Produk Buatan Amerika Bakal Mendominasi? Ini alasannya …


Produk buatan amerika alias made in America diprediksi akan mendominasi dalam waktu dekat. Ini dikarenakan China bukanlah lagi menjadi sumber tempat poduksi barang yang murah seperti sedia kala. Meningkat tajamnya biaya produksi di China membuat pelaku usaha mencari lokasi baru yang lebih menguntungkan. Baca: Alasan perusahaan melakukan bisnis internasional.

Amerika Serikat bisa jadi bukan pilihan paling baik untuk sektor industri. Sekalipun demikian, tidak sedikit produsen barang global mulai melirik Amerika Serikat dan kebanyakan dari China. Hal ini tidak lain karena kebijakan Presiden Donald Trump untuk memotong pajak korporasi. Rupanya hal itu menjadi daya tarik bagi produsen asal China.

Apa yang menjadi daya tariknya?

Biaya Cenderung Lebih Murah

Alasan utama produk buatan amerika bakal mendominasi rupanya biaya murah. Tenaga kerja Amerika Serikat mendapat lebih banyak uang ketimbang tenaga kerja di China. Sekalipun begitu, Amerika Serikat tetap ada di posisi puncak jika menjumlah biaya keseluruhan.

Keer group misalnya, sebuah produsen tekstil berkantor pusat di Hangzhou, menuturkan jika tenaga kerja Amerika Serikat digaji dua kali lipat dibandingkan tenaga kerja China. Sekalipun demikian, biaya produksi di negara Amerika lebih murah dibandingkan biaya produksi di China. Harga kapas dan tariff listrik lebih murah di Amerika Serikat. Dengan kalkulasi itu, biaya produksi Keer group per ton bisa hemat 25% jika dilakukan di Amerika Serikat.

Tingkat gaji di China juga sudah melejit 30% setiap tahun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Atas dasar kalkulasi itu, Keer group mengucurkan dana investasi US$ 220 juta untuk pembangunan pabrik di wilayah Souh Carolina dan direncanakan merelokasi semua bisnisnya ke Amerika Serikat.

Selain biaya produksi, rendahnya pajak korporasi paling rendah 15% sebagaimana diusulkan Presiden Trump juga akan memberi keringanan signifikan untuk produsen.

Stabilitas Iklim Usaha

Sebagai perbandingan dengan negara lain, apalagi untuk negara kategori emerging, China merupakan tolok ukur akan stabilitas produksi beberapa dekade terakhir ini. Sekalipun begitu, nilai jual Amerika Serikat dikalangan investor global adalah jaminan keamanan makanan, udara bersih, akses luas untuk pendanaan, tidak ada intervensi pemerintah.

Para politisi di negara bagian Amerika sangat berperan penting untu menentukan perusahaan asing memberikan pekerjaan. Namun ketika perusahaan sudah berinvestasi, pejabat Amerika Serikat menghentikan intervensinya. Terlepas dari negara asal investor, perlakuan sama akan diberikan untuk setiap perusahaan yang berinvestasi.

Memotong Jarak dengan Konsumen Amerika Serikat

Konsumen di China tidak bisa diabaikan, mereka adalah pembeli masa depan namun orang Amerika Serikat merupakan konsumen hari ini. Salah satu contoh adalah GAC Motor yang berkantor pusat di Guangzhou yang juga mentarget pasar Amerika Serikat. Mereka bekerjasama dengan manufaktur otomotif negara bagian atau mendirikan pabrik di Amerika sebagai targetnya.

Kesuksesan di pasar Amerika Serikat menjadi tolok ukur kesuksesan usaha di dunia saat ini sebagaimana disampaikan Presiden GAC melalui CNBC. Dengan hadir di Amerika Serikat, respon cepat kepada pelanggan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Siap Terima Produk Buatan Amerika Serikat?

Terlepas dari permasalahan ekonomi yang mendera saat ini, pasar Amerika Serikat masih menjadi target penting para pelaku usaha global. Jika sudah demikian, tidak heran jika dalam waktu dekat kita akan semakin familiar dengan beragam produk buatan amerika serikat alias made in USA.


3 Comments

  1. ibrahim Agustus 8, 2017
    • I Wayan Widyana Agustus 8, 2017
    • Okto Agustus 8, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+