PT Inka Akan Buat Pabrik Kereta Rp 600 Milyar di Banyuwangi


Rencana PT Inka akan buat pabrik kereta Rp 600 milyar di Banyuwangi merupakan sebuah kabar positif untuk perekonomian nasional. Menurut rencana, pabrik akan mulai berjalan tahun 2019 nanti. Hal itu diterangkan oleh Direktur Keuangan dan SDM dari PT Inka saat melakukan kunjungan ke Bayuwangi.

Pembangunan sektor industri ini rencananya dimulai pada Maret 2018. Pabrik ini akan beroperasi sebagai produsen kereta api berbahan stainless steel dan aluminium. Jumlah tenaga kerja akan terserap sebanyak 1000 tenaga kerja.

Rencana PT Inka membuka peluang Bayuwangi menjadi lokasi utama industri perusahaan itu. Setidaknya ada dua lokasi produksi besar nantinya dari PT Inka yaitu di Bayuwangi dan Madiun.

Sekarang ini PT Inka sudah menerima pesanan kereta api dalam jumlah besar. Pesanan itu berkenaan dengan berjalannya proyek KRL bandara Soekarno Hatta – Sudirman, kemudian LRT di beberapa daerah Pulau Jawa, LRT persiapan SEA Games dan peremajaan gerbong milik PT KAI.

Baca: Kisah Sukses Mantan TKI Jadi Pengusaha Lobster

Pabrik Kereta Rp 600 Milyar di Banyuwangi Perkuat Ekspor

PT Inka juga menggarap pesanan kereta api dari luar negeri yaitu Bangladesh. Selain itu, PT Inka juga memberanikan diri untuk mengikuti proses tender proyek pengadaan kereta di beberapa negara seperti Srilanka, Nigeria dan Zambia.

Satu Satunya Produsen Kereta Nasional




PT Inka merupakan produsen tunggal kereta api nasional selama ini. Lokasi pabrik produksi kereta api di Madiun selama ini sudah overload, itu sebabnya perlu lokasi baru untuk memenuhi permintaan. Banyuwangi dipilih sebagai lokasi pabrik kereta Rp 600 milyar ini. PT Inka berharap dukungan penuh pemerintah daerah akan rencana investasi ini.

Pabrik PT Inka akan berada di atas lahan milih BUMN di wilayah Kecamatan Kalipuro yang berdekatan dengan pelabuhan dan jaringan rel kereta api. Lokasinya strategis untuk tempat produksi kereta api. Ditambah lagi sesuai dengan rencana pembangunan kota Bayuwangi jika lokasi pabrik PT Inka akan dilewati juga oleh jalan tol di masa mendatang.

Baca: Strategi BFI Finance Target Konsumen Milenial

Punya Pendapat atas Pabrik Kereta Rp 600 Milyar di Banyuwangi?

Pembangunan pabrik kereta ini jelas bermanfaat untuk penyediaan lapangan kerja. Selain itu akan menambah kapasitas perusahaan nasional dalam menembus pangsa pasar global. (ilustrasi: re-digest.web.id dan tempo.co)


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+