Mengatasi Komputer Lemot Windows


Bagaimana cara mengatasi komputer lemot windows? Mungkin pertanyaan ini sedang ada dalam benak kamu sekarang. Berikut ini langkah-langkah untuk pengguna Microsoft Windows untuk mengatasi masalah komputer lemot dan mendeteksi penyebabnya.

Lakukan Reboot

Jika komputer kamu belum pernah di reboot , pastikan untuk di reboot sebelum mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Program di Bagian Background

Penyebab paling umum komputer lemot adalah program yang berjalan di background. Kamu bisa buat pengaturan remove atau disable semua program TSR dan startup yang otomatis berfungsi setiap komputer menyala.

Tips: untuk melihat program apa yang berjalan di background dan berapa banyak memori serta CPU terpakai oleh program itu, bukalah Task Manager. Untuk pengguna Windows 7 ke atas, jalankan Resmon untuk mendapatkan pemahaman lebih baik akan penggunaan komputer kamu.

Jika kamu mempunyai antivirus, program perlindungan spyware atau fungsi keamanan lainnya, pastikanlah program itu tidak memeriksa komputer di bagian background. Jika sebuah scan sedang berlangsung, maka performa komputer akan menurun. Jika ini masalahnya, biarkan scan selesai dan performa komputer akan semakin baik.

Hapus Temp Files

Setiap kali komputer menjalankan sebuah program, sebuah temporary files akan disimpan di hard drive. Menghapus temp files ini akan membantu meningkatkan performa komputer.

Pertama, dalam upaya mengatasi komputer lemot windows ini kamu bisa pakai Windows Disk Cleanup untuk menghapus temporary files (file sementara) dan file lainnya yang tidak dibutuhkan komputer.

Sayangnya, Disk Cleanup tidak menghapus semua file sementara dalam direktori file. Itu sebabnya, disarankan juga menghapus file sementara ini secara manual. Untuk bisa melakukan ini, bukalah Start Menu dan ketik %temp% pada tab Search. Untuk Windows XP, klik Run pada Start Menu dan enter %temp% di bagian Run. Tekan enter dan sebuah folder Temp akan terbuka. Kamu bisa menghapus semua file yang tersedia di folder itu dan jika ada file lainnya yang tidak bisa dihapus kamu bisa pilih “skip”.

Ruang Hard Drive Kosong

 

Pastikanlah ada sekitar 200 sampai 500 MB ruang hard drive kosong. Ruang kosong ini memungkinkan komputer untuk pertukaran file termasuk penyimpanan file sementara

Masalah Hard Drive

Mengatasi komputer lemot windows bisa dilacak juga dari masalah pada hard drive. Untuk memeriksa lakukan tahapan ini:

  • Lakukan ScanDisk atau hal lain yang serupa untuk memastikan bahwa tidak ada masalah secara fisik pada hard drive komputer kamu.
  • Lakukan defrag untuk membantu memastikan bahwa data teratur dengan baik
  • Gunakan software pembantu untuk menguji masalah pada hard drive.

Lakukan Scan Malware

Sekarang ini spyware atau malware lainnya merupakan penyebab utama masalah komputer. Termasuk juga masalah komputer lemot. Sekalipun sebuah antivirus terpasang di komputer, tetap disarankan kamu melakukan scan malware pada sebuah komputer. Software gratis Malwarebytes cukup ampuh untuk melakukan scan terhadap malware.

Lakukan Scan Virus

Jika komputer kamu terinfeksi oleh satu atau lebih virus, hal ini bisa menyebabkan komputer lemot. Disarankan kamu memiliki antivirus yang selalun update.

Konflik Hardware

Pastikan apakah ada konflik hardware atau tidak. Jika ternyata ada konflik, ini bisa menjadi penyebab komputer lemot. Ingin mengatasi komputer lemot windows pastikan Device Manager tidak mengindikasikan adanya konflik.

Baca juga: Cara Hemat Kuota Saat Akses Facebook Pakai Android

Update Windows

  • Pastikan kamu memiliki update windows terbaru pada komputer yang digunakan.
  • Jika kamu sedang online saat komputer lemot, pastikan semua plugin browser juga update. Atau kamu bisa juga menonaktifkan plugin browser untuk ujicoba apakah plugin itu penyebab lemotnya komputer windows kamu.

Update Driver Kamu

Pastikan bahwa kamu memiliki driver terkini untuk hardware komputer khususnya untuk driver video. Memiliki driver yang outdate akan menyebabkan rentetan masalah termasuk komputer lemot.

Reboot Komputer Sekali Lagi

Jika kamu telah melakukan semua langkah di atas namun komputer kamu masih lemot, cobalah untuk reboot sekali lagi sampai tahapan ini.

Upgrade Memori Komputer

Jika kamu memiliki komputer lebih dari dua tahun lamanya, mungkin kamu akan membutuhkan memori lebih. Sekarang ini sebuah komputer akan membutuhkan setidaknya 1 GB untuk RAM atas sebuah sistem 32 bit dan 2GB RAM untuk sistem 64 bit. Dengan menyediakan ruang memori cukup untuk program berjalan dalam memori, komputer kamu tidak akan membutuhkan pertukaran informasi dalam penyimpanan memori ke file swap. Jika lampu hard drive selalu aktif, itu merupakan tanda komputer secara konstan menukar informasi antara memori dan hard drive.

Baca juga: Cara Reset Password Windows 10

Upgrade Hard Drive

Salah satu aspek penting komputer adalah hard disk drive. Melakukan upgrade dari hard drive ke solid state drive (SSD) dapat secara signifikan meningkatkan performa komputer.

Lakukan Registry Cleaner

Umumnya registry cleaner tidak disarankan. Namun demikian, jika kamu sudah mengikuti semua langkah di atas dan masalah komputer lemot masih terjadi, lakukanlah Registry Cleaner untuk komputer kamu.

Kompuer atau Prosesor Overheat

Pastikan komputer dan prosesor tidak overheat (panas berlebihan). Sebuah panas yang terlalu berlebihan akan menyebabkan penurunan performa komputer yang signifikan. Hal ini karena mekanisme prosesor yang otomatis menurunkan kecepatan sebagai kompensasi kondisi “panas”

Debu, kotoran dan rambut dapat menghambat aliran udara ke dalam komputer yang menyebabkan terjadinya overheat. Pastikan body komputer bersih dan bagian fan tidak terhalang sesuatu.

Hapus Semua File dan Nyalakan Ulang

Jika semua cara mengatasi komputer lemot windows sudah dicoba dan masalah masih terjadi, ada pilihan selanjutnya yaitu install ulang Windows atau hapus semua file dan nyalakan ulang.

Menghapus semua file dan menyalakan ulang dapat meningkatkan performa komputer dengan menghapus software atau driver usang yang tersimpan dan menyebabkan komputer lemot. Menginstal ulang driver terbaru memastikan bahwa tidak ada masalah software yang menjadi penyebab komputer lemot.

Baca juga: Cara Kembalikan File USB Terhapus

Masalah Hardware

Akhirnya jika komputer kamu masih saja lemot setelah mencoba semua rekomendasi ini secara bertahap kemungkinan besar ada masalah hardware. Beberapa masalah hardware seperti tidak berfungsinya hard drive, RAM, CPU, motherboard atau komponen lainnya.

Komputer Sudah Tua

Jika komputer kamu sudah berusia 5 tahun, usia komputer bisa jadi penyebab lemotnya performa. Hal ini karena program software yang dirilis semakin baru dan dirancang untuk maksimal dengan teknologi komputer yang lebih baru. Komputer edisi lama tidak sanggup menjalankan software edisi baru, hal ini berakibat lemotnya komputer windows kamu. Pilihannya adalah membeli komputer baru atau menerima bahwa komputer kamu tidak akan bisa secepat komputer keluaran terbaru.

Berhasil Mengatasi Komputer Lemot Windows

Itulah kesemua tahapan praktis untuk mengatasi komputer lemot windows yang bisa kamu coba. Sebelum memutuskan untuk beli komputer baru pertimbangkanlah tujuan penggunaan komputer dan alternatifnya seperti membeli hard disk eksternal untuk mengosongkan file di komputer agar performanya bisa lebih baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+