Perbandingan Antara Bisnis Online Dan Offline

Berbicara tentang pro dan kontra dari bisnis online dan offline sangat menarik karena di Indonesia sendiri lagi gencarnya bisnis online saat ini. Melihat banyak keuntungan dari bisnis online yang terbukti menguntungkan membuat banyak pihak lebih memilih bisnis online tetapi dibalik semua itu pasti masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini adalah perbandingan antara bisnis online dan offline.

1. Modal

Bisnis online : Perlu dikatakan bahwa modal yang dikeluarkan lebih murah karena biaya permulaan yang diperlukan untuk membuka toko online adalah gratis. Hal ini hanya akan berlaku jika anda membuat sebuah web pada situs web gratis. Namun jika anda memilih untuk membuat situs yang berbayar, harganya masih dalam kategori murah berbanding bisnis offline.

Bisnis offline : Jelas memerlukan jumlah modal yang mencukupi dimana anda harus mempersiapkan modal untuk sewa gedung yang semakin mahal tahun demi tahun. Selain itu, anda juga harus membeli barang-barang yang nanti akan anda jualkan ke pembeli. Semua ini membutuhkan modal yang benar-benar matang sebelum menceburi bisnis offline.

2. Jaringan pemasaran

Bisnis online : Memiliki jaringan yang sangat luas. Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembeli bukan hanya dari seluruh Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Hal ini kerana, anda menggunakan sistem online melalui media internet yang bisa tersebar di seluruh dunia dan dilihat oleh orang-orang dari berbagai kota, provinsi, wilayah dan negara.

Bisnis offline : Pada bisnis ini, jaringannya lebih kecil hanya tertumpu pada orang yang ada di toko atau hanya orang yang berada daerah tersebut.

3. Waktu

Bisnis online : Sama sekali tidak terikat oleh waktu. Bahkan ketika anda sedang di rumah lagi beristirahat anda tetap akan mendapatkan orderan dari website dan toko online anda yang beroperasi kerana website atau toko online sentiasa melayani pembelian dari pembelinya selama 24 jam sehari.

Bisnis offline : Hanya akan dibuka pada waktu-waktu tertentu yang telah dibatasi atau ditetapkan. Oleh kerana itu, pembeli memiliki waktu yang terbatas jika ingin membeli mungkin hanya sekitar 8 jam sehari dan akan tutup pada hari libur dan tanggal merah.

4. Pemasaran

Bisnis online : Cara pemasarannya tidak perlu dilakukan rincian sistem pemasaran kerana hanya menghabiskan modal. Hal yang perlu dilakukan adalah mencetak brosur dan berikan kepada masyarakat atau anda juga dapat melakukan promosi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain.

Bisnis offline : Masih memerlukan sistem pencetakan brosur. Hal ini membutuhkan sejumlah modal kecil untuk membiayai pencetakan tersebut. Anda juga harus turun ke lapangan untuk membagikan brosur-brosur tersebut kepada masyarakat yang ada disekitar.

5. Sistem pembayaran

Bisnis online : Melakukan sistem pembayaran online yaitu dalam bentuk transfer uang ke rekening penjual. Setelah uang tersebut telah masuk ke rekening penjual sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan berdasarkan orderan, kemudian setelah itu barulah barang akan dikirim ke alamat lengkap anda.

Bisnis offline : Dilakukan sistem pembayaran langsung yaitu setelah pembeli memilih barang yang diingini kemudian membayar secara tunai langsung kepada penjual dengan itu barang secara resmi sudah menjadi milik pembeli dan langsung bisa dibawa pulang.

6. Tenaga kerja

Bisnis online : Tidak memerlukan banyak tenaga ketika memulai bisnis ini walaupun anda seorang pemula, anda bisa bekerja sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari tenaga kerja.

Bisnis offline : Sangat memerlukan tenaga kerja terutama ketika anda masih baru dalam dunia bisnis offline. Pada awal pembukaan toko baru, anda sangat membutuhkan bantuan tenaga kerja untuk menyusun barang-barang, membersihkan, mempersiapkan stok barang jualan dan lain-lain sebelum anda mulai menjual barang-barang di toko secara offline. Suatu waktu jika toko anda sudah maju dan sukses pastinya orderan semakin bertambah maka ada kemungkinan anda akan mengambil beberapa orang karyawan untuk bekerja bersama supaya bisnis berjalan lancar.

Paham Perbedaan Antara Bisnis Online dan Offline?

Demikianlah kupasan serba ringkas namun padat dengan informasi tentang perbandingan antara bisnis online dan offline, semoga bisa memberi manfaat dan masukkan bagi anda yang ingin memulai bisnis. Salam Sukses. (Oleh : kontributor)

One Response

  1. Shinta Juni 1, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+