Pertumbuhan Ecommerce Indonesia Terbesar di Dunia

Jumlah transaksi online di Indonesia terus tumbuh didukung banyak pihak mulai dari para pelaku bisnis sampai kalangan pemerintah. Sinergi ini mendukung terbentuknya lingkungan ekonomi digital di negeri ini. Efek positifnya adalah munculnya juga dukungan dari kalangan masyarakat yang menjadi konsumen. Jika sudah demikian, tentu tidak berlebihan jika pertumbuhan ecommerce Indonesia terbesar di dunia.

Dailysocial.id mengamati pertumbuhan ecommerce Indonesia Indonesia terbesar di dunia. Fakta itu diungkap dalam laporan berjudul annual startup report 2015 yang mengemukakan data dari SparkLabs yang menyatakan pertumbuhan ecommerce Indonesia terbesar dalam periode 4 tahun terakhir.

Pada tahun 2012 pertumbuhan ecommerce Indonesia mencapai 85% , di India pada tahun yang sama pertumbuhan ecommerce hanya 0,34% dan pertumbuhan ecommerce dunia hanya 0,18%. Angka tersebut melebihi pertumbuhan yang ada di India maupun dunia. Di tahun selanjutnya, Indonesia mencetak pertumbuhan 71%.

Pertumbuhan ecommerce di tahun 2014 dan 2015 tercatat masing-masing 45% dan 37%. Meskipun turun dibandingkan tahun sebelumnya angka itu masih di atas pertumbuhan ecommerce India yang masing-masing 0,31% dan 0,3% pada periode yang sama. Apalagi pasar ecommerce dunia yang hanya mengalami pertumbuhan 0,2% dan 0,17% di tahun yang sama.

Pertumbuhan yang terjadi ini merupakan indikator jumlah transaksi penjualan bukan nilai penjualannya. Dalam hal nilai penjualan, maka nilai penjualan ecommerce Indonesia masih kalah dibandingkan dengan India.

Sebagaimana dilansir SparkLabs bahwa pada tahun 2013, perkiraan nilai transaksi penjualan business to consumer ecommerce di Indonesia senilai Us$ 1,79 milyar sedangkan di India mencapai US$ 16,32 di periode yang sama. Nilai penjualan ini diperkirakan akan terus tumbuh dengan prediksi pada tahun 2015 di nilai penjualan ecommerce Indonesia akan mencapai US$3,58 milyar dan India mencapai US$ 25,65 milyar.

Itulah Sebab Pertumbuhan Ecommerce Indonesia Terbesar di Dunia

Punya pendapat lain? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+