Pengantar Lengkap Apa Itu Crowdfunding


Mungkin dari sebagian orang, sudah sangat akrab dengan istilah Crowdfunding. Namun, apabila Anda masih asing dengan istilah tersebut, sedikit ulasan berikut bisa memberikan Anda pengetahuan mengenai istilah Crowdfunding tersebut. Apa itu Crowdfunding, dan bagaimana mekanismennya, berikut uraiannya.

Crowdfunding

Secara sederhana Crowdfunding bisa diartikan sebagai salah satu cara untuk pendanaan terhadap suatu proyek atau bisnis dengan cara mengumpulkan dana dari beberapa orang. Untuk bisa mengumpulkan dana tersebut, Anda bisa mulai dari keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun yang setuju dengan ide yang Anda berikan. Cara tersebut, merupakan cara offline yang bisa Anda lakukan.

Selain melalui keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun, Anda juga bisa mengumpulkan pendanaan dengan cara online melalui platform yang sudah tersedia pada saat sekarang ini. Platform tersebut, bisa Anda akses melalui media internet. Dari konsepnya, hampir sama dengan Crowdfunding yang anda lakukan secara offline. Dengan mengumpulkan Crowdfunding secara online, Anda bisa memulai dari sebuah proposal, video, ataupun media yang lainnya.

Hal penting dalam melakukan Crowdfunding

Di dalam melakukan Crowdfunding, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan. Berikut beberapa hal penting tesebut.

  1. Setiap orang yang ikut menyumbang dana di Crowdfunding yang Anda tawarakan, pastikan mereka memahami ide yang Anda berikan atau terhubung secara emosional terhadap ide Anda. Atau orang yang memiliki tujuan lebih besar, dari kampanye yang Anda lakukan.
  2. Orang-orang yang menyumbang dana di Crowdfunding yang Anda tawarkan, biasanya tertarik terhadap imbalan yang Anda tawarkan juga.
  3. Pada saat tampilan kreatif persentasi kampanye Anda, pastikan orang-orang yang ikut menyumbang tersebut terhubung secara langsung. Dengan profesional dalam mengeksekusi ide Anda, Anda akan dianggap sangat mampu dan punya kredibilitas yang tinggi.

Ketiga hal tersebut, sangat perlu Anda lakukan agar kampanya Crowdfunding Anda bisa berjalan dengan sukses. Pada profil kampanye Anda, usahakan Anda bisa memberikan alasan yang kuat di balik ide yang Anda tawarkan. Pada era digital sekarang ini, video merupakan salah satu hal yang sangat berperan besar dalam melakukan kampanye Crowdfunding.

Sudah Paham Apa Itu Corwdfunding?

Demikianlah sedikit ulasan diatas, mengenai Crowdfunding yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan diatas bisa membantu dan menambah referensi Anda mengenai apa itu Crowdfunding dan hal penting apa saja yang perlu Anda lakukan di dalam Crowdfunding.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+