Pangsa Pasar Jamu Mencapai 25 Persen Tahun 2017


Pangsa pasar jamu mencapai 25 persen tahun 2017 ini. Performa positif jamu di tanah air memang terus menunjukkan tren kenaikan. Hal tersebut terjadi karena kenaikan pangsa pasar jamu atas keseluruhan performa industri farmasi. Tahun 2017 diprediksi pangsa pasar jamu mencapai 25% dari keseluruhan performa industri farmasi.

Merujuk data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahwa jumlah keseluruhan obat tradisional pada tahun 2003 senilai Rp 2 triliun. Kemudian naik sekitar Rp 7,2 triliun pada tahun 2010. Untuk tahun 2017 pangsa pasar jamu mencapai 25 persen pertumbuhannya dibandingkan data tahun 2010 silam.

Dari segi pangsa pasar, obat tradisional ini terus berkembang. Jika tahun 2003 mencapai 10% selanjutnya tumbuh menjadi 16% pada tahun 2010. Tahun 2017 diperkirakan mencapai 25%.

Latar Belakang Pangsa Pasar Jamu Mencapai 25 Persen

Jika menelisik penyebab naiknya pangsa pasar jamu ini tidak lain karena makin banyak perusahaan farmasi besar fokus mengembangkan obat-obatan herbal. Mengacu pada kenyataan itu, banyak pelaku usaha obat tradisional meyakini obat-obatan jenis ini akan mengalami perkembangan pesat.

Tren kenaikan ini tidak hanya terjadi di pasar dalam negeri Indonesia saja tapi juga di pasar global. PT Air Mancur mengungkap jika kinerja ekspor produk obat herbalnya meningkat. Pangsa pasar ekspor dari keseluruhan produksi obat herbal PT Air Mancur tahun 2016 ada sekitar 20% dan pada tahun 2017 ditargetkan naik menjadi 30%.

Tujuan ekspor jamu PT Air Mancur antara lain Nigeria, Thailand, Malaysia dan negara-negara Timur Tengah. Khusus pangsa pasar ekspor pertumbuhannya mencapai di atas 10%. Untuk pasar dalam negeri pertumbuhannya positif.

Persiapan yang Harus Dilakukan Produsen Jamu

Melihat perkembangan yang ada, produsen jamu Indonesia perlu memperhatikan beberapa hal untuk keberlangsungan usaha jangka panjangnya. Persiapan itu antara lain:

  • Melengkapi persyaratan lisensi pengolahan produk jamu seperti CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik)
  • Kelayakan mendasar untuk memenuhi jaminan kualitas berstandar internasional
  • Memenuhi sertifikat halal dari MUI

Beberapa persiapan itu merupakan syarat infrastruktur. Hal tersebut bukanlah perkara mudah dilakukan oleh produsen jamu lokal. Meskipun demikian, agar pangsa pasar bertambah pesat, persiapan itu sebaiknya dipenuhi. Jika sudah begitu, pangsa pasar jamu mencapai 25 persen akan semakin dirasakan manfaatnya oleh industri jamu dalam negeri Indonesia.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+