Semua Tentang Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar dimana banyak entitas usaha menawarkan produk yang homogen. Hal tersebut terjadi karena adanya kebebasan untuk menerima dan memberikan informasi. Entitas usaha akan membuat keuntungan yang wajar dan harga selalu rendah akibat dari tekanan kompetitif.

Ciri Khas Pasar Persaingan Sempurna

  • Banyak penjual
  • Kebebasan menerima dan memberikan informasi
  • Banyak produsen barang sejenis
  • Semua produsen menentukan harga sehingga kurva permintaan akan berbentuk elastis sempurna
  • Tersedia ilmu pengetahuan yang sempurna

Dampak Terjadinya Keuntungan Normal

Dampak dari sebuah keuntungan normal yang dihasilkan entitas usaha maka akan menciptakan daya tarik usaha kedalam sebuah industri yang menyebabkan jatuhnya harga. Jika entitas usaha mengalami kebankrutan maka entitas usaha akan meninggalkan industri. Kondisi itu akan berdampak pada naiknya harga produk yang dihasilkan.

Fitur pasar persaingan sempurna bisa dibilang jarang ada saat ini. Namun demikian, persaingan sempurna merupakan model ekonomi penting untuk membandingkan model ekonomi lainnya. Seringkali diperdebatkan bahwa pasar kompetitif memberikan banyak keuntungan yang berasal dari teori model pasar persaingan sempurna.

Perubahan pada Keseimbangan Jangka Panjang

Dampak Kenaikan Permintaan dalam Industri

Jika terjadi kenaikan permintaan maka akan terjadi kenaikan harga. Dengan demikian entitas usaha akan menghasilkan keuntungan normal.

Kondisi itu akan mengundang entitas usaha lain untuk bersaing di pasaran menyebabkan harga kembali turun pada harga keseimbangan.

Kenaikan Biaya Usaha

Jika kondisi ini terpenuhi maka entitas usaha akan mulai kehilangan keuntungan yang dapat berujung pada kebankrutan usaha. Situasi itu akan memberikan dampak berupa berkurangnya pasokan produk berujung pada naiknya harga produk.

Efisiensi Akan Pasar Persaingan Sempurna

Entitas usaha harus selalu efisien jika tidak mau bankrut

Entitas usaha kemungkinan akan menjadi efisien secara dinamis karena mereka tidak memiliki keuntungan untuk berinvestasi pada bidang penelitian dan pengembangan

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Dalam dunia nyata sesungguhnya tidak mudah menemukan contoh sebuah industri yang memenuhi semua kriteria “informasi sempurna” dan “pengetahuan sempurna”. Sekalipun demikian beberapa industri bisa dibilang mendekati kategori persaingan sempurna. Misalnya berikut ini:

Pasar Valuta Asing. Dalam industri ini, mata uang bersifat homogen. Lebih lanjut, pedagang valuta asing memiliki akses kepada penjual dan pembeli. Akan tersedia informasi yang baik akan harga relatif. Saat Anda ingin membeli mata uang, cukup mudah membandingkan harga.

Pasar Agrikultur. Dalam beberapa kasus, ada beberapa petani menjual produk sejenis di pasaran dan ada banyak pembeli. Di pasar, sangat mudah membandingkan harga. Dengan demikian, pasar agrikultur kerap kali mendekati kategori pasar persaingan sempurna.

Industri Berbasis Internet. Perkembangan jaringan internet telah membuat semakin banyak pasar mendekati kategori pasar persaingan sempurna karena internet membuat semua orang dapat membandingkan harga dengan cepat dan efisien (sama dengan informasi yang sempurna). Selain itu, internet juga semakin mengurangi hambatan untuk menerima informasi. Misalkan, menjual produk populer di internet melalui layanan seperti bukalapak sangat mendekati persaingan sempurna. Sangat mudah membandingkan harga sebuah buku dan membeli yang termurah. Internet telah memungkinkan harga banyak buku turun sehingga penjual buku di internet hanya mendapatkan keuntungan wajar.

One Response

  1. edi sutison Februari 2, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+