Strategi Memajukan Bisnis Elektronik Hadapi Gejolak Ekonomi


Postingan sebelumnya sudah menjelaskan akan ramalan ekonomi Indonesia tahun ini yang menunjukkan kondisi belum sepenuhnya pulih. Diungkap juga dalam postingan itu bahwa sektor usaha membutuhkan strategi khusus untuk bisa menghadapi kondisi ekonomi tersebut. Nah, khususnya untuk Anda yang bergerak di bidang bisnis eletronik tentu akan tertarik dengan strategi memajukan bisnis elektronik hadapi gejolak ekonomi ini.

Salah satu pelaku bisnis elektronik ini adalah PT Denpoo Mandiri Indonesia yang menunjukkan aktivitas semakin agresif di tengah kondisi gejolak ekonomi tahun 2017. PT Denpoo akan memperluas jaringan kantor cabang sampai ke angka 20 yang sebelumnya ada 10 kantor cabang di tahun 2016.

Sang CEO baru adalah Yeane Lim atau putri dari pendiri Denpoo Lim Tjen Hong yang telah memimpin perusahaan dan banyak membawa perubahan signifikan di dalam perusahaan itu. Dibawah Yeane, produk elektronik Denpoo semakin bersinar dan mampu bersaing dengan produk elektronik serupa kelas internasional dari China, Korea Selatan dan Jepang. Pertumbuhan kinerja perusahaan Denpoo tahun 2016 mencapai 20% sebuah angka yang impresif untuk perusahaan lokal di bidang elektronik.

Bagaimana strategi memajukan bisnis elektronik cara PT Denpoo ini? Sehingga bisa tumbuh berkembang tidak hanya ditengah gejolak ekonomi tapi juga dipasar yang penuh persaingan.

Pada jaman modern seperti sekarang ini sudah barang tentu persaingan akan selalu muncul, tidak terkecuali di bisnis elektronik. Oleh karena itu, pengembangan produk ke wilayah yang belum terjangkau penting sekali agar merek Denpoo semakin kuat.

Membuat produk yang memenuhi standar SNI, berkualitas dan standar lainnya yang ditetapkan pemerintah sangatlah krusial. Tujuan standardisasi hanyalah satu, untuk menjamin kepuasan dan keamanan konsumen. Menyikapi hal ini produk AC Denpoo sudah memiliki bintang 4 yang berarti produk itu semakin hemat energi.

Terobosan Memajukan Bisnis Elektronik

Berbagai terobosan dapat dilakukan baik dari tingkat atas sampai bawah melalui penerapan mikro dan makro manajemen. Yeane juga tidak canggung langsung turun ke lapangan dan berdialog dengan promotor penjualan produk Denpoo. Mekanisme komunikasi semakin mudah melalui whatsapp dimana komunikasi dapat dilakukan secara cepat dan efisien tanpa terikat ruang dan waktu.

Yeane yakin belum banyak CEO yang mau memperhatikan hal sepele seperti ini dengan alasan kesibukan. Menurut Yeane, divisi pemasaran adalah ujung tombak yang tidak kalah pentingnya. Merekalah sebab keberhasilan Denpoo sampai sekarang yang memiliki andil besar dalam strategi memajukan binsis elektronik.

Strategi Menarik Minat Konsumen?

Produk Denpoo, DW 9893 Platinum berupa mesin cuci dua tabung lengkap dengan diamond drum baja dihadirkan dnegan lima warna pink, hijau, emas, kuning dan merah. Penutup bagian atas memakai bahan tempered glass yang kuat. Semua kombinasi itu membuat penampilan mesin cuci elegan dan mewah.

Selain itu ada DW 828 SG, yang menempatkan papan penggilasan di atasnya sehingga membuat keunikan tersendiri. Sejauh ini hanya Denpoo yang memproduksi mesin cuci seperti ini.

Selanjutnya ada AC Denpoo yang ramah lingkungan sesuai pengakuan Sucofindo dengan predikat bintang 4 untuk kehematan energinya.

Promosi Apa yang Dilakukan?

Promosi tradisional seperti iklan Koran masih dilakukan. Aktif di media sosial melalui pembuatan komunitas facebook dan kini sedang proses di instagram. Promosi juga dilakukan dengan berbagai kegiatan yang dikaitkan dengan brand Denpoo untuk mendapat dukungan pemerintah. Promosi sangatlah penting karena tanpa promosi strategi memajukan bisnis elektronik sulit untuk dilihat hasilnya.

Proses Distribusinya Bagaimana?

Di tahun 2016 Denpoo menambah dua cabang baru di Banjarmasin dan Pekanbaru dan tahun 2017 akan ada 8 cabang tambahan. Tujuan penambahan cabang baru itu adalah untuk meningkatkan pelayanan konsumen. Target pada tahun 2017 cabang Denpoo menjadi 20 kantor cabang.

Performa Denpoo

Masa sulit adalah tahun 2014 dan tahun 2015 dimana banyak industri elektronik bangkrut. Denpoo masih bertahan melalui pertumbuhan 1 digit untuk pada periode itu dan tahun 2016 tumbuh 2 digit.

Target Masa Mendatang

Di masa mendatang target Denpoo cukup sederhana yaitu melebihi pencapaian sekarang. Denpoo juga berharap upaya keras pemerintah untuk memberantas importir ilegal serta rutin melakukan permeriksaan mendadak ke pasar-pasar untuk menindak barang elektronik yang melanggar ketentuan.

Tren Pasar Elektronik, Pesaingan dan Ukuran Pasarnya Seperti Apa?

Bisnis elektronik merupakan sektor bisnis yang ketat persaingannya. Ukuran pasar ini masih belum dapat ditentukan karena tidak tersedianya data akurat. Meskipun demikian trennya masih positif mengingat Indonesia merupakan pasar ketiga terbesar secara global sehingga strategi memajukan bisnis elektronik perlu disusun dengan baik. Ke depannya, industri elektronik akan berkembang dengan syarat pemerintah menjalankan permendag 70 tahun 2014 yang mensyaratkan brand lokal di gerai modern wajib mencapai 80%.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+