, mereka tidak terlalu besar berbelanja. Mereka membeli tempat tidur, kursi bayi dan bantal. Itu hanya menghabiskan ratusan dollar bukan puluhan ribu dollar. Menyikapi anak, menghabiskan waktu bersama anak jauh lebih penting ketimbang menghabiskan uang untuk anak.

Siap Sukses Menabung USD 1 Juta Dalam 10 Tahun?

Kisah Justin dan istrinya ini tentu memberikan inspirasi. Suatu hal yang tampak mustahil sebenarnya mungkin saja dilakukan selama ramuannya tepat. Nah, kita tentu bisa belajar dari pengalaman orang lain dan dalam hal menabung, kita bisa belajar dari Justin dan keluarganya. Pensiun dini, hidup tanpa terikat waktu? Terdengar santai dan nyaman.


One Response

  1. Sudarmawan Juni 17, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+