4 Metode Kuantitatif Bisnis Anda Wajib Tahu

Metode kuantitatif bisnis sangatlah berguna untuk pengambilan keputusan. Sekalipun pengalaman juga penting khususnya untuk para manajer dan direktur bisnis saat mengambil keputusan sulit kebutuhan akan angka tidaklah dapat dielakkan. Pada jaman data sekarang ini, metode kuantitatif digunakan oleh para analis dan ekonomi untuk menyediakan bukti kuat yang menunjukkan arah keputusan akan produksi, distribusi, marketing dan manajemen karyawan. Metode ini membantu manajer memproyeksikan masa depan bisnis, menyesuaikan bisnis sampai strategi pertumbuhan bisnis.

Jenis Metode Kuantitatif Bisnis

Ada banyak jenis metode kuantitatif yang dapat membantu entitas bisnis membuat keputusan. Beberapa yang paling umum termasuk analisa regresi, program linear, analisa faktor dan data mining. Apakah maksud kesemuanya?

Analisa Regresi

Metode kuantitatif bisnis yang pertama adalah analisa regeresi yang merupakan sebuah teknik terkenal diantara para ekonom dan statistisian. Analisa regresi menggunakan ekuasi statistikal kompleks untuk mempredikasi dampak dari satu atau lebih faktor dikenal sebagai predictor atau variabel independen atas sebuah hasil kepentingan dikenal sebagai variabel dependen. Ekonom menggunakan analisa regresi untuk memprediksi efek edukasi dan pengalaman karyawan terhadap penghasilan tahunan karyawan. Seorang manajer perusahaan atau ekonom bisnis dapat menggunakan analisa regresi untuk memprediksi dampak biaya periklanan pada keuntungan perusahaan. Analis data yang menggunakan teknik ini dapat memprediksi apakah ada korelasi antara keduanya dan apakah hubungan itu signifikan secara statistik.

Program Linear

Metode kuantitatif bisnis selanjutnya adalah program linear. Semua bisnis akan menghadapi keterbatasan sumber daya termasuk ruang kerja, alat produksi, suplai dan tenaga kerja. Kondisi itu membuat alokasi optimal kesemua sumber daya yang ada menjadi tantangan untuk manajer. Program linear, sebuah teknik populer dalam menjalankan riset dan analisa manajemen merupakan metode matematis untuk menentukan bagaimana meraih hasil maksimal seperti keuntungan terbesar atau biaya operasional terendah terhadap beberapa hambatan yang sudah diungkap tadi. Peneliti dan analis transportasi dan produksi menggunakan program linear untuk menganalisa dan menyelesaikan masalah terkait perencanaan, penjadwalan, dan distribusi.

Analisa Faktor

Analisa faktor merupakan reduksi data dan teknik analisa yang sering digunakan untuk survey data. Oleh karena itu, analisa faktor sangat terkenal dikalangan periset pasar. Analisa faktor menggali hubungan dalam data variabel untuk mengidentifikasi hubungan, faktor yang belum terukur yang dapat menjelaskan hubungan tersebut. Aplikasi metode kuantitatif bisnis ini misalkan periset pasar dapat menggunakan faktor yang dapat menggunakan analisa faktor untuk menganalisa data kebiasaan belanja konsumen untuk mengenali faktor yang dapat menjelaskan pola belanja tertentu, seperti pilihan untuk beberapa jenis produk.

Data Mining

Kombinasi dari keahlian statistik dan program komputer atau data mining telah tumbuh seiring bertambahnya jumlah dan ukuran data statistic. Data mining ini merujuk pada kelas metode yang digunakan untuk menganalisa seperangkat data dalam jumlah besar, membuka pola dan hubungan yang terpendam pada banyaknya data mentah yang tersedia. Toko online raksasa seperti amazon menerapkan teknik data mining untuk mengembangkan profil kebiasaan belanja konsumen, termasuk pola belanja konsumen yang membeli produk yang sama.

Ada Metode Kuantitatif Bisnis Lainnya?

Itulah kesemua metode kuantitatif bisnis yang dapat disampaikan. Siap menerapkannya? Semoga sukses.

 

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+