Review Xiaomi Mi5 Kamu Wajib Tahu

Review xiaomi Mi5 ini tentu saja penting untuk Anda yang ingin membeli smartphone yang satu ini.

Bagaimana jika Anda bisa membeli sebuah smartphone yang gaya dan sekuat Samsung Galaxy S7 namun harga yang jauh lebih murah? Mungkin terdengar seperti iklan lebay.

Faktanya Xiaomi Mi5 memenuhi kategori smartphone android yang satu ini. Memiliki performa tinggi, desain menawan dan tidak semahal smartphone lainnya.

Harga dan ketersediaan merupakan satu hal yang perlu diperhatikan. Xiaomi Mi5 ini mungkin tidak tersedia secara online di sembarang toko, itu sebabnya sebelum Anda memutuskan pembelian pahami dulu produknya dengan lebih mendalam melalui postingan review xiaomi Mi5 ini.

Pertanyaan utama untuk konsumen ditengah brand besar lain seperti Samsung dan iPhone adalah apakah layak menghabiskan uang untuk beli Xiaomi?

Jawaban dari banyak pengamat gadget adalah iya. Sebelum Anda setuju, lebih baik simak dulu ulasannya kenapa bisa pengamat gadget merekomendasikan smartphone ini.

Review Xiaomi Mi5 : Tampilan dan Desain

Xiaomi Mi5 diberikan dengan desain kaca di bagian belakang membuatnya tampak sangat premium. Kerangka metal membuatnya nyaman di genggam dan layar 5,15 inci membuatnya tampak jelas dengan ragam warna.

Ada dua varian Mi5 ada Xiaomi versi 3D glass Back (bagian belakang kaca tangguh) dilengkapi memori 32GB atau 64GB ditambah RAM 3G. Ada versi Pro dengan bagian belakang keramik dilengkapi memori 128GB dan RAM 4GB

Anda mungkin terekcoh dengan citra produk China yang negative. Dalam hal Xiaomi ini sebaiknya Anda tidak menyamaratakan semuanya. Xiaomi Mi5 tampak solid di setiap lininya dan tidak aka nada yang percaya jika smartphone ini tidaklah canggih.

Tampilan kerangka metal membuatnya seolah smartphone ini buatan Samsung sedangkan layar 5,15 inci mendekatkan Xiaomi pada smartphone premium lain yang Anda tahu.

Berat: 129g
Dimensi: 144.6 x 69.2 x 7.3mm
Operating System: Android 6
Ukuran layar: 5.15-inch
Resolusi layar: 1080 x 1920
CPU: Snapdragon 820
RAM: 3/4GB
Storage: 32GB/64GB/128GB
Baterai: 3000mAh
Kamera belakang: 16MP
Kamera depan: 4MP

Tampilan Xiaomi tidak kalah mengesankan saat dinyalakan. Dengan resolusi 1080×1920 pixels (sedikti rendah dibandingkan Samsung Galaxy 7 dan LG G5 yang hanya memiliki resolusi 1440×2560).

Meskipun angka resolusinya lebih rendah Mi5 menampilkan kecerahan atau warna dengan penuh detilnya. Jenis layar yang digunakan adalah IPS ketimbang OLED. Xiaomi juga menawarkan warna jernih yang akan Anda dapatkan di Galaxy S7.

Xiaomi memilih koneksi USB C untuk Mi5. Jika Anda bingung apa ini maka mudahnya adalah charger lama Anda tidak akan berfungsi lagi. Ini sebabnya Anda akan membutuhkan kabel ekstra untuk keperluan koneksi gadget atau charging baterai.

Satu fitur yang tidak terduga adalah scan sidik jari di bagian depan Mi5 yang tersembunyi dibawah tombol ‘home’. Banyak akan menyangka fitur ini tidak ada gunanya karena scan berjalan tanpa terasa. Namun saat Anda mengatur untuk login dengan scan sidik jari satu tangan, kemudian coba login scan dengan tangan lainnya, Anda tidak akan bisa login. Ini berarti, scan ini sungguh berfungsi.

Koneksi headphone ada di bagian atas smartphone dan dekat dengan IR blaster yang akan jarang digunakan. Anda mungkin tidak akan menggunakannya karena berfungsi untuk remote kontrol televisi (tentu Anda sudah memiliki remote untuk setiap televise bukan?) Sepertinya fungsi IR Blaster baru sebatas itu saja.

Xiaomi Mi5 berjalan menggunakan sistem Qualcommm Snapdragon 820 processor. OS ini sangatlah cepat dan membuat Xiaomi sebagai salah satu smartphone tercepat.

Perlu diketahui juga jika Xiaomi hadir dengan dual SIM. Fitur ini sangat populer di Asia. Fitur ini akan bermanfaat sekali jika Anda sering bepergian ke luar negeri. Anda bisa bebas terhindar dari biaya roaming tanpa harus menonaktifkan nomor lokal.

Perangkat lunak yang digunakan adalah Marshmallow namun di pasaran Anda juga bisa mengakses MIUI 8 dari Xiaomi yang menawarkan fitur Android 7

Satu fitur unik lainnya adalah Anda bisa merubah nama network SIM jika tidak suka dengan nama pemberian. Kebanyakan smartphone tidak memungkinkan hal ini.

Anda juga bisa menyesuaikan tampilan, Anda bisa install versi beta MIUI dan bahkan instalasi ROM lebih mudah ketimbang smartphone lainnya.

Anda juga dimungkinkan untuk mengganti UI untuk menyamai standar android. Misalkan, secara bawaan notifikasi tidak diperlihatkan pada bagian atas sebagaimana Android. Mengganti hal ini sangatlah mudah. Anda akan melihat notifikasi lain seperti email, pesan sebagaimana smartphone umumnya.

Review Xiaomi Mi5 : Performa

Berbicara performa Xiaomi tidak unggul mutlak, penyebab utama diyakini karena masalah RAM. Menggunakan GeekBench 3 (media pembanding smartphone) Xiaomi Mi5 mendapatkan nilai single 1470 dan multi 3093.

Sebagai perbandingan uji coba sama dilakukan dengan LG G5 yang punya spesifikasi prosesor sama namun RAM 4GB. LG mendapatkan nilai single 2296 dan multi 5277.

Pada prinsipnya Xiaomi akan tampil mengesankan untuk penggunaan wajar sebuah smartphone. Aplikasi berjalan dengan cepat. Game dapat dimainkan dengan nyaman. Game dengan grafis 3D akan tampil maksimal dengan Xiaomi karena didukung Snapdragon  820 dan Adreno 530 GPU.

Uji grafis ini bisa dilihat dengan memainkan Real Racing 3 karena game ini memiliki fitur grafis terkini. Grafis akan tampil sebaik di layar televisi HD.

Menyoal kualitas audio ada kekhawatiran untuk lini android. Apple pun terkadang mengalami masalah ini. Meskipun demikian sekarang ini smartphone mulai dari LG, Samsung, dan Apple memiliki kualitas audio menawan dan Xiaomi tidak kalah menawan.

Kualitas audio didukung dengan EQ profile yang sudah menjadi bawaan. Pesaing utama Xiaomi ini dalam hal suara adalah LG G5 atau HTC 10 namun tentu perbedaannya sangat tipis dan orang kebanyakan tidak akan menyadarinya.

Fitur Baterai

Kekhawatiran akan baterai muncul karena Xiaomi memiliki fitur dual SIM. Secara umum sebuah baterai 3000mAH lebih dari cukup untuk menunjang aktivitas Xiaomi Mi5 sehari penuh.

Patut diperhatikan adalah fitur hemat energy (meskipun tersembunyi di menu baterai). Untuk menguji usia baterai Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar dan seberapa cepat smartphone dalam kondisi sleep. Anda bisa matikan sync, GPS dan Bluetooth. Xiaomi juga memberikan fitur membersihkan memori saat kondisi locked.

Anda bisa juga mengatur Xiaomi untu mati otomatis sesuai waktu pilihan Anda dan menyala lagi pada waktu yang diinginkan.

Xiaomi juga memungkinkan Anda mengatur penggunaan energy individual masing-masing aplikasi. Smartphone ini akan mengatur hal ini secara otomatis, menggunakan perhitungannya sendiri untuk menentukan aplikasi mana yang menggunakan energi paling boros.

Kembali menggunakan Geekbench untuk performa baterai Xiaomi Mi5 berhasil bertahan 6 jam 30 menit yang memberinya skor 3905. Hasil itu menempatkan Xiaomi sejajar dengan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

Nyatanya, performa baterai di dunia nyata (bukan uji coba pakai software) lebih lama ketimbang S6 Edge.

Dengan memainkan video HD selama 90 menit dengan tingkat kecerahan layar maksimum, koneksi wifi menyala ditambah syncing standar ketahanan baterai sampai video selesai sebanyak 9 % baterai terpakai. Hal ini mengalahkan Samsung Galaxy S7.

Performa Kamera

Untuk Anda penggemar selfie, kamera depan Xiaomi sangatlah bagus, gambar detil dan sudutnya sangat luas untuk memasukan semua teman Anda.

Fitur beauty face akan mengatakan berapa usia dan kelamin Anda saat selfie. Performa kamera sebenarnya ada di bagian belakang. Dilengkapi 16 MP dengan kemampuan sensor sanggup membuat banyak foto berkualitas.

Perhatian utama para pengamat adalah HDR (high dynamic range). Perlu dicatat jika HDR membutuhkan subjek statis agar berfungsi maksimal. Setiap gerakan akan menghasilkan ghosting. Ini sebabnya mode HDR patut dihindari jika ingin mengambil gambar hewa peliharaan atau anak-anak.

Hasil Positif Review Xiaomi Mi5

Performa kamera mengejutkan banyak penyuka smartphone android sehingga kualitas foto sama dengan pesaingnya. Meskipun gambar tidak setajam iPhone 6S atau Samsung Galaxy S7, namun sangat mendekati.

Desain smartphone ini juga keunggulan lainnya. Ringan ditambah tampilan premium membuatnya tampak mahal. Dibandingkan smarpthone premium, harga jelas menjadi keunggulan utama Xiaomi Mi5. Didukung perangkat keras premium namun harga murah membuat banyak produsen smartphone premium menyimak pergerakan Xiaomi di masa mendatang.

Hasil Negatif Review Xiaomi Mi5

Keputusan menggunakan USB C sepertinya banyak menuai kritik. Namun jika diperhatikan langkah ini dilakukan semua produsen smartphone, mungkin menjadi tren gadget saat ini.

Tampilan pengguna juga sedikit di luar kebiasaan Android UI. Berbeda dengan Samsung TouchWiz, menyesuaikan tampilan bisa jadi agak menyulitkan Anda. Samsung lebih maju dalam hal ini dengan menyediakan fitur “search menu”. Xiaomi belum menyediakan hal ini.

Hasil Final Review Xiaomi Mi5

Satu hal yang sangat jelas adalah “mengesankan”. Tidak sedikit orang berkata demikian menyoal Xiaomi. Dengan semua kelebihan yang ada ditambah harga lebih rendah. Hal itu jelas membuat kebanyakan orang heran.

Kelemahan utama adalah software namun seolah dipatahkan karena ada smartphone dengan software lebih parah dibanderol dengan harga lebih tinggi. Software jelas bukan kendala untuk Anda menikmati smartphone untuk beragam hal.

Xiaomi Mi5 sama mengesankannya dengan Samsung Galaxy S7, iPhone 6S dan smartphone canggih keluaran lainnya. Itulah review Xiaomi Mi5 yang bisa diberikan saat ini. Ingin smartphone canggih, bandel harga murah, mungkin ini jawaban untuk Anda.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+