Pengertian Manajemen Keuangan Fungsi dan Tujuannya

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan memiliki makna perencanaan, pengaturan, pengarahan dan pengendalian aktivitas keuangan mulai dari pengadaan sampai pemanfaatan anggaran organisasi. Ini berarti manajemen keuangan menerapkan prinsip manajemen umum untuk membiayai sumber keuangan organisasi.

Cakupan dan Elemen Manajemen Keuangan

  1. Keputusan investasi mencakup investasi dalam aset tetap (atau disebut penganggaran modal). Investasi pada aset bergerak juga menjadi bagian dari keputusan investasi yang dinamakan keputusan modal kerja.
  2. Keputusan keuangan. Aktivitas ini terkait dengan upaya menaikan keuangan dari berbagai sumber yang tergantung dari keputusan akan jenis sumber, masa pembiayaan, biaya anggaran dan pengembaliannya.
  3. Keputusan dividen. Manajer keuangan harus membuat keputusan mengenai pembagian laba bersih. Sebuah laba bersih umumnya terbagi dalam dua hal berikut:
    • Dividen untuk pemegang saham. Dividen dan prosentasenya harus disepakati dulu
    • Laba disetor. Jumlah laba yang ditahan untuk difinalisasi bergantung dari keputusan ekspansi atau rencana diversifikasi organisasi.

Baca: Masalah Arus Kas

Tujuan Manajemen Keuangan

Memahami pengertian manajemen keuangan tidak bisa terlepas dari tujuannya. Manajemen keuangan umumnya akan melibatkan proses pengadaan, alokasi dan pengendalian sumber keuangan. Tujuannya akan meliputi:

  1. Memastikan pasokan dana yang cukup dan memadai
  2. Memastikan keuntungan memadai untuk pemegang saham yang bergantung pada kemampuan meraup untung, harga pasar saham, dan harapan pemegang saham.
  3. Menjamin optimalisasi anggaran organisasi. Setelah anggaran didapatkan, anggaran harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan biaya seminim mungkin.
  4. Menjamin keselamatan investasi. Misalkan dana harus diinvestasikan pada aset aman sehingga laba dapat diperoleh.
  5. Merencanakan kerangka keuangan yang baik. Sudah seharusnya terdapat komposisi modal yang ideal agar kesimbangan terjaga antara hutang dan modal organisasi.

Fungsi Manajemen Keuangan

Sama halnya dengan tujuan agar pemahaman akan pengertian manajemen keuangan utuh, perlu dipahami juga fungsi manajemen keuangan. Apa fungsinya?

1 Memprediksi kebutuhan modal. Seorang manajer keuangan harus membuat prediksi akan kebutuhan modal organisasi. Hal ini akan bergantung pada biaya dan keuntungan serta kegiatan masa mendatang sampai kebijakan organisasi. Perkiraan harus dibuat dengan baik karena akan meningkatkan kemampuan organisasi membuat keuntungan.

2 Menentukan komposisi modal. Setelah perkiraan selesai dilaksanakan, struktur modal perlu diputuskan. Aktivitas ini akan melibatkan analisa ekuitas hutang jangka pendek dan angka panjang. Hal ini juga akan bergantung pada proporsi ekuitas modal organisasi dan modal tambahan yang harus didapatkan dari pihak ketiga.

3 Pilihan sumber modal. Untuk modal tambahan bisa didapatkan dengan beberapa pilihan misalnya:

4. Investasi modal. Manajer keuangan harus memutuskan untuk mengalokasikan modal ke usaha menguntungkan sehingga ada keamanan investasi dan pemasukan rutin.

5. Pengelolaan surplus. Keputusan penggunaan Laba bersih harus diputuskan oleh manajer keuangan. Hal ini bisa dilakukan dengan dua cara misalnya:

  • Pengumuman dividen : Termasuk identifikasi prosentase dan keuntungan lain seperti bonus
  • Laba ditahan: Jumlah laba yang harus ditetapkan tergantung pada rencana inovasi, diversifikasi dan ekspansi organisasi.

6. Manajemen kas. Seorang manajer keuangan harus mengambil keputusan terkait manajemen kas. Kas dibutuhkan untuk banyak hal seperti pembayaran gaji, tagihan listrik, telepon, hutang, syarat minimum modal usaha, dan sebagainya.

7. Kendali keuangan. Manajer keuangan juga harus melakukan pengendalian keuangan. Ini bisa dilakukan dengan beragam teknik mulai dari analisa rasio, prediksi keuangan, kendali biaya dan keuntungan dan lainnya.

Baca: Trik Menjaga Arus Kas Tetap Sehat

Sudah Paham Pengertian Manajemen Keuangan?

Itulah ulasan singkat akan pengertian manajemen keuangan termasuk fungsi dan tujuannya. Jika sudah demikian tentu Anda memiliki pengertian lebih baik sekarang ini. Informasi ini sangatlah penting untuk Anda yang ingin menjadi manajer keuangan, atau pemilik organisasi usaha. Dari pengertian manajemen keuangan ini bisa dilihat betapa pentingnya posisi dan tugas seorang manajer keuangan bukan?

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+