Panduan Memilih Jam Tangan Pria Berkualitas

Panduan memilih jam tangan pria berkualitas ini sangat tepat untuk Anda yang kebingungan memilih sebuah jam tangan. Pada kesempatan kali ini notordinaryblogger akan mengupas habis pro kontra jenis jam tangan, beragam gaya jam tangan pria, dan semua aspek penting yang perlu diketahui pemakai jam tangan.

Pergerakan Jam

Saat Anda mulai terbiasa dengan jam tangan, satu hal yang sering kali terpikir adalah “pergerakan” jam tangan itu. Pergerakan jam tangan merupakan jantung dari sebuah jam tangan. Setidaknya ada 3 jenis pergerakan jam tangan di dunia yaitu mekanik, otomatis, dan quartz. Apa bedanya?

Pergerakan Jam Tangan Mekanik

Jam mekanik memiliki pergerakan yand didukung sebuah per utama. Per utama ini berupa lilitan kawat logam yang dililit ke jarum. Saat per utama bersentuhan, perlahan dan sampai berhenti, menyebabkan jarum lainnya bergerak perlahan, bergerak memutar. Kebanyakan per utama sekitar 9 sampai 13 inci panjangnya. Semakin panjang per utama semakin lama tenaga yang disimpan jam mekanik.

Tidak semua gerakan mekanis itu sama. Detil jam saat proses pembuatan akan menentukan kelancaran dan akurasi gerakan jarum jam.

Baca: 30 Game PS4 Gratis Tinggal Download

Untuk para penggemar jam tangan, gerakan mekanik jam tangan mewakili keistimewaan karena menunjukkan betapa rumitnya membuat jam tangan itu. Jika Anda penggemar jam tangan, memakai jam tangan bukan sekedar memberi informasi waktu, jam tangan juga sebagai alat mengekspresikan penghargaan akan sejarah, kualitas dan proses pembuatannya.

Aspek Positif Jam Tangan Pria Mekanik:

  • Tidak memerlukan baterai. Ini dikarenakan jam mekanik ditenagai oleh lilitan per. Anda tidak perlu gonta ganti baterai. Jika jam berhenti, cukup putar per utama jam tangannya.
  • Gerakan lembut. Untuk beberapa pengguna jam tangan, putaran jarum yang lembut lebih memberi “kepuasan” ketimbang bunyi “tik tik tik” sebagaimana jam quartz. Jika hal seperti ini penting untuk Anda, carilah jam mekanik.
  • Karakter. Mesin sebuah jam tangan mekanik sangatlah memukau. Di dalam jam tangan adalah sebuah gir kecil dan per yang berfungsi bersama memberikan waktu. Tentu saja tidak ada yang melihat isi sebuah jam tangan, namun itulah bagian dari keindahannya. Pembuat jam menghabiskan waktu berjam-jam menyempurnakan mekanisme yang tersembunyi dari pandangan mata. Jika Anda menghargai sebuah “proses pembuatan” maka pertimbangkanlah untuk menambah jam tangan pria mekanik kedalam koleksi pribadi.
  • Unik. Untuk beberapa alasan, daya tarik sebuah jam tangan mekanik adalah pemiliknya harus memutar per utamaagar  jam tangan terus berfungsi. Ada sebuah ritual “menggerakan tangan” yang terus mengingatkan Anda akan waktu.

Aspek Negatif Jam Tangan Pria Mekanik:

  • Membutuhkan gerakan rutin. Umumnya sebuah putaran per jam tangan mekanik bisa bertahan untuk dua hari. Meskipun demikian, dianjurkan jika Anda memutar per utama setidaknya satu kali sehari. Seperti dibilang sebelumnya, beberapa mungkin menikmati rutinitas ini namun untuk sebagian orang lain mungkin merasa terganggu.
  • Sensitif akan lingkungan. Jam tangan mekanik memberitahu waktu berkat kerja gir dan per. Pergerakannya bisa sangat rentan terhadap lingkungan sebut saja debu, kelembapan, magnet, dan goncangan. Keempat hal tadi bisa menjadi penakluk jam tangan mekanik. Meskipun jam tangan mekanik modern sekarang ini dirancang untuk tahan keempat hal tadi, hati-hati tetap diperlukan saat akan membeli jam tangan mekanik. Jika Anda lebih sering berinteraksi dengan kelembapan, magnet, suasana berdebu, atau getaran serius, memilih jam quartz untuk aktivitas harian dan jam mekanik untuk momen khusus bisa menjadi pilihan tepat.
  • Belum tentu akurat. Sebuah jam tangan mekanik yang dibuat dengan baik dapat menunjukkan waktu dengan akurasi 99,99%. Anda perlu membawa jam tangan mekanik ke toko jam setidaknya setiap 5 sampai 10 tahun untuk menjaga akurasinya. Jika akurasi waktu menjadi perhatian utama Anda, jam quartz pilihan amannya.
  • Mahal. Semua proses dan detil mesin jam tangan akan membuat harga ekstra. Hal ini karena memang proses pembuatannya manual dan butuh keahlian khusus yang tinggi.

Baca: HP dengan Kamera Depan Terbaik Harga 1 Jutaan

Pergerakan Jam Tangan Pria Otomatis

Jam tangan otomatis hampir sama dengan mekanik. Jam tangan pria otomatis ditenagai oleh per dan gir rumit untuk menggerakan jarum jam. Jam tangan otomatis tidak membutuhkan putaran per utama untuk membuatnya berdetik. Gerakan tangan Anda sehari-hari sudah cukup untuk membuat jam tangan otomatis ini berfungsi.

Bagaimana bisa gerakan tangan membuat jam berfungsi? Ada semacam mesin kecil dalam jam tangan otomatis bernama “rotor” yang akan bergerak saat pergelangan tangan Anda juga bergerak sepanjang hari. Rotor terhubung ke per utama dan memutar per utama saat bergerak. Jam otomatis juga memiliki kait penghenti untuk mencegah jam dari gerakan berlebihan.

Jika Anda jarang menggunakan jam otomatis, mungkin Anda ingin menaruhnya di tempat khusus “pemutar jam”. Alat ini merupakan media untuk menggerakan jam perlahan untuk membuatnya tetap berfungsi. Ini penting dilakukan khususnya jika jam tangan otomatis Anda punya fitur tanggal.

Jam tangan otomatis akan berhenti berputar jika tidak digunakan beberapa hari. Jika ada fitur tanggal, maka tanggal juga akan berhenti saat jam berhenti. Jika ingin pakai lagi tinggal beri goncangan kecil dan jam akan berputar, namun tanggal mungkin menjadi tidak sesuai.

Aspek Positif Jam Tangan Pria Otomatis

  • Tidak membutuhkan baterai
  • Tidak perlu memutar per manual.
  • Gerakan jarum jam mulus.
  • Karakter. Sama halnya dengan jam mekanik, ada kerumitan khusus dalam membuat jam otomatis.

Aspek Negatif Jam Tangan Pria Otomatis

  • Sensitif pada lingkungan.
  • Perlu disimpan di tempat khusus (jika tidak digunakan)
  • Kurang akurat.
  • Mahal.

Pergerakan Jam Tangan Quartz

Jika Anda tidak suka hal istimewa, jam tangan yang Anda pakai sekarang ini kemungkinan besar quartz. Alasan utamanya adalah akurasi dan harga terjangkau.

Pergerakan jam tangan quartz menggunakan baterai kecil. Baterai mengirimkan listrik melalui Kristal quartz menyebabkan Kristal quartz bergetar 32.768 kali setiap detik. Getaran diukur oleh sirkuit yang mengubah getaran menjadi detik yang menggerakan jarum detik pada jam tangan. Karena jam tangan quartz menggunakan detakan listrik untuk menggerakan jarum detik, aka nada cirri khas gerakan “tik tik tik”. Gerakan jam tangan quartz tidak sesenyap jam mekanik atau otomatis.

Baca: Download Film Star Wars Subtitle Indonesia untuk Koleksi

Namun karena pergerakan quartz bergantung dari listrik dan sedikit alat lain yang bergerak, jam tangan ini lebih akurat dan tahan lama. Untuk alasan ini juga kebanyakan jam lapangan atau olah raga menggunakan pergerakan quartz.

Aspek Positif Jam Tangan Pria Quartz:

  • Akurasi waktu.
  • Perawatan Minim.
  • Tahan lama.
  • Harga murah.

Aspek Negatif Jam Tangan Pria Quartz:

  • Gerakan jarum jam berisik.
  • Kurang romantis.

 

Kerumitan Jam Tangan

Jam tangan pada dasarnya menyebutkan waktu.

Meskipun demikian, banyak jam tangan dilengkapi dengan fitur tanggal sampai informasi bulan. Fitur tambahan ini disebut kerumitan jam tangan.

Kerumitan lanjutannya adalah alarm dan indikator penyimpan tenaga.

Kemudian ada chronograph

Chronograph merupakan sebuah sistem waktu yang independen dan terpisah diterapkan untuk stopwatch. Kebanyakan chronograph terdiri dari 3 tombol kecil didalam tombol utama jam. Pada sisi badan jam tangan chronograph Anda akan menemukan dua tombol: atas untuk memulai atau berhenti dan tombol bawah untuk reset.

Untuk beberapa jam, chronograph digabung dengan tachymeter. Memakai chronograph dan tachymeter memungkinkan pemakai untuk mengkalkulasi beragam hal seperti jarak tempuh, kecepatan, konsumsi bensin (saat berkendara atau terbang).

Berapa banyak jam tangan dan kerumitan apa yang Anda ingin dari sebuah jam tangan bergantung pada selera. Jam gaya cenderung menawan dan ditambah fitur tanggal. Jam sporty atau kasual biasanya memiliki kerumitan lebih.

Macam Jam Tangan Pria

Memang ada banyak sekali fungsi jam tangan pria mulai dari jam karet bergaya sporty sampai jam digital taktis dengan fitur masa depan. Untuk postingan ini akan difokuskan pada jam tangan yang membuat penampilan Anda semakin gaya. Tentu saja, jam fungsional akan memberi makna akan hidup seseorang namun mereka belum tentu terlihat baik untuk setelan jas atau baju kantoran.

Saat Anda menyoal jam tangan gaya, pada dasarnya ada 5 macam yaitu: penampilan, lapangan, penyelam, penerbang, dan pembalap.

Jam Tangan Pria Pertama: Penampilan

Sejarah/Silsilah/Kepribadian: Dilahirkan pada abad ke 20 untuk pria yang ingin memakai jam di pergelangan tangan, bukan di dalam saku. Jam tangan penampilan merupakan semuanya tentang kesederhanaan dan cirri khas. Modelnya simple bukan rumit. Jam tangan ini tidak berkilau dan tetap menarik perhatian dengan cara elegan.

Fitur khas jam tangan penampilan:

  • Ukuran: Umumnya tipis (membuatnya mudah untuk keluar atau masuk lengan baju panjang)
  • Body:  Mungkin bulat, kotak, atau persegi. Varian modern bisa saja terbuat dari perak atau emas.
  • Tampilan: Tombolnya menunjukan indeks jam sederhana
  • Gelang jam: Selalu dari bahan kulit. Meskipun beberapa produsen jam menawarkan keduanya, gelang kulit dan metal. Gelang jam tangan kulit akan memberi kesan klasik dan elegan.
  • Kerumitan: Tidak ada kerumitan.

Waktu pemakaian: Sesuai namanya, Anda memakai jam tangan penampilan untuk acara formal dengan setelan jas. Dalam perkembangannya Anda juga bisa memakai jam tangan penampilan dengan setelan kasual, namun tidak begitu baik dengan celana jeans dan kaos.

Beberapa contoh Jam Tangan Pria Bergaya Penampilan:

#1 Cartier Tank

#2 Orient Bambino

#3 Seiko Kinetic

#4 Tsovet SVT-SC38

#5 Girard-Perregaux Vintage 1945

#6 Montblanc Star Date Automatic

 

Jam Tangan Pria Kedua: Lapangan

Sejarah/Silsilah/Kepribadian: Jam tangan lapangan merupakan keturunan dari Jam Tangan militer jaman Perand Dunia I. Jam tangan ini didesain untuk petugas militer yang mengkoodinasikan serangan koordinasi, menyatakan waktu saat malam hari, tahan kondisi perang dan tetap terlihat gaya. Jam lapangan tetap memegang pedoman itu sampai perkembangannya saat ini.

Fitur khas:

  • Ukuran: Kecil sampai sedang.
  • Tampilan: Fungsional, indek numerik yang mudah dibaca, umumnya latar putih dengan angka berwarna hitam atau kebalikannya. Jam ini juga bisa bersinar saat kondisi gelap.
  • Body: Umumnya stainless steel atau bahkan ada juga titanium. Terkadang jam lapangan juga punya fitur “atur detik”. Anda bisa menghentikan detik dengan menarik tombol tertentu. Hal ini akan memudahkan sinkronisasi jam untuk berbagai keperluan waktu (serangan, pertemuan dalam posisi tertentu, dll)
  • Gelang: Kulit atau kanvas. Bahan metal terlalu berat untuk jam lapangan.
  • Kerumitan: Tidak ada.

Waktu pemakaian: Jam lapangan merupakan jam multifungsi cocok untuk petualangan atau kegiatan kasual sehari-hari. Semuanya mulai dari celana jeans dan kaos oblong sampai setelah olah raga. Untuk pria khususnya yang berusia muda, yang tidak selalu memakai jas, jam lapangan merupakan pilihan terbaik.

Contoh Jam Tangan Pria Bergaya Lapangan:

#1 Timex Weekender

#2 Lum-Tec Combat B19 Bronze

#3 Filson Mackinaw Field

#4 Victorinox Infantry

#5 Shinola Runwell

Jam Tangan Pria Ketiga: Penyelam

Sejarah/Silsilah/Kepribadian: Jam olah raga paling sering dilihat selain jam lapangan kemungkinan besar adalah jam penyelam. Berkat film James Bond jam penyelam makin populer. Sejak Dr. No, 007 telah menjadi jam penyelam. Pada awal film James Bond, jam tangan pria Rolex Submariner, kemudian Pierce Brosnan mengubah jam tangan penyelam Omega pilihan jam tangan James Bond.

Sesuai namanya, jam tangan penyelam di desain untuk Anda yang menghabiskan banyak aktivitas dekat air. Nilai jual utamanya adalah jam tangan pria ini tahan air. Pengenalan pertama cikal bakal jam tangan penyelam sepertinya adalah Rolex Oyster yang dikenalkan tahun 1930-an. Dengan body jam tangan kedap udara, jam tangan pria ini merupakan  jam tangan anti air yang pertama kali dipasaran.

Pada tahun 1950-an, anggota direksi Rolex, René-Paul Jeanneret ingin sebuah jam yang berguna saat ia menyelam (sebuah hobi yang selalu dilakukannya) namun tetap terlihat menawan untuk aktivitas keseharian. Rolex Submariner lahir dan menjadi standar jam penyelam sejak itu. Kebanyakan jam penyelam di pasaran selalu merujuk ke model Submariner.

Fitur khas: Jam tangan penyelam merupakan jam tangan pertama yang tahan air. Standar untuk jam penyelam adalah untuk tahan air sampai kedalaman 100m. Beberapa bahkan tetap berfungsi saat melebihi 100m.

Karena jam tangan pria berkualitas ini di desain untuk dipakai di dalam air, baik body jam dan gelang jam terbuat dari bahan anti korosi (baja atau titanium). Ada juga dari bahan karet atau silikon, namun tidak semenawan bahan baja atau titanium.

  • Ukuran: Sedang.
  • Tampilan: Umumnya tebal, nomor arab, angka 12 jam kerap diganti dengan tanda tertentu, dan detik ditampilkan dalam tahapan 15. Untuk melindungi muka jam tangan saat menyelam, kaca sapphire atau mineral keras digunakan.
  • Body: Fitur khas jam tangan penyelam adalah “rotating bezel” yang menyatu pada body jam. Putarannya akan berlawanan jarum jam. Fungsi utama dari putaran ini adalah untuk menginformasikan penyelam berapa lama ia sudah berada di dalam air. Cara kerjanya begini: saat penyelam memasuki air, ia memutar roda sehingga angka “0” sebaris dengan jarum menit. Selanjutnya jarum menit akan menunjuk ke tanda putaran yang menjelaskan berapa lama penyelam sudah berada di dalam air.
  • Gelang: Metal, dan biasanya lebih panjang dari gelang jam tangan umumnya karena di desain untuk muat di baju selam yang tebal.
  • Kerumitan: Hanya tanggal.

Waktu Pemakaian: Jam tangan penyelam di desain untuk pemakaian dalam air, body dan gelang metal ditambah ikon khas membuatnya cocok untuk penggunaan harian. Anda bisa memakai jam penyelam dengan setelan olah raga, setelan kasual, jas sampai setelan formal. Jika Anda penyuka James Bond, jam tangan ini juga cocok dipakai dengan setelan pesat tuxedo.

Contoh Jam Tangan Pria Bergaya Penyelam:

#1 Rolex Submariner

#2 Omega Seamaster

#3 Seiko Diver’s Watch

#4 Citizen Promaster

Jam Tangan Pria Keempat: Penerbang

Sejarah/Silsilah/Kepribadian: Jam tangan telah menjadi bagian dari penerbangan sejak dulu. Faktanya, salah satu jam tangan spesifik yang pernah dibuat untuk pilot adalah Louis Cartier pada tahun 1904 (Jam merek Santos yang sangat ikonik).

Puluhan tahun kemudian, produsen jam mengembangkan desain orisinil itu untuk membuat informasi waktu mudah bagi pilot yang terbang ke angkasa, khususnya dengan tambahan chronograph. Kembali ke tahun 1930-an, perusahaan Swiss, Breitling membuat jam dinding untuk pesawat terbang pada Royal Air Force sehingga pilot dapat menentukan kecepatannya, jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar. Pada tahun 1940-an, perusahaan itu memutuskan untuk menerapkan chronograph pada jam tangan. Lahirlah Breitling Chronomat sebuah model untuk jam tangan penerbang masa depan.

Fitur khas: Tidak seperti gaya jam tangan pria berkualitas lainnya, jam tangan penerbang tidak memiliki gaya yang pasti. Fitur yang dipasarkan sebagai “jam penerbang” sangatlah beragam, namun umumnya akan mencakup hal berikut:

  • Ukuran: Sedang sampai Besar.
  • Tampilan: Didesain agar mudah dilihat, bahkan dalam kondisi kokpit yang gelap.
  • Gelang: Seringkali, meskipun tidak selalu, gelang jam terbuat dari kulit.  Ukurannya lebih panjang dari gelang jam tangan umumnya karena di desain untuk muat dengan jaket pilot yang tebal.
  • Kerumitan: Tanggal dan terkadang teknologi chronograph.

Waktu pemakaian: Ukuran dan tampilan lebih kasual akan seorang pilot membuat jam tangan penerbang cocok untuk memberikan kesan kasual namun tidak untuk setelan jas atau setelan bisnis.

Contoh Jam Tangan Pria Gaya Penerbang:

#1 Breitling Navimeter

#2 Omega Speedmaster

#3 Citizen Hawk Navihawk

#4 Wingman Watches

#5 Laco Type A

#6 Bell & Ross WWI-92 Military

Jam Tangan Pria Kelima: Pembalap

Sejarah/Silsilah/Kepribadian: Balap mobil dan jam tangan telah terhubung satu sama lain sejak tahun 1930-an. Ini karena pembalap bergantung pada akurasi waktu untuk mengukur hasil sebuah balapan. Rolex merupakan salah satu perusahaan pertama yang memenuhi kebutuhan ini dengan melengkapi pembalap papan atas memakai jam terkenal Oyster pada periode itu.

Namun kemudian, TAG Heuer-lah yang menciptakan standar untuk jam tangan pembalap dengan menambahkan chronograph dan tachymeter, fitur pembeda untuk jam pembalap. Jam chronograph pertama versi TAG Heuer dibuat tahun 1930-an dan 1940-an untuk pilot di Luftwaffe. Namun kemudian pada tahun 1950-an dan 1960-an pembalap menggunakan jam tangan itu untuk mengukur kecepatan dan jarak tempuh. TAG Heuer memantapkan identitas balapannya saat aktor Steve McQueen memakai jam tangan Monaco 1133 pada film Le Mans tahun 1971.

Fitur Khas:

  • Ukuran: Sedang sampai besar.
  • Tampilan: Ruang cukup besar untuk mengakomodir chronograph. Pemakaian warna cerah dan kontras.
  • Body: Di desain untuk tahan goncangan dari suasana balap mobil. Body jam tangan umumnya terbuat dari baja.
  • Gelang: Kulit atau metal.
  • Kerumitan: Chronograph dan tanggal.

Waktu Pemakaian: Jam pembalap tampil leih berkilau ketimbang jam penerbang ataupun jam penyelam. Karena tampilannya yang kokoh, jam pembalap lebih cocok untuk seteah kasual ketimbang formal.

Contoh Jam Tangan Pria Bergaya Pembalap:

#1 Autodromo Prototipo

#2 TAG Heuer Carrera Calibre 18

#3 TAG Heuer Monaco 1133

#4 Timex Intelligent Quartz Fly-Back Chronograph

#5 Seiko Sportura

Memilih Jam Tangan Pria Berkualitas Terbaik untuk Ukuran Tangan Anda

Salah satu faktor penting sebagai pertimbangan saat memilih jam tangan pria berkualitas adalah proporsionalitas jam tangan di pergelangan dan tangan pemakainya. Jika jam tangan terlalu besar dengan pergelangan tangan, itu akan mencolok. Terlalu kecil akan membuat Anda terlihat seperti memakai jam tangan wanita

Aturan umum jika kondisi pergelangan tangan Anda 6 atau 7 inci, Anda mungkin cocok memakai jam tangan dengan diameter body antara 38 – 42 mm lebarnya. Jika pergelangan tangan Anda lebih besar dari 7 inci maka Anda bisa memakai jam tangan dengan diameter body 44-46 mm lebarnya.

Cara terbaik untuk memastikan proporsionalitas jam dengan pergelangan tangan adalah dengan mencoba dan melihatnya. Selain itu juga tanya teman dan keluarga untuk pendapat mereka.

Tentu saja, jam tangan akan menjadi perhatian orang lain. Jadi jika Anda ingin memilih jam yang dikenakan selebriti papan atas, silahkan saja. Pahamilah dengan memilih sebuah jam, Anda mengkomunikasikan kepada dunia konsumsi jam tangan itu penting untuk Anda.

Apakah Jam Tangan Mahal Layak Dibeli?

Setelah kamu memutuskan jenis dan gaya jam tangan pria yang diinginkan, selanjutnya Anda perlu pertimbangkan kisaran harganya juga.

Saat Anda melihat harga Rolex Submariner Rp 100.000.000 atau TAG Heuer Carrera Rp 50.000.000, mungkin Anda bertanya “Apakah jam tangan ini layak dibeli jika hanya mengatakan waktu seperti halnya jam Casio seharga Rp 200.000,-?

Itu merupakan pertanyaan rumit untuk dijawab dan akan bergantung dari jenis pasar jam mewah mana yang dibicarakan; pasar jam mewah umum atau pasar jam mewah super mewah.

Sebuah kritik diberikan pada pasar jam mewah umum adalah apakah harga selangit itu merupakan hasil dari pemasaran cerdas. Tag Heuer dan Rolex dapat membanderol ribuan dollar untuk sebuah jam tangan bukan karena kelangkaannya, namun karena mereka membuat persepsi publik melalui pemasaran selama dekade lamanya bahwa jam mereka jarang dan bernilai ribuan dollar. Kritikan ini juga diberikan pada pembuat permata. Permata pada kenyataannya, banyak tersedia. Produsen permata membuat barang ini menjadi super mewah melalui proses pemasaran yang cukup lama.

Mungkin ada benarnya kritikan itu bahwa proses pemasaran brand membuat jam mewah itu mahal. Di sisi lain, ada faktor internal jam tangan pria itu juga yang mmebuatnya bernilai mahal. Untuk pemula, jam tangan pria mewah ini kerap dibuat dari bahan metal seperti emas dan perak. Melihat harga emas sekarang ini, sebuah jam emas Rolex akan mahal harganya. Selain bahan emas, jam itu juga memakai kaca berkualitas tinggi atau bahkan berbahan sapphire untuk menutup jam tangan.

Selanjutnya, penerapan teknologi dan pemikiran saat mendesain sebuah jam membuatnya lebih bernilai ketimbang jam tangan umumnya. Singkat kata, jam tangan ini dibuat dengan cara lebih ekslusif, berfungsi lebih baik dan tahan lebih lama.

Jadi dengan pasar jam tangah mewah secara umum, Anda akan mendapatkan sebuah jam tangan berkualitas. Selain itu Anda juga membeli sebuah kisah dan kemajuan sosial yang melekat pada brand jam tangannya. Itu menjadi keputusan  pembelian Anda apakah penting atau tidak saat membeli jam tangan.

Ini akan membawa Anda pada pasar jam tangah super mewah. Jam tangan pria kategori ini harganya bisa ratusan juta rupiah. Produsen jam tangan mewah seperti Blancpain, Audemars Piguet dan IWC merupakan bukti nyatanya. Jam tangan ini sangat mahal harganya karena memang langka. Seringkali mereka hanya memproduksi ratusan jam atau ribuan untuk pasar dunia. Kelangkaan bukan satu-satunya penyebab harganya sangat mahal. Proses pembuatan dengan tangan manual merupakan alasan lain. Produsen perlu waktu berbulan-bulan sampai tahunan untuk menyelesaikan proses produksinya.

Jam tangan mewah sama halnya dengan mobil mewah. Ada perbedaan pada kualitas, fitur dan teknologi. Saat membeli Anda tidak sekedar membeli bendanya tapi juga brand untuk simbol dan status. Beberapa orang tertarik membeli mobil mewah dan jam mewah untuk banyak sebab dan mereka merasakan kesenangan dari hal tersebut.

Untuk sebagian orang lain membeli jam mewah mungkin tidak pernah terpikirkan. Jam ini harganya tidak dalam jangkauan. Mereka juga punya kebutuhan lain lebih penting selain menghabiskan uang untuk jam tangan. Kondisi itu bertentangan dengan prinsip kesederhanaan yang dimiliki seseorang.

Semua orang mungkin akan melihat kondisi masing-masing. Sederhana atau hemat merupakan satu hal relatif. Jika seorang milyarder membeli jam tangan seharga Rp 100 juta, itu tidak membuatnya boros, nilai itu mungkin tidak terlalu besar bagi seorang milyarder.

Untuk kebanyakan orang biasa, investasi pada jam berkualitas terbaik itu yang sesuai kebutuhan, keinginan dan anggaran. Jam tangan pria yang sudah diulas di atas rata-rata memang sangat mahal harganya, namun bukan berarti tidak ada jam dengan harga terjangkau. Ada banyak pilihan jam tangan menawan yang tidak selangit mahalnya bahkan untuk brand Swiss Army berkisar Rp 50.000-an, beberapa diantaranya berikut ini:

Jam Tangan Pria Lucien Piccard

Jam Tangan Pria Daniel Wellington

Jam Tangan Pria Swiss Army

 

Memilih Jam Tangan Pria Berkualitas Sesuai Selera

Nah, itulah panduan memilih jam tangan pria berkualitas yang bisa diberikan. Sekarang Anda sudah jauh lebih mahir akan memahami jam tangan pria. Tidak hanya itu, Anda juga akan semakin yakin dalam memilih jam tangan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan.

 

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+