Sekilas Tentang Redenominasi Rupiah


Bank Indonesia sedang mendorong percepatan payung hukum untuk redenominasi rupiah. Payung hukum yang masih berbentuk Rancangan Undang-Undang itu diupayakan masuk dalam program legislasi nasional pada tahun 2018. Rancangan peraturan itu akan dibahas untuk mengawali terwujudnya redenominasi uang Rp 1000 menjadi Rp 1.

Jika redenominasi ini terjadi maka aktivitas transaksi di tanah air akan semakin akuntabel dan efisien. Selain itu juga akan meningkatkan reputasi Indonesia di dunia karena penerapan kebijakan seperti ini membutuhkan syarat mutlak stabilitas kondisi ekonomi.

Kesiapan Rancangan Undang-Undang Redenominasi rupiah sudah disiapkan mulai dari kajian akademisnya untuk dibawa ke Lembaga legislatif. Ditegaskan oleh bank Indonesia jika penerapan redenominasi mata uang rupiah akan mempertimbangkan waktu penyesuaian. Penerapannya akan melihat persiapan, periode transisi, sampai kondisi redenominasi utuh atas mata uang yang baru. Bank Indonesia memperkirakan jika waktu yang diperlukan untuk mencapai kondisi redenominasi seutuhnya adalah satu decade setelah terbitnya Undang-Undang Redenominasi Mata Uang.

Baca: Apa Perbedaan Reksadana dan Saham

Redenominasi Rupiah Sudah Jadi Wacana Tahun 2013

Sebenarnya rencana redenominasi mata uang rupiah ini sudah pernah menjadi pembahasan untuk diterapkan pada tahun 2013 silam. Pada waktu itu, tiga angka terakhir dalam pecahan mata uang akan dihilangkan jadi Rp 1000 menjadi Rp 1. Negara lain yang pernah melakukan hal ini sebelumnya adalah Turki pada tahun 2005 dimana denominasi 1000000 lira disesuaikan menjadi 1 lira.

Tahun 2017 sebenarnya pembahasan redenominasi kembali hangat namun gagal karena Rancangan Undang-Undang nya tidak masuk dalam program legislasi nasional tahun ini.

Apakah Redenominasi Rupiah Bermanfaat?

Sektor perbankan menilai jika redenominasi ini dilakukan akan membawa penyederhanaan dalam pencatatan pembukuan sektor perbankan. Dengan angka yang ada saat ini, pembukuan dan pencatatan keuangan sangatlah panjang.



Baca: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ketua Umum Perhimpunan Bank-Bank Nasional menyatakan jika Indonesia saat ini membutuhkan penyederhanaan mata uang karena nilainya terlalu kecil. Meskipun demikian, redenominasi mata uang jangan diterapkan secara tergesa-gesa karena membutuhkan masa transisi yang tidak sebentar dan berdampak langsung pada seluruh transaksi dalam negeri.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+