Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi sebenarnya apa? Jelaskan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi makro pada negara tidak berkembang? Dapatkah sebuah negara mengalami pertumbuhan ekonomi tanpa pembangunan ekonomi?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu pernah hinggap di pikiran kamu. Penasaran bagaimana jawabannya?

Secara Ringkas

  • Pertumbuhan ekonomi berarti peningkatan pendapatan nasional secara riil atau output nasional
  • Pembangunan ekonomi berarti perbaikan kualitas hidup dan standar hidup misalkan jumlah masyarakat melek huruf, jaminan kesehatan, naiknya usia harapan hidup, dll
  • Kamu bisa berharap jika perkembangan ekonomi akan memungkinkan pembangunan ekonomi lebih besar. GDP riil lebih tinggi, memungkinkan masyarakat untuk berbelanja di bidang kesehatan dan Pendidikan.
  • Meskipun demikian hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi itu bukan suatu hal mutlak. Kemajuan sebuah pertumbuhan ekonomi dapat menjadi sia-sia karena sekelompok orang kaya.

Pertumbuhan ekonomi mengukur kenaikan GDP riil (output riil). GDP merupakan ukuran pendapatan nasional dan pengeluaran nasional. Pada prinsipnya GDP mengukur volume total barang dan jasa yang diproduksi sebuah ekonomi.

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan melihat data statistik lebih luas ketimbang sekedar GDP per kapita. Pembangunan lebih peduli pada bagaimana dampaknya kepada manusia. Pembangunan melihat pada standar hidup sesungguhnya dan kebebasan masyarakat untuk menikmati standar hidup layak.

Tolak ukur pembangunan ekonomi akan fokus kepada:

  • Pendapatan riil per kepala – GDP per kapita
  • Tingkat melek huruf dan standar pendidikan
  • Tingkat kesehatan, misalkan jumlah dokter per 1000 populasi
  • Kualitas dan ketersediaan tempat tinggal
  • Tingkat standar lingkungan
  • Usia harapan hidup

Tolak Ukur Pembangunan Ekonomi

Mengukur pembangunan ekonomi bukanlah sekedar mengukur GDP karena bergantung pada faktor yang tercakup dalam pengukurannya.

Beberapa pengukuran dalam pembangunan ekonomi salah satunya adalah Indeks Pembangunan Manusia

Indeks Pembangunan Manusia (HDI)

HDI mengkombinasikan:

  1. Indeks Harapan Hidup. Rata-rata harapan hidup dibandingkan dengan harapan hidup global.
  2. Indeks Pendidikan
    1. Jangka waktu pendidikan dasar
    2. Jangka waktu sekolah yang diharapkan
  3. Indeks Penghasilan

Faktor yang Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi pada Negara Berkembang

  • Tingkat infrastruktur misalkan transportasi, komunikasi
  • Tingkat korupsi misalkan tingkat pajak yang nyata-nyata di pungut dan dibelanjakan untuk layanan umum
  • Standar pendidikan dan produktivitas buruh. Tingkat melek huruf dasar dan pendidikan dapat menentukan produktivitas tenaga kerja.
  • Tingkat aliran masuk dana investasi. Misalkan China telah berinvestasi banyak di negara-negara Afrika untuk menyokong bahan baku ekspor yang dibutuhkan ekonomi.
  • Mobilitas tenaga kerja. Tenaga kerja dapat bergerak dari lahan agrikultur yang kurang produktif ke sektor manufaktur yang produktif.
  • Alur bantuan asing dan investasi. Bantuan asing dapat membantu peningkatan infrastruktur dan standar hidup.
  • Tingkat tabungan dan investasi. Tabungan yang tinggi dapat membiayai investasi lebih banyak lagi, membantu pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi Tanpa Pembangunan

Sangat mungkin terjadi pertumbuhan ekonomi tanpa ada pembangunan. Misalkan kenaikan GDP namun kebanyakan orang tidak merasakan perbaikan standar hidup.

  1. Pertumbuhan ekonomi hanya menguntungkan bagi sebagian kecil populasi. Misalkan jika suatu negara memproduksi lebih banyak minyak bumi, aka nada kenaikan GDP. Meskipun demikian, mungkin saja, minyak bumi hanya dimiliki satu perusahaan, dan karenannya, buruh pada umumnya tidak merasakan manfaatnya.
  2. Korupsi. Sebuah negara mungkin memiliki kenaikan GDP, namun manfaat pertumbuhan ekonomi hanya mengalir ke rekening beberapa pihak saja.
  3. Masalah lingkungan. Memproduksi bahan kimia beracun akan meningkatkan GDP riil. Meskipun demikian, tanpa pengaturan yang layak hal itu akan membawa masalah lingkungan dan kesehatan. Ini merupakan contoh pertumbuhan ekonomi mengarah pada penurunan standar hidup layak.
  4. Kemacetan. Pertumbuhan ekonomi dapat menyebabkan tingginya kemcaetan. Ini berarti masyarakat akan menghabiskan lebih banyak waktu di kemacetan jalan. GDP akan meningkat namun standar hidup menurun karena habis dengan kemacetan.
  5. Produksi tidak dikonsumsi. Jika sebuah BUMN menciptakan output, akan terefleksi pada kenaikan GDP. Namun demikian, jika output tidak digunakan maka tidak ada kenaikan standar hidup yang nyata.
  6. Belanja militer. Sebuah negara mungkin mengalami kenaikan GDP melalui belanja militer yang naik. Meskipun demikian, jika belanja itu pada sektor kesehatan dan Pendidikan, dapat menyebabkan turunnya standar hidup.

Contoh Mudah Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Untuk lebih memahami perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi mari ambil contoh manusia. Makna pertumbuhan manusia dapat diartikan sederhana sebagai naiknya berat badan, bertambahnya tinggi badan yang nyata secara fisik. Namun jika kamu berbicara perkembangan manusia maka akan mempertimbangkan semua aspek mulai dari abstrak sampai fisik. Sebut saja tingkat kedewasaan, perilaku, kebiasaan, perasaan, kecerdasan dan seterusnya.

Dalam analogi itu, pertumbuhan ekonomi dapat diukur melalui kenaikan ukurannya dalam tahun tertentu dibandingkan tahun sebelumnya. Perkembangan ekonomi mencakup tidak hanya aspek fisik namun juga aspek non fisik yang hanya dapat dirasakan seperti perbaikan gaya hidup masyarakat, kenaikan pendapatan individu, pertumbuhan teknologi, infrastruktur dan sebagainya.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+