Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian

Kebanyakan pemilik usaha dan pemasar telah mendengar pentingnya media sosial. Faktanya hal ini memang benar, kita terkadang tidak memikirkan kenapa media sosial begitu pentingnya.

Beberapa hal seperti brand awareness, trafik blog, dan interaksi pengikut media sosial merupakan awal yang baik namun mereka bukan inti dari pentingnya media sosial itu.

Media sosial atau mungkin lebih tepatnya konten yang mudah menyebar melalui media sosial punya kemampuan untuk membuat seseorang bertindak secara spesifik yang berdampak positif pada pemilik usaha. Sebuah studi dari Deloitte bahkan menunjukkan pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian.

Studi itu fokus pada bagaimana media sosial pengaruhi konsumen dari beragam usia dan suku. Ada banyak variasi dalam demografi akan bagaimana mereka menggunakan internet, media yang digunakan sampai bagaimana mereka mencerna informasi yang disajikan. Terlepas dari beberapa keragaman tadi, penggunaan media sosial itu sangatlah kuat di semua kalangan demografi.

Hasil Studi

Media sosial berfungsi dengan baik untuk kebanyakan kelompok namun khususnya untuk kalangan millennial. Laporan dari Deloitte tadi menunjukkan bahwa 47% milenial dipengaruhi media sosial dalam hal keputusan pembeliannya dibandingkan kelompok lain yang hanya 19%.

Studi itu juga menunjukkan bahwa satu dari tiga konsumen terpengaruh media sosial dalam memutuskan pembelian.

Dampak media sosial bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan pemilik usaha. Laporan studi itu memberikan pesan bahwa konsumen yang menggunakan media sosial selama proses belanja mereka memiliki empat kali kemungkinan berbelanja lebih banyak ketimbang mereka yang tidak melakukan itu. Laporan itu bahkan menegaskan jika konsumen 29% lebih besar melakukan pembelian di hari yang sama ketika memakai media sosial untuk bantu mereka berbelanja sebelum atau selama perjalanan ke mall / toko.

Menunjukkan Nilai

Sebagai pemilik usaha Anda tentu saja tidak dapat memaksakan konsumen memakai media sosial. Namun demikian Anda masih bisa terhubung dengan konsumen melalui media sosial. Ini sebabnya penting untuk memiliki kehadiran media sosial.

Pemilik usaha bahkan dapat mengajak konsumen memakai media sosial saat berbelanja dengan memasukan media sosial sebagai kampanye pemasaran on the spot. Misalkan Anda menginfokan jika informasi diskon hanya dibagikan melalui media sosial, konsumen yang tertarik akan mengikuti akun media sosial Anda dengan sukarela.

Setuju Media Sosial Pengaruhi Keputusan Pembelian?

Laporan ini jelas menambahkan jumlah manfaat yang menunjukkan nilai media sosial. Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian terjadi pada semua kalangan usia namun utamanya pada kalangan muda. Pemilik usaha perlu bekerja lebih keras lagi untuk memperkuat kehadiran media sosial. Siapkan strategi media sosial dengan baik sehingga penjualan dapat ditingkatkan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+