Pengertian Bisnis Domestik

Mayoritas usaha kecil memulai perjalanan dengan fokus pada bisnis domestik. Seiring perkembangan usaha, pemilik usaha mungkin melakukan ekspansi ke negara tetangga atau negara lain dengan permintaan tinggi akan produk mereka. Beberapa usaha mungkin memutuskan untuk ekspansi secara internasional atau merubah fokus ke negara lain. Dalam melakukan hal ini, entitas bisnis mungkin memutuskan untuk mendaftarkan usaha di negara lain. Jika sudah demikian, pengertian bisnis domestik semakin luas. Lantas apa pengertian bisnis domestik sebenarnya?

Pengertian bisnis domestik adalah bisnis yang melakukan aktivitas usaha di dalam negara. Badan usaha yang menjalankan bisnis di dalam negara yang berbeda dengan lokasi lahirnya perusahaan dinamakan perusahaan asing. Beberapa negara mengatur bahwa bisnis yang berdiri di wilayah negaranya akan dianggap sebagai bisnis domestik.

Contoh

Bisnis yang berdiri dan beroperasi di wilayah Makassar dianggap sebagai bisnis domestik. Bisnis yang didirikan di Jepang atau Inggris seperti Honda Motor Co atau Reebok, dianggap perusahaan asing. Cabang perusahaan asing yang berdiri di dalam wilayah negara (menurut pemahaman ini) dapat dianggap sebagai bisnis domestik. Misalkan Honda of America Mfg, Inc, bisnis domestik di wilayah Ohio Amerika Serikat.

Pemahaman akan bisnis domestik ini bisa dibilang modern karena sekalipun perusahaan asing, jika perusahaan asing itu membuka cabang di suatu wilayah negara lain, maka cabang perusahaan asing itu bisa dikategorikan sebagai bisnis domestic.

Yang dapat dijadikan pembeda adalah cakupan tugas dari cabang perusahaan tersebut. Jika cabang perusahaan itu hanyalah kepada wilayah negara itu saja maka bisa dikatakan cabang perusahaan itu bisnis domestik. Namun jika cabang perusahaan itu juga memiliki tugas mencakup negara-negara di kawasannya maka itu termasuk dalam bisnis internasional.

Panduan Singkat Pengertian Bisnis Domestik

Itulah pengertian singkat bisnis domestik. Sebuah informasi penting untuk Anda yang ingin memperdalam pemahaman akan bisnis internasional. Pada bahasan selanjutnya akan dibahas keuntungan dan kerugian dari bisnis domestik. Ingin tahu apa saja keuntungan dan kerugiannya? Pastikan untuk menyimak postingan selanjutnya.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+