Strategi Segmentasi Pasar Pengusaha Wajib Tahu

  • 1
    Share

Strategi segmentasi pasar penting untuk dipahami agar usaha Anda berada pada jalur pertumbuhan positif. Segmentasi pasar merupakan proses membagi pasar kedalam beberapa segmen konsumen. Mentarget atau target pemasaran kemudian hadir untuk memutuskan segmen konsumen mana yang paling potensial untuk difokuskan oleh entitas usaha. Segmentasi pasar selalu hadir sebelum target pemasaran. Aktivitas ini akan membantu perusahaan lebih selektif tentang target pemasaran produknya. Baik target pemasaran ataupun segmentasi pasar sama pentingnya untuk menjamin kesuksesan sebuah usaha. Apa saja strateginya?

Signifikansi

Strategi segmentasi pasar dan target pemasaran merupakan dua hal utama untuk menemukan konsumen yang paling cocok untuk bisnis Anda (produk dan jasa). Tidak mungkin Anda akan mengejar semua konsumen yang ada karena konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda sebagai dasar keputusan membeli mereka. Beberapa konsumen ingin menjadi tren setter dengan tampil menggunakan desain fashion terkini. Mereka akan selalu membeli fashion dengan style yang diikutinya dan harga tidak disoalkan. Konsumen jenis lainnya adalah “penawar”. Konsumen jenis ini akan berusaha mendapatkan harga terendah. Jelas saja perusahaan akan kesulitan untuk menjadikan kedua jenis konsumen ini sebagai target pemasaran untuk satu produk yang sama. Misalkan, perusahaan dengan produk premium tidak akan menarik minat konsumen “penawar”.

Identifikasi

Proses segmentasi pasar dan target pemasaran penting untuk mengenali dan mentarget kelompok demografi tertentu. Demografi konsumen dapat mencakup usia, jenis kelamin, pendapatan, ukuran rumah tangga, wilayah geografis bahkan sampai etnis tertentu. Satu atau lebih segmentasi demografi kemungkinan akan membeli produk atau jasa sebuah perusahaan. Sedangkan segmen demografi lainnya mungkin lebih cocok untuk produk dan jasa kompetitif. Berdasarkan strategi segmentasi pasar ini maka secara hipotesis, sebuah stasiun radio baru mungkin mengidentifikasi bahwa musik mereka menarik perhatian pendengar wanita berusia 34 sampai 50 tahun dengan penghasilan 15 juta per bulan. Stasiun radion tersebut kemudian akan mentarget pendengar dengan strategi pemasaran mereka.

Jenis

Segmentasi pasar dan target pemasaran dapat digunakan untuk konsumen perorangan dan konsumen perusahaan. Selain demografi, penerapan strategi segmentasi pasar lainnya adalah dengan karakteristik perilaku seperti ketertarikan dan tingkat penggunaan. Konsumen perusahaan pada umumnya digolongkan berdasarkan ukuran perusahaannya. Misalkan distributor makanan skala kecil mungkin akan mentarget restorant skala kecil menengah, rumah sakit dan rumah penitipan anak.

Fungsi

Penyusunan strategi segmentasi pasar bisa menjadi proses yang panjang. Sangat penting untuk perusahaan untuk mengetahui secara pasti segmen konsumen mana yang merupakan potensi untuk penjualan bisnisnya. Setelah perusahaan mengidentifikasi semua kemungkinan segmen pasar, perusahaan dapat mulai target pemasaran kepada segmen yang dipilih dengan beberapa upaya marketing mulai dari email, surat, majalah, radio, televisi sampai online marketing. Mentarget konsumen spesifik akan membuat iklan yang diberikan tepat sasaran. Misalkan sebuah iklan untuk parfum mahal akan cocok untuk satu atau dua majalah premium yang dijual di toko-toko.

Pertimbangan Dalam Strategi Segmentasi Pasar

Perusahaan dapat menerapkan strategi segmentasi pasar dan target pemasaran dengan riset pasar lebih dahulu. Perusahaan akan membutuhkan pertanyaan akan jenis demografi sehingga dapat menentuan kelompok demografi mana yang menjadi basis konsumen perusahaan itu. Perusahaan yang menggunakan segmentasi pemasaran dan mentarget secara baik secara umum akan menciptakan penjualan dan keuntungan.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

One Response

  1. Renanda Februari 15, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+