Meningkatkan Traffic Blog dengan Google Analytics

Meningkatkan Traffic Blog dengan Google Analytics sangat menguntungkan untuk dilakukan.

Google analytics merupakan sebuah media yang bisa memberi rasa mudah kepada pemilik blog untuk memantau perkembangan traffic blognya.

Lebih jauh lagi, google analytics bisa memberi Anda gambaran tentang rencana kedepan untuk meningkatkan traffic sebuah blog.

Sebenarnya jika Anda pelajari lebih dalam, banyak informasi detail dari google analytics yang mudah untuk dimanfaatkan untuk tujuan bisnis. Inilah kepada google analytics menjadi bagian penting dari tips ngeblog.

Namun demikian, notordinaryblogger tetap konsisten untuk memberikan informasi mendasar yang sifatnya mudah dan sederhana agar Anda bisa dengan mudah juga memahami dan menerapkannya.

Apa saja sih informasi mendasar dari data google analytics?

Traffic Source (asal pengunjung blog Anda)

Sebagai pemilik blog, tentu kita perlu tahu dari mana saja asal pengunjung blog kita. Perlu diketahui bahwa “asal pengunjung” yang saya maksud bukanlah negara atau kota melainkan “organic” atau “referral”. Organic berarti pengunjung Anda berasal dari mesin pencari sedangkan referral berarti pengunjung blog Anda berasal dari situs lain.

Keywords (kata kunci)

Keywords merupakan kata kunci yang digunakan pengguna mesin pencari yang membawa mereka kepada blog Anda.

Landing Page

Landing page merupakan pintu masuk pengunjung blog kepada blog Anda. Untuk memudahkan mari kita lihat ilustrasi di bawah

Bounce Rate

Bounce rate adalah prosentase rata-rata dari durasi waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca artikel Anda. Saya sendiri tidak begitu paham cara penghitungannya, namun semakin kecil bounce rate Anda, bisa diartikan itu semakin baik.

Average Visit Duration

Average visit duration merupakan waktu rata-rata yang dihabiskan pembaca untuk melihat konten blog Anda. Semakin lama tentu semakin besar peluang Anda untuk bisa menghasilkan uang lewat blog Anda.

Traffic Referral (penghasil pengunjung bagi blog Anda)

Mungkin Anda sedikit bingung di sini. Traffic referal merupakan bagian dari traffic source, hanya saja lebih mendetail. Biasanya data yang tertera dalam traffic source adalah tulisan berupa alamat blog. Ini berarti pengunjung Anda datang dari blog itu.

Dari ilustrasi di atas, bisa dikatakan bahwa pengunjungblog.com berkontribusi sekali dalam memberikan pengunjung untuk blog saya, notordinaryblogger.com

Lalu Bagaimana Cara Mudah Memanfaatkan Informasi Mendasar dari Google Analytics tadi Untuk Rencana Meningkatkan Traffic Blog Anda di Masa Depan?

Traffic tidak kalah penting dari sebuah konten blog. Tanpa pengunjung, kebanyakan blogger menjadi patah semangat untuk terus nge-blog. Traffic juga memperbesar peluang Anda untuk menghasilkan lebih banyak uang dari blog.

Cara termudah untuk meningkatkan traffic adalah dengan menciptakan konten (bisa artikel atau bentuk lainnya) sebanyak mungkin dalam waktu cepat. Namun saya sendiri memilih melakukan pembaharuan artikel blog setidaknya seminggu sekali.

Selain konten, hal lain yang tidak kalah penting adalah Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan sebutan SEO.

Ok, sekarang mari kita lihat cara mudah memanfaatkan informasi mendasar dari google analytics untuk meningkatkan traffic blog. Tidak usah jauh-jauh mari gunakan data google analytics saya, dan akan saya sampaikan juga rencana apa yang saya gunakan untuk meningkatkan traffic bulanan saya.

Tertarik? Baca terus ya ….

Data Organic Traffic

Mari kita lihat kembali data traffic dari laporan bulanan Agustus

Dari data traffic bulan Agustus di atas, bisa dikatakan bahwa notordinaryblogger sangat bergantung pada mesin pencari Google. Hal ini menjadi wajar mengingat saya tidak mengembangkan rencana untuk membangun sebuah daftar email (email lists) untuk pelanggan informasi di notordinaryblogger.

Sepertinya memang saya akan tetap bertahan seperti itu karena terkendala oleh konsep blog ini sendiri yaitu blog dua bahasa. Pelanggan informasi notordinaryblogger tentu tidak nyaman mendapatkan update informasi dalam bahasa yang tidak begitu ia pahami.

Pada akhirnya, mau tidak mau saya harus lebih memantapkan keahlian dalam menciptakan artikel yang ramah dalam hal SEO untuk meningkatkan traffic blog setiap bulannya.

Data traffic referral

Seperti sudah saya bahas sedikit sebelumnya bahwa pengunjungblog.com memiliki kontribusi berarti dalam menambah jumlah pengunjung ke notordinaryblogger.com. Jika Anda melihat tabel di atas, pengunjungblog.com menempati nomor 3 sebagai penghasil traffic untuk notordinaryblogger.com.

Kebetulan saya kenal dengan pemilik blognya dan saya pernah menjadi penulis tamu di sana. Lantas, apa yang seharusnya saya lakukan untuk meningkatkan traffic blog?

Tentu dengan meningkatkan jumlah interaksi di pengunjungblog.com. Trik termudah untuk meningkatkan interaksi adalah dengan berkomentar. Khusus untuk itu, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog Dengan Komentar untuk edisi artikel bahasa Indonesia bulan Oktober 2012.

Sedangkan untuk pengunjung dari blog asing, tentu amazingbloggers.net menjadi tempat ideal untuk itu. Selain tentunya saya juga berkomentar di blog-blog asing lainnya.

Facebook?

Facebook menempati posisi ke-4 sebagai pemberi trafik untuk notordinaryblogger pada bulan Agustus 2012. Ini merupakan pertanda baik mengingat saya juga meluncurkan produk sendiri yang disebut social signal marketing. (saat ini jasa social signal marketing sudah tidak berlaku)

Untuk kedepannya tentu saya akan lebih fokus ke facebook, twitter dan linkedin sebagai media promosi blog, mempromosikan produk sendiri, sekaligus meningkatkan popularitas artikel blog.

Average visit duration’

Apa yang bisa dipahami dari ‘Average visit duration’? Data ini bisa menunjukkan apakah pembaca menyukai konten blog Anda atau sebaliknya. Bisa juga ini menjadi indikasi pembaca menemukan apa yang mereka cari.

Semakin menjadi ideal jika disandingkan dengan ‘bounce rate’. Jika average visit duration lama dan bounce rate rendah dapat diartikan pembaca benar-benar menyukai konten blog Anda. Jika sudah demikian peluang bisnis akan semakin mudah dijalankan bukan? Anda dapat mulai menawarkan berbagai produk sebagai cara menghasilkan uang lewat blog.

Bagaimana dengan keywords? Lihatlah ilustrasi di bawah ini.

Dari data sederhana di atas, dapat disimpulkan bahwa kata kunci yang mendatangkan traffic (dari mesin pencari) untuk notordinaryblogger adalah seputar mencari uang dari blog atau make money online. Itulah sebabnya lahir beberapa artikel pada bulan September yang berjudul :

  • Are You Making The Right Business Choice? (postingan tamu ini dihapus karena menyalahi aturan)

Tujuannya adalah untuk menjaring lebih banyak traffic blog. Hasilnya? Mari kita lihat perbandingan prosentase kunjungan berikut ini.

Peningkatan Trafik Blog

Analisa sederhana di atas bisa menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana respon pengunjung atas konten yang Anda sajikan melalui blog. Respon yang baik tentu berakibat baik pula untuk rencana mengembangkan blog Anda di masa mendatang.

Pada saat Anda memiliki jumlah pengunjung bulanan yang stabil setiap bulannya, tentu semangat Anda untuk tetap meningkatkan performa blog tetap terjaga atau bisa jadi semakin bertambah.

Hanya mengandalkan artikel berkualitas saat ini rasanya masih kurang untuk mendapatkan hasil optimal dari sebuah blog khususnya dalam hal mencari uang. Sangat banyak blog bermunculan saat ini dengan kualitas juara, oleh karenanya kita perlu strategi jitu dalam meningkatkan traffic blog diantara persaingan tadi.

Ibarat sebuah toko, sebagus apapun toko itu tidak akan ada artinya jika tidak ada pembeli yang datang

Sekarang bagaimana Anda bisa mendapat hasil maksimal setelah membaca artikel ini?

Cukup mudah, gunakanlah tips yang menurut Anda sesuai, atau modifikasi tips yang saya gunakan dengan trik yang Anda punya. Kapasitas saya di sini hanyalah berbagi pengalaman bukan untuk mengajari Anda.

*Postingan ini telah diperbaharui per tanggal 19 Agustus 2013 berupa penghapusan link yang tidak berlaku lagi dan penambahan screenshot prosentase perbandingan trafik

Mau Coba Meningkatkan Traffic Blog dengan Google Analytics?

Apa menurut Anda? Jika Anda ingin berbagi tips untuk menambahkannya silahkan tinggalkan pendapat Anda, atau mungkin ada pertanyaan seputar memanfaatkan Google Analytics? Tentu dengan senang hati saya menjelaskan sepanjang saya memahaminya. Tidak tahu cara menggunakan google analytics? Lihat panduan instal google analytics.

57 Comments

  1. syaiful bahri September 12, 2012
    • Okto September 12, 2012
  2. Isnuansa September 13, 2012
    • Okto September 13, 2012
  3. Leo Ari Wibowo September 13, 2012
    • Okto September 13, 2012
      • Leo Ari Wibowo September 14, 2012
        • Okto September 14, 2012
  4. Blogger Indonesia September 14, 2012
    • Okto September 14, 2012
  5. Fakry Naras Wahidi September 14, 2012
    • Okto September 14, 2012
  6. hermanbagus September 17, 2012
  7. abi September 18, 2012
    • Okto September 18, 2012
  8. arikaka September 23, 2012
    • Okto September 24, 2012
  9. Budi Majid September 24, 2012
    • Okto September 24, 2012
  10. SEOSKUL[s]BLOG September 24, 2012
    • Okto September 24, 2012
  11. farizalfa September 26, 2012
    • Okto September 26, 2012
  12. Belajar Ngeblog Oktober 11, 2012
    • Okto Oktober 11, 2012
  13. Luhurfatah10 Blogz Desember 26, 2012
    • Okto Desember 27, 2012
  14. Bloggerz-Xp7 Desember 26, 2012
    • Okto Desember 27, 2012
  15. Download Buku Kimia Januari 6, 2013
  16. Rangga Februari 14, 2013
    • Okto Februari 15, 2013
  17. fadhil April 16, 2013
  18. rental mobil Agustus 22, 2013
  19. Shavojihan Moeis Agustus 23, 2013
  20. Abed Nego Agustus 23, 2013
  21. MArlon Alamo Agustus 25, 2013
    • Okto Agustus 26, 2013
  22. radit September 5, 2013
  23. Edi - aura ide Oktober 12, 2013
  24. bernando Januari 18, 2014
  25. Alvi Maret 4, 2014
  26. dewo April 9, 2014
    • Okto April 10, 2014
  27. riizhu April 11, 2014
  28. anotherorion November 21, 2014
    • Okto November 21, 2014
  29. Sisada Desember 29, 2014
  30. Okto Desember 30, 2014
  31. Prasetyo Juli 31, 2015
  32. bang blex Agustus 23, 2015
  33. Pingback: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Oktober 15, 2015
  34. Zhw Art November 30, 2015
  35. Mohammad agustiar April 24, 2016
    • Okto April 24, 2016
  36. irwan Juli 11, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge