Panduan Mudah Membuat Komik Digital

Membuat komik digital bisa menjadi media komunikasi yang terbaik khususnya untuk para penghobi komik. Tampilan komik menarik minat pembaca lebih cepat ketimbang sebuah artikel. Pengaturan komik berseri membuat media komik semakin menarik. Lebih baik lagi, menggambar komik jauh lebih murah ketimbang membuat film atau menulis novel.

Berbekal waktu yang cukup dan konsistensi semua orang bisa membuat komik digital sendiri. Mau? Ini cara memulainya

Apa yang Membuat Komik Menarik?

Hal menarik dari sebuah komik bukanlah seni. Aspek utama dari sebuah komik adalah cerita.

Sebuah komik dengan seni biasa saja bisa digandrungi banyak orang dengan karakter yang kuat, drama atau komedi. Di sisi lain, sebuah komik yang tampilannya menarik tanpa substansi kuat akan membosankan.

Untuk mengawali perjalanan kamu membuat komik digital fokuslah kepada kedua hal pentingnya yaitu seni dan cerita namun jangan pernah abaikan aspek ceritanya.

Belajar Menggambar dan Menulis

Angap aja kamu benar-benar nubie. Kamu punya mimpi menjadi penulis komik dunia namun tidak memiliki keahlian menuju ke mimpi itu sama sekali. Bagaimana mewujudkannya?

Pelajaran terpenting untuk dipahami adalah sadar jika tidak ada jalan pintas. Kalau kamu mau menjadi komikus yang baik, kamu harus investasi waktu belajar menggambar komik. Kalau kamu mau menjadi seorang penulis cerita yang baik, kamu harus belajar menulis cerita fiksi. Akan butuh tahunan sebelum kamu bisa beranjak dari posisi sekarang dan itulah fakta yang harus diterima untuk kekuatan mental kamu.

Masih semangat untuk melanjutkan? Inilah beberapa sumber bermanfaatnya.

Belajar menggambar komik. Rujukan youtube ini akan mengajari kamu cara menggambar kartun. Namun demikian, tanpa dasar yang kuat di teori seni, mungkin kamu tidak akan mendapatkan manfaat yang signifikan dari rujukan ini. Untuk pemula manfaatkan rujukan komikus pemula ini.

Memahami Warna. Sekalipun kamu berencana menggambar komik dalam warna hitam putih, teori warna akan sangat bermanfaat. Ini berguna untuk menggambarkan pencahayaan, bayangan, dan membuat grafis yang nyaman di mata pembaca.

Belajar Bercerita. Seperti sudah diungkap sebelumnya jika aspek cerita sangatlah penting dalam sebuah komik. Latihlah kemampuan kamu menulis sebuah script cerita dan jelmakan dalam sebuah komik.

Belajar fotografi. Komik digital dihadirkan dalam bentuk frame dan komposisi frame sangatlah krusial mengait ke aspek cerita. Kamu tentu ingin memastikan cerita tersampaikan dengan sempurna kepada pembaca komik bukan?

Kebutuhan Software untuk Membuat Komik Digital

Pemilihan software memang bisa membuat pusing. Pada akhirnya, pemilihan software akan mengerucut kepada pilihan pribadi. Gunakan software yang paling nyaman kamu gunakan dan jangan mudah dipengaruhi orang untuk menggunakan software lainnya. Bahkan untuk menggunakan pensil dan pad pun sudah cukup sepanjang kamu punya scanner berkualitas tinggi.

Untuk kamu yang masih bingung memilih software untuk membuat komik digital, inilah beberapa rekomendasinya

Paint.NET (gratis). Ini merupakan sebuah program windows dan sebuah upgrade tidak resmi dari MS Paint. Software ini memiliki fitur lebih banyak untuk memberikan fleksibilitas dan seni lebih tajam. Namun jangan dibandingkan dengan photoshop ya.

Photoshop CC ($20/bulan). Untuk pelaku aktivitas digital, software ini merupakan pisau serba guna nya dunia seni digital. Untuk pemula mungkin tidak mudah mempelajarinya, jadi tidak ada salahnya jika kamu membeli panduan photoshop ini.

GIMP (gratis). Software ini dijuluki “photoshopnya orang miskin”. GIMP merupakan sebuah program open source yang bisa mengatasi kebutuhan seni 2D.

Illustrator CC ($20/bulan) vs. Inkscape (gratis). Kedua program ini menciptakan gambar menggunakan ekspresi matematika ketimbang piksel individual. Sama halnya, grafis vector dapat diatur ulang ukurannya tanpa mempengaruhi hasil akhir, membuat hasilnya sempurna untuk membuat komik digital.

Manga Studio 5 ($48). Software yang satu ini digadang-gadang sebagai software komik nomor 1 di dunia. Manga Studio merupakan program yang di desain khusus untuk komikus. Cara kerja dan fiturnya sempurna untuk semua kartunis digital. Untuk kamu yang serius, software ini layak sekali digunakan.

Trelby (gratis). Kamu bisa memformat sebuah cerita sesuai keinginan. Trelby merupakan sebuah editor script open source yang memberikan fitur lengkap dan mudah untuk disesuaikan.

Celtx (ada gratis ada juga versi premium). Celtx merupakan sebuah aplikasi online yang memudahkan proses menulis script. Firut berbayar Celtx memberikan fitur seperti papan cerita dan sejarah revisi. Software ini diakui sebagai salah satu yang terbaik.

Final Draft 9 ($250). Final Draft merupakan sebuah program menulis dan mengelola script untuk para profesional. Kualitasnya tidak diragukan lagi namun tidak direkomendasikan untuk penghobi kecuali Celtx atau Trelby tidak cukup untuk kebutuhan kamu.

Memamerkan Komik Hasil Karyamu

Setelah beberapa minggu, kamu sudah penuh dengan pengetahuan dan sudah mulai menumpukan kertas-kertas hasil gambar yang gagal di keranjang sampah. Sekarang kamu sudah merasa siap untuk memulai sebuah seri komik sungguhan, dan sudah menggambar dengan sempurna. Lalu apa selanjutnya?

Kamu harus memamerkan komik hasil karyamu agar semua orang di dunia melihatnya

Memamerkan sebuah komik bisa sangat mahal namun tidak selalu mahal. Sama halnya dengan memiliki sebuah website, namun karena masalah grafis, kamu akan membutuhkan bandwidth yang lebih besar untuk setiap satu pembaca komik ketimbang sebuah blog pada umumnya. Untuk permulaan mungkin bandwidth tidak masalah, namun saat website komik pribadi kamu terkenal dan disukai jutaan orang, kamu akan membutuhkannya.

Pilihannya ada dua, bisa host sendiri komik kamu pakai hosting dan nama domain pribadi atau menerbitkan di website pihak ketiga yang menerima penerbitan komik digital?

Menerbitkan Komik Digital di Pihak Ketiga

Jika orang lain menerbitkan komik digital kamu, maka tidak perlu khawatir masalah administrasi. Yang kamu harus lakukan hanyalag menggambar dan upload komik ke situs penerbit. Masalah bandwith jadi urusan penerbit.

Kekurangan jika komik digital kamu diterbitkan di tempat lain adalah kendalinya sepenuhnya bukan di tangan kamu. Jika situs penerbit komik digital mengalami server down tidak ada pilihan selain menunggu. Jika kamu ingin mengganti tampilan situs? Tentu saja tidak bisa dilakukan. Hal terburuk adalah jika situs penerbit memutuskan untuk tidak lagi eksis alias tutup? Inilah mimpi burukmu.

Terlepas dari kekurangan itu, membiarkan pihak lain menerbitkan komik digital karyamu merupakan ide baik jika kamu membuat komik digital sekedar hobi dan tidak yakin apakah kamu bakal terus menjadi komikus jangka panjang.

Penerbit komik digital yang terkenal sekarang ini misalnya Webtoon.

Menerbitkan Komik Digital di Website Sendiri

Jika kamu ingin memiliki kendali penuh atas komik digital yang dipublikasikan maka self hosting menjadi pilihan tepat. Tidak hanya kendali, kamu bisa mengevaluasi pertumbuhan, pemasaran sampai menghasilkan uang dari website komik pribadi kamu.

Hal pertama yang dibutuhkan adalah penyedia hosting. Ada banyak penyedia hosting yang terpercaya di Indonesia. Satu diantaranya adalah niagahoster yang sudah digunakan puluhan ribu blogger Indonesia.

Hosting Unlimited Indonesia

Setelah kamu memiliki hosting sendiri kamu akan membutuhkan wordpress. Setelah wordpress sudah siap maka kamu bisa menggunakan PanelTheme. Tema itu merupakan tema gratis yang di desain khusus komik digital, lengkap dengan file komik, navigasi dan bagian khusus penulis.

Publikasi, Iklan dan Pemasaran

Setelah beberapa saat, kamu mungkin sudah punya serangkaian seri komik digital yang dipublikasikan di website sendiri, tapi belum ada pembacanya. Apa gunanya membuat komik digital jika tidak ada yang membaca? Untuk mencari solusi kamu harus tetap mempublish seri komik secara konsisten dan mulai publikasikan komik itu.

Pertumbuhan pembaca bisa jadi memakan waktu 3 sampai 5 tahun secara realistis. Mempertimbangkan bahwa komik digital merupakan situs mengedepankan gambar, pertimbangkan untuk memaksimalkan pemasaran Instagram.

Selain itu pastikan untuk memudahkan pembaca men share komik digital kamu dengan menyediakan tombol media sosial.

Bertukar banner dengan situs komik digital lainnya. Tujuan hal ini adalah untuk publikasi kepada pembaca yang ada. Akan sulit pada awalnya namun layak dicoba.

Bergabung dengan komunitas komikus digital. Jangan berpartisipasi dengan tujuan utama mendatangkan trafik ke website kamu. Lebih baik berikan manfaat dengan berbagi ilmu, bantuan dan keahlian sebisa mungkin tanpa pamrih. Tujuannya adalah membangun pertemanan dan membangun awareness personal kamu. Pada akhirnya kamu akan mendapatkan pengakuan secara alami.

Menghasilkan Uang dari Situs Komik Digital

Sebelum membahas bagaimana menghasilkan uang sebuah situs komik digital perlu dipahami bahwa tidak mudah menghasilkan uang dari sebuah website. Jika tujuan utama kamu membuat situs komik digital untuk mencari sumber penghidupan kamu bakal kecewa. Komik digital memiliki persaingan tinggi di industri online saat ini.

Sebuah komik digital yang dituangkan dalam sebuah website karena kesukaan atau kecintaan kamu sama hobi membuat komik bisa mendatangkan sumber penghasilan ekstra namun tidak untuk memenuhi biaya hidup. Bagaimana caranya?

Iklan online. Jenis iklan paling populer adalah Cost per Impression yang akan membayar sejumlah komisi setiap 1000 kali tayangan iklan. Jenis lainnya dalah Cost per Click yang akan membayar sejumlah komisi atas setiap klik pada iklan. Untuk menghasilkan uang yang lumayan kamu perlu mendapatkan ribuan pengunjung secara rutin.

Penjualan cetak. Jika kamu sudah memiliki banyak seri komik, kamu bisa mengubahnya ke bentuk buku dan menjualnya.

Penjualan merchandise. Penjualan barang merchandise mulai dari mug, kaos, poster dan lainnya bisa saja dilakukan. Kalau karakter komik digital kamu sangat lekat di hati banyak pembaca, kamu bisa mengkomersilkannya. Penjualan merchandise akan bergantung dari basis penggemar.

Kamu Sudah Siap Membuat Komik Digital

Jika kamu membaca sampai tuntas, berarti mental kamu sudah 75% siap menjadi komikus digital. Satu-satunya halangan untuk mewujudkan impian membuat komik digital sekarang adalah rasa malas dan ragu. Kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan, buatlah rencana dan lakukan segera rencana itu.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Tiket Pesawat Murah Diskon 10% Kode Promo "Tiket150" Hanya Sampai 3 Juli 2017Pesan tiket
+