Musim Durian Tiba Untuk Wisata Buah

  • 2
    Shares

Musim durian di Indonesia sudah mulai. Pada tahun 2017, panen buah durian pada beberapa wilayah telah mulai lebih awal dibandingkan dua tahun sebelumnya. Beberapa daerah pemanen durian seperti Bogor, Medan, Pati, Magelang, Semarang, sampai Jawa Timur tengah mempersiapkan panen masing-masing.

Tahun 2016 panen durian dimulai bulan Januari. Tidak sedikit juga yang gagal panen di kebun di Semarang, DIY sampai Banjarnegara. Pada tahun 2017, bulan November sudah dapat mulai panen.

Salah satu petani duren dari Gunung Pati menuturkan jika panen bahkan mulai menipis. Diperkirakan masih aka nada stok panen sampai Januari 2018. Durian khas dari Gunung Pati adalah Durian Monti (atau singkatan dari montong gunung pati). Selain itu ada durian daut yang sudah dikenal karena daging tebal dan rasa manis dengan warna kuning agak keputihan.

Baca: Sirkuit Balap Internasional Kota Semarang

Cerita lain dari seorang petani yang pernah mendapat gelar juara duren berkat panen duren kumbokarno miliknya. Namanya Giyanto yang menyatakan kebun miliknya sudah mulai panen duren. Kebun durian kumbokarno itu ada di wilayah Magelang khususnya Desa Candimulyo. Meskipun sudah mulai proses panen, Giyanto menuturkan jika durian unggulannya baru akan mulai panen bulan Desember nanti.

Musim durian juga terjadi di Pandeglang Banten. Wilayah ini mendapat juara umum dalam banyak kompetisi durian unggul. Pandeglang sudah mulai panen durian sekalipun jumlahnya belum sampai batas maksimal. Untuk konsumen sudah dapat memulai pesanan. Tidak sedikit yang sudah pesan per pohon. Namun demikian khusus untuk panen raya jumlahnya belum cukup. Masih perlu disiapkan pohon-pohon unggulan untuk acara panen raya. Hal itu dituturkan petani durian Pandeglang, Hamid yang dikenal dengan julukan Si Wong.

Baca: Cara Mulai Bisnis Tiket Pesawat

Musim Durian Waktunya Pesan Durian Unggulan

Bagi konsumen yang berminat untuk memesan langsung dari pohon petani durian ada baiknya untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Misalkan petani durian bernama Waluyo dari Watusimbar Gunung Pati. Ia mengungkap jika konsumen wajib melakukan konfirmasi pesanan per telepon dua hari sebelum datang ke perkebunan.

Baca: Hotel Strategis di Jogja

Keistimewaan jika konsumen datang langsung adalah untuk mendapatkan harga lebih rendah dibandingkan supermarket atau festival. Selain itu juga konsumen dapat berdiskusi langsung dengan petani soal durian sekaligus santap langsung di kebun itu. Siap memesan durian dan memeriahkan musim durian bersama teman?


  • 2
    Shares
  • 2
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+