Persiapan Launching Produk Baru Biar Sukses

Persiapan launching produk baru pasti akan menyita banyak pikiran dan tenaga Anda, apalagi jika waktunya sudah dekat. Ini bisa berarti desain layout, dokumentasi, dan semua persiapan penting lainnya. Sudah jelas jika semua orang ingin menjalankan launching produk yang sukses namun bagaimana persiapan launching produk baru agar sukses?

Daripada Anda bertanya ke konsumen produk apa yang mereka inginkan, Anda bisa saja memutuskan jenis produk yang harusnya ada di pasaran, membuat prototipe, dan mengumpulkan konsumen yang masalahnya terpecahkan oleh produk Anda.

Pada prinsipnya, itulah semua tentang launching produk baru. Namun tetap saja, tidak mudah melakukannya.

Sudah siap? Ini dia langkahnya:

Jabarkan Proses Interaksi Awal Konsumen

Jadi Anda mendapatkan beberapa konsumen yang mendaftarkan diri untuk produk Anda. Bagus! Ini berarti Anda berhasil meningkatkan minat kepada prospek untuk mencoba produk Anda. Ini bukan berarti tugas Anda selesai. Faktanya, itu hanyalah langkah awal perjalanan panjang untuk membangun hubungan yang akan memajukan bisnis Anda.

Ini merupakan satu wilayah yang krusial dalam persiapan launching produk baru bahkan untuk masa depan usaha. Mempersiapkan proses interaksi awal agar terhindar dari celah kesalahan merupakan keahlian yang perlu dikuasai cepat atau lambat. Ini sangatlah penting jika Anda ingin mengubah konsumen menjadi prospek.

Berikan Ajakan Persuasif

Membuat persiapan launching produk baru yang menarik saja tidaklah penting. Anda juga harus mampu mengajak peminat. Untuk memulainya, pastikan untuk selalu berikan ajakan persuasif. Dengan begitu peminat tidak akan dihinggapi rasa penasaran.

Saat peminat sudah menyimak penjelasan produk sampai usai, berikan alternatif tindak lanjutnya misalkan:

Penting sekali untuk memberikan pilihan cara untuk konsumen dapat berinteraksi dengan bisnis Anda. Ini karena konsumen mungkin tidak membutuhkan solusi yang ditawarkan sekarang namun mungkin saja dibutuhkan dimasa mendatang. Biarkan konsumen terus berinteraksi dengan bisnis Anda dengan cara yang paling menyenangkan untuk mereka.

Gunakan Pesan Penawaran untuk Mentarget Penyampaian Informasi

Saar menjalankan persiapan launching produk baru Anda akan menyadari bahwa tidak semua konsumen itu sama. Setiap konsumen akan memiliki alasan beragam untuk datang dan menyimak informasi bisnis yang Anda sampaikan. Pada akhirnya, Anda memberikan informasi yang ingin mereka dengarkan, itu saja. Itulah konsep “pesan penawaran”.

Saat mendatangkan peminat ke lokasi launching produk, berikan pesan penawaran yang sudah disiapkan untuk melihat reaksi mereka. Anda bisa manfaatkan alternatif yang disediakan sebelumnya pada “ajakan persuasif” hanya saja ditambahkan juga opsi beli produk (jika memang Anda mentarget penjualan saat launching produk).

Misalkan saat launching produk Anda memberikan hadiah menarik bagi mereka yang melakukan “lempar dart”. Agar konsumen bisa melakukan lempar dart, mereka harus nge-like Facebook fanpage bisnis Anda. (ini jika target launching Anda untuk brand awareness). Penjualan akan tercipta melalui proses marketing media sosial (menjadi tugas dari tim media sosial bisnis Anda tentunya).

Menganalisa Jalur Penjualan Launching Produk

Setelah menjalani persiapan launching produk baru yang melelahkan, Anda harus menganalisa jalur penjualan yang diterapkan. Dalam menganalisanya Anda bisa melihat:

  • Jumlah peminat
  • Berapa banyak konsumen yang baru mengenal usaha Anda
  • Berapa banyak konsumen yang sudah mengenal usaha Anda
  • Dari area mana kebanyakan konsumen yang berminat
  • Media interaksi lanjutan mana yang paling banyak digunakan konsumen (youtube channel, facebook fanpage, twitter, atau email. Tergantung pemakaian Anda)
  • Berapa banyak yang mau mencoba produk gratis
  • Jalur pemasaran mana yang paling baik menciptakan penjualan (tergantung dari jalur pemasaran yang Anda siapkan)

Siapkan Alur Email Marketing untuk Konsumen yang Bergabung

Alur email ini dapat digunakan untuk memandu konsumen pada fitur esensial produk yang Anda tawarkan. Untuk permulaan ada baiknya Anda mengatur alur email ini secara manual. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda sangat perhatian dari setiap email yang dikirimkan sekaligus memperlajari respon dan ketepatan waktu kirim yang sesuai. Cara ini dapat membantu Anda meningkatkan kualitas email marketing yang mendatangkan keuntungan. Saat sudah tidak ada lagi cara untuk meningkatkan kualitasnya, mungkin inilah saatnya menggunakan cara otomatis email marketing.

Konsep email marketing sangat efektif karena sifatnya personal. Cara lain yang bisa jadi alternatif adalah sms marketing. Keduanya memiliki sifat personal yang sama.

Promosi

Agar usaha Anda dikenal banyak konsumen, promosi wajib hukumnya. Kendala utama sebuah usaha dalam berpromosi adalah masalah budget. Untungnya banyak cara promosi yang hemat biaya seperti:

  • Memanfaatkan facebook fanpage
  • Memanfaatkan blog untuk promosi
  • Bekerjasama dengan jurnalis
  • Menjaga kualitas email newsletter

Launching Saat Event Besar? Berkah Atau Petaka?

Dalam memilih waktu launching produk pelajari dulu event besar yang ada saat itu. Jika launching produk Anda berbarengan dengan sebuah event besar lain yang juga launching produknya, bisa jadi konsumen tidak akan fokus pada produk Anda.

Sebuah event jelas menjadi tempat yang baik untuk bertemu banyak orang dan konsumen potensial, namun jika eventnya terlalu banyak konsumen tidak akan perhatian pada bisnis Anda.

Haruskan Membuat Rilis Berita?

Jika memang Anda memiliki sebuah informasi berharga untuk dibagikan, Anda harus membuatnya mudah untuk jurnalis membuat sebuah cerita dari penawaran Anda. Sebuah rilis berita bisa bermanfaat dalam hal ini. Sama halnya seperti sebuah pemasaran, saat membuat rilis berita, Anda harus memilih target peminat dan buat informasinya relevan untuk mereka. Siapkan sebuah berita di sekitar penawaran Anda yang terhubung secara emosional. Akhirnya, buatlah daftar kontak jurnalis untuk media menyebarkan kisah itu.

Kunci utama rilis berita ini adalah bukan sekedar menulis namun juga riset, promosi, menemukan peminat yang tepat, menarik.

Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Sekalipun usaha Anda sudah maksimal untuk memasarkan penawaran, hanya ada sedikit prospek yang bisa didapatkan untuk melihat penawaran lebih lanjut. Jika Anda bisa hadir melalui pihak ketiga, peluang untuk lebih dikenal semakin besar.

Bekerjasama dengan komunitas yang sesuai juga sebuah opsi yang bisa ditempuh untuk membuat banyak orang mengenal penawaran Anda.

Maksimalkan Persiapan Launching Produk Baru Anda

Anda mungkin belum menentukan tujuan spesifik dari launching produk baru. Tentu Anda akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan perhatian dari kelompok peminat yang menjadi target. Anda akan berharap banyak peminat mendaftar untuk menjadi pelanggan. Yang terpenting dari launching produk baru adalah mendapatkan jalur media mana yang berfungsi paling maksimal untuk usaha Anda. Dengan begitu Anda bisa memfokuskan pemasaran menggunakan jalur media itu.

Persiapan launching produk baru bisa jadi gampang-gampang susah untuk dilakukan. Hal penting yang perlu diingat adalah Anda menguasai penawaran yang ingin disampaikan dan menyiapkan jalur interaksi yang memadai. Sebuah kerja keras dan keinginan untuk memberikan solusi kepada konsumen tentu akan membuahkan hasil positif. Agar Anda tidak kelupaan, bookmark panduan persiapan launching produk baru ini atau like facebook fanpage notordinaryblogger. Semoga sukses.

One Response

  1. rahardjo Mei 8, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+