Arti Pentingnya Marketing untuk Usaha Kecil

Pentingnya marketing kerap tidak disadari para pebisnis pemula dengan berbagai alasannya. Bisa karena buang-buang uang, karena tidak punya pemahaman baik tentang marketing, atau sekedar malas mencoba dan belajar.

Tahukah Anda bahwa brand-brand besar skala dunia beragam sektor seperti Walt Disney, L’oreal, Fiat Chrysler dan Coca-Cola sampai Apple yang menurut orang awam seperti saya ini sepertinya tidak perlu lagi pusing memikirkan marketing produknya namun faktanya brand terkenal tadi itu tetap dan terus investasi di sektor marketing mereka?

Investasi Marketing Perusahaan Besar

Sinyal Utama Pentingnya Marketing untuk Usaha Kecil

Walt Disney seperti dilansir business insider menggelontorkan $ 2,1 milyar tahun 2014 untuk marketing brand “Frozen”.

L’oreal menggelontorkan $2,2 milyar tahun 2014 untuk biaya marketing produk kosmetik mereka.

Fiat Chrysler menggelontorkan $2,2 milyar tahun 2014 untuk biaya marketing model otomotifnya.

Untuk perusahaan sekelas Coca Cola, kira-kira berapa investasinya di sektor marketing produk mereka? Pemerhati marketing, Adage, mengungkap bahwa Coca Cola berkomitmen untuk mengembangkan marketing melalui pembiayaan sebesar $1 milyar pada tahun 2016.

Perusahaan di bidang yang berbeda, Apple, sebagaimana dilaporkan appleinsider melakukan investasi marketing tahun fiskal 2015 hampir $1,1 milyar.

Keputusan yang diambil para brand-brand besar itu tentu memiliki arti tersembunyi yang bagi kebanyakan para pemilik usaha kecil mungkin tidak begitu dipahami. Satu hal yang pasti adalah mereka tahu apa yang mereka lakukan dan investasi milyaran dolar akan mendatangkan keuntungan.

Banyak pebisnis pemula memiliki pola pemikiran berseberangan yang melihat marketing sebagai cara bertahan dari persaingan bukan sebuah teori bahwa jika investasi untuk marketing tidak dilakukan maka usaha itu akan hilang.

Antara dua kenyataan ekstrim tadi ternyata ada fakta menarik lainnya yang (kerap) terjadi. Banyak pebisnis melupakan marketing saat keuntungan sudah dirasa sangat besar. Kondisi untung besar memang menggoda pebisnis untuk membiarkan beberapa hal tanpa perhatian, termasuk marketing.

Saat bisnis Anda tumbuh besar, dan semua anggota tim bisnis sibuk, banyak yang mulai berpikir kenapa harus pusing memikirkan biaya dan kerumitan marketing?

Marketing bukanlah Obat Melainkan Makanan Utama

Marketing bukanlah obat untuk menyembuhkan bisnis saat penjualan turun atau kerugian terjadi. Cara berpikir ini akan membawa Anda pada kehancuran bisnis Anda. Karena saat Anda menggunakan marketing sebagai obat, semuanya akan terlambat.

Marketing itu makanan untuk bisnis olehkarenanya harus rutin dikonsumsi, dijaga dan diolah dengan baik agar bisnis Anda berjalan kearah kesuksesan dan terus menjaganya di area kesuksesan. Anda akan selalu membutuhkan marketing.

Jika kita memahami bersama tujuan bisnis adalah untuk menciptakan konsumen, maka sebuah entitas bisnis hanya memiliki dua fungsi dasar yaitu inovasi dan marketing. Inovasi dan marketing akan mendatangkan hasil dan lainnya adalah biaya.

Marketing bukanlah sekedar lebih luas dari penjualan, marketing juga bukan aktivitas tersendiri. Marketing merupakan bisnis secara keseluruhan. Marketing merupakan keseluruhan hasil akhir bisnis dilihat dari sudut pandang konsumen. Kesadaran dan tanggung jawab marketing seharusnya menjadi bagian tak terpisahkan dari semua area bisnis.

Perspektif inilah yang diterapkan brand-brand besar dunia dengan sangat serius dan terencana meskipun mereka sudah sangat sukses dengan segala ukurannya.

Pentingnya Marketing Disadari oleh Brand Besar

Inilah beberapa alasan utama kenapa brand besar tetap serius menerapkan strategi marketingnya:

Marketing berkelanjutan mencegah citra negatif reputasi: Jika Anda melakukan survey kepada banyak orang untuk tahu berapa banyak yang sadar akan usaha Anda, Anda mungkin tersadar bahwa pemahaman kebanyakan orang akan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan sudah ketinggalan jaman dalam beberapa tahun kedepan. Usaha Anda tumbuh berkembang secara konstan, namun persepsi orang cenderung tetap. Setiap tahun situasi itu membawa mereka semakin jauh dari brand bisnis Anda sampai semua orang akhirnya bingung apa yang dilakukan oleh usaha Anda sebenarnya. AKan membutuhkan waktu untuk membentuk dan menentukan reputasi bisnis Anda, jadi Anda harus melakukannya sepanjang masa. Jangan menunggu sampai semuanya terlambat, jika sudah terlambat tentu akan semakin sulit untuk maju.

Marketing berkelanjutan membentuk basis konsumen: Sejalan dengan perkembangan bisnis, maka Anda perlu mentarget basis konsumen baru. Terkadang fokus Anda hanya berubah sedikit, atau kadang dengan perubahan besar kepada basis konsumen yang benar-benar baru. Apapun yang dipilih, Anda perlu mengevaluasi target dan menyesuaikan pesan, tampilan dan strategi marketing yang digunakan.

Marketing berkelanjutan memberikan banyak pilihan: Memiliki sebuah bisnis saja tidaklah cukup. Jika Anda aktif melakukan marketing, maka akan selalu ada permintaan untuk tawaran Anda. Ini membuat Anda punya banyak pilihan untuk dipilih untuk konsumen Anda, Anda akan punya pilihan untuk fokus kepada satu hal yang paling menguntungkan atau daftar tunggu tawaran alternatif siap pakai untuk saat-saat sulit.

Marketing berkelanjutan mengamankan masa depan bisnis: Satu hal utama dari marketing berkelanjutan adalah aktivitas ini mengamankan masa depan bisnis Anda. Ingat bahwa marketing menciptakan bisnis. Pebisnis cerdas tidak akan menyerahkan bisnisnya pada “nasib” para pebisnis cerdas menanam “benih” sekarang yang dapat “dipanen” di masa mendatang.

Anda Sadar Akan Pentingnya Marketing Untuk Usaha Kecil?

Jika Anda tersadar bisa dipastikan kesibukan Anda akan meningkat. Ingat Anda tidak perlu melakukan semuanya sendiri, Anda bisa membangun tim marketing juara agar bisnis Anda semakin menghasilkan lebih besar penjualan.

Kenapa Tim Marketing?

Tim marketing akan membantu Anda dalam menjalankan marketing yang prima untuk kemajuan bisnis dengan tanggungjawab utama tim marketing itu seperti mendengar kemauan konsumen, melacak trend an mengawasi persaingan, mengkonsep nilai bisnis dalam produk yang ditawarkan, bekerjasama dengan mitra marketing bisnis Anda, melakukan inovasi, membangun komunikasi dengan semua bagian dalam bisnis Anda, meningkatkan penjualan, mengatur biaya marketing, mengkalkulasi return on investment dari aktivitas bisnis, merancang marketing plan yang strategis.

Ingatlah arti penting marketing sebagai makanan utama yang harus selalu dikonsumsi dalam aktivitas bisnis Anda setiap hari. Sebagai bagian dari marketing itu sendiri peran tim marketing Anda sangatlah penting karena bagus tidaknya tim marketing akan menentukan omset penjualan yang akan didapatkan bisnis Anda termasuk kepuasan konsumen atas reputasi bisnis Anda di mata mereka.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+