Solusi Fatal Error WordPress Akibat Add Plugin Gratisan

Fatal Error wordpress akibat add plugin gratisan dapat terjadi pada siapapun yang penuh dengan rasa penasaran mencoba sebuah plugin baru. Sesuai namanya, gratisan, tentu saja tidak dapat disalahkan jika Anda tergoda. Namun apa jadinya jika setelah Anda menambahkan plugin baru di wordpress premium kesayangan Anda tiba-tiba muncul layar putih menyatakan ada sebuah fatal error di wordpress Anda.

Jika Anda bukan orang yang mahir dalam hal teknis (seperti halnya penulis) hal ini tentu saja membuat pusing bukan kepalang. Apa jadinya jika akses Anda ke wordpress hilang gara-gara sebuah plugin baru yang membuat error.

Nah, inilah inti dari postingan kali ini. Sebuah pengalaman yang menarik untuk seorang blogger yang penulis yakini akan bermanfaat untuk pembaca lain karena bukan tidak mungkin hal ini dialami blogger lain.

Fatal Error WordPress Akibat Plugin Gratisan

Sebuah fatal error bisa terjadi karena pada umumnya sebuah plugin gratisan dibuat dalam tahap percobaan sebelum meluncurkan versi premiumnya. Sang developer akan memantau jika respon pengguna atas plugin gratisan sangat baik maka versi premium akan diluncurkan.

Nah, versi gratisan yang sudah lama ini akibatnya menjadi terbengkalai oleh developer, tidak terurus. Sepertinya wajar bukan? Jika plugin premium mendatangkan pemasukan untuk developer untuk apa memikirkan plugin gratisan. Aktivitas membuat plugin bukanlah hal murah dan gampang. Ada investasi waktu, pikiran, tenaga dan biaya dari pembuatnya.

Itu sebabnya penulis memahami kondisi itu, dan tidak terlalu menyalahkan developer atas fatal error yang penulis alami. Dalam ilustrasi menjelaskan solusi fatal error wordpress akibat plugin gratisan ini pun nama plugin akan di sensor (untuk menghormati developer). Sudah siap?

Langkah Pertama Solusi Fatal Error WordPress Akibat Plugin Gratisan

Jika Anda mengalami fatal error wordpress ini jangan panik. Khususnya jika Anda menemukan postingan ini. Langsung menuju control panel wordpress Anda. Ketikan http://www.namadomain.com/cpanel/

Misalkan penulis yang menggunakan hosting dari Amerika Serikat Hostgator maka cpanel akan terlihat seperti ini:

Masukan username dan password cpanel Anda.

Langkah Kedua Solusi Fatal Error WordPress Akibat Plugin Gratisan

Di bagian dashboard Cpanel akan terlihat seperti ini:

Carilah “File Manager”. Klik bagian tersebut

Lihat kembali struktur URL notifikasi fatal erro-nya.

Strukturnya seperti ini :home1/oktorian/public_html/wpcontent/plugins/namapluginbermasalah/admin/cl-subscription …….

Jadi melalui menu File Manager pilihlah pulbic_html kemudian plugins kemudian namapluginnya

 

 

 

 

Klik bagian plugin yang bermasalah, kemudian klik delete

Anda bisa memeriksa dibagian “View Trash” untuk memastikan file plugin bermasalah sudah dihapus.

Anda Sudah Mendapatkan Solusi Fatal Error WordPress Akibat Add Plugin Gratisan

Nah sekarang Anda sudah mendapatkan solusinya. Silahkan login kembali ke wordpress Anda seperti biasa. Fatal error ini sudah terpecahkan bukan? Anda tidak menggunakan hostgator? Pada prinsipnya semua penyedia hosting akan memiliki struktur sama. Anda perlu menemukan “file manager” dan ketahuilah penyebab errornya.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hosting Murah Hanya Rp 29ribuan/bulan Gratis Domain Selamanya! Buruan cuma sampai 5 Mei 2017Beli Hosting Sekarang