Mencari Uang dari Blog : Laporan NotOrdinaryBlogger Bulan September 2012

4000 a month

Tidak terasa sebulan sudah terlewatkan sejak edisi laporan pertama mencari uang dari blog NotOrdinaryBlogger pada Agustus 2012. Sekarang tiba saatnya laporan mencari uang dari blog untuk bulan September 2012.

Banyak perkembangan menarik yang terjadi baik dari “social signal” yang didapatkan atas artikel-artikel yang terbit pada bulan September 2012, pemasaran produk “social signal marketing”, perkembangan traffic blog ini maupun perkembangan pendapatan adfly.Nah, tidak perlu memperpanjang kata lagi, ijinkan saya membahas dan menganalisa data yang saya terima untuk dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi Anda dalam mengembangkan blog Anda sendiri.

Iklan
Hemat waktu Anda untuk membangun link berkualitas dari blog PR tinggi

Ini hanyalah pengalaman saya, Anda bebas bagaimana menggunakan informasi yang ada dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

Social Signal

Selama kurun waktu September 2012, NotOrdinaryBlogger telah menerbitkan 5 artikel berbahasa Inggris dan 3 artikel berbahasa Indonesia.

Artikel berbahasa Inggris

  1. Artikel berjudul “Are you making the right business choice” merupakan artikel tamu dari Belinda J Darling dari LFS Legal. Tulisan ini diterbitkan pada 1 September 2012 dan berhasil mendapatkan 13 fb like, dan 22 inshare.
  2. Artikel berjudul “Make Money Online from Blog : NotOrdinaryBlogger Monthly Report – August 2012” yang terbit pada 2 September  2012. Laporan ini telah meraih 41 fb like, 2 g+, 3 tweet, 52 inshare dan 1 stumble.
  3. Artikel berjudul “How to Make More Money from Adfly Text Link Advertisement” yang terbit pada 10 September 2012. Tulisan ini telah meraih 38 fb like, 2 g+, 1 tweet, 21 inshare dan 1 stumble.
  4. Artikel berjudul “ How to Build Trust and Keep Make Money Online” terbit pada 19 September 2012. Tulisan ini telah meraih 51 fb like, 3 tweet, dan 19 inshare.
  5. Artikel berjudul “Why Competition is Good for Make Money Online?” yang terbit pada 28 September 2012. Tulisan ini telah meraih 64 fb like dan 1 inshare

Artikel berbahasa Indonesia

  1. Artikel berjudul “Mencari uang dari blog : Laporan NotOrdinaryBlogger bulan Agustus” yang terbit pada 2 September 2012. Laporan ini telah meraih 12 fb like, 2 g+, 1 tweet, dan 18 inshare
  2. Artikel berjudul “7 Strategi Menambah Traffic Blog” yang terbit pada 25 September 2012. Tulisan ini telah meraih 3 fb like dan 16 inshare
  3. Artikel berjudul “ Cara Mudah Memanfaatkan Informasi Mendasar dari Data Google Analytics untuk Mningkatkan Traffic Sebuah Blog” terbit pada 12 September 2012. Tulisan ini meraih 4 fb like dan 4 inshare.

Social Signal Marketing

Sebagai produk keluaran sendiri tentu saya mengedepankan penjualan produk ini ke konsumen. Sebenarnya banyak produk sejenis dengan social signal marketing ini misalnya “buysocialsignals” yang mematok 1 fb like seharga $0,05.

Bulan September saya mengurangi porsi promosi produk ini karena fokus pada pembuatan artikel blog untuk menambah traffic blog. Namun demikian, tetap disyukuri September kemarin saya mendapat 2 konsumen untuk social signal marketing. Ini berarti saya mendapatkan tambahan penghasilan $10 dari produk ini.

Traffic Blog

Sebelum memulai penjelasan, marilah kita lihat ilustrasi berikut ini :

Pada bulan September 2012, terjadi penambahan traffic blog yang semula total traffic 1,001 dengan unique visitors sebesar 870 bertambah dengan total traffic sejumlah 1,418 dengan unique visitors 1,187.

Perkembangan Search Traffic dan Direct Traffic (antara Agustus dan September)

Agustus 2012

September 2012

Seperti sudah pernah saya bahas dalam artikel tentang memanfaatkan Google Analytics untuk meningkatkan traffic, blog ini mengandalkan mesin pencari untuk mendatangkan pengunjung. Jika melihat perbandingan data traffic di atas, sepertinya blog ini sudah berada pada jalurnya. Kedepannya, tentu harus mengoptimalkan konten SEO agar traffic dapat meningkat.

(baca : Tips SEO untuk Blogger)
(baca : Tips Mudah Manfaatkan Google Analytics untuk Tambah Traffic)

Jika kita melihat gambar di atas, maka tampak peningkatan jumlah direct traffic atas blog ini. Ini merupakan pertanda baik mengingat saya tidak memiliki strategi khusus untuk membangun sebuah daftar email untuk pembaca setia notordianryblogger. Ini bisa menjadi sinyal bahwa blog ini sudah mulai dikenal di kalangan pembaca.

Perkembangan Referral Traffic

Jika melihat data dari google analytics, blog dari Indonesia berperan besar dalam menambah traffic di NotOrdinaryBlogger. Tetap berada dalam posisinya adalah pengunjungblog.com, dimana terjadi peningkatan jumlah referral traffic yang mencapai 103 pengunjung pada bulan ini. Sedangkan majuter.us merupakan penyumbang traffic referral baru bagi blog ini dengan total 24 traffic referral.

(artikel tentang pembahasan khusus terkait “Meningkatkan traffic lewat komentar” akan di terbitkan bulan ini)

Social signal marketing, selain sebagai sebuah produk untuk mencari uang dari blog juga merupakan sebuah metode yang diterapkan untuk memasarkan blog ini. Dari data traffic referral ini, sepertinya media pemasaran ini mulai membuahkan hasil dengan bertambahnya jumlah pengunjung dari facebook dan linkedin.

Iklan
Tingkatkan traffic blog dengan mendaftar link ke SEO Web Directory

Laporan Adfly

Terdapat kenaikan 400% dalam total klik adfly bulan ini

Seperti dapat Anda saksikan dari cuplikan gambar di atas, bulan ini blog ini mendapatkan sebanyak 464 klik atas link adfly yang diterapkan di blog ini. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (yang hanya 94 klik) maka kurang lebih terjadi kenaikan empat kali lipat.

Jika Anda perhatikan, saya menerapkan cara berbeda dalam menerapkan link adfly di blog ini. Cara ini merupakan salah satu eksperimen untuk meningkatkan raihan klik dari pengunjung. Sepertinya percobaan ini juga menunjukkan hasil yang lumayan.

Dapat Anda saksikan sendiri dari total klik sebanyak 464, blog ini diberikan komisi $0,5898. Sedangkan batas minimum penarikan komisi adalah $5. Jelas masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk dapat mencapai batas minimum penarikan komisi itu.

Iklan
Tanpa biaya pendaftaran, cukup melihat iklan dan dibayar dengan US dollar?

Sebagaimana Anda tahu, blog ini mentargetkan untuk bisa melakukan penarikan dalam satu minggu. Dengan kalkulasi sederhana, maka diperlukan total klik sebanyak + 5000 untuk dapat meraih $5 dalam seminggu. Apakah itu bisa diraih? Tentu memerlukan kerja keras untuk mewujudkannya? Hal menarik dari mencari uang dari blog cara ini adalah cara kerja otomatis.

Maksud “kerja otomatis” adalah penambahan komisi dari adfly tetap saya dapatkan meski saya hanya melakukan update seminggu sekali. Hal ini terjadi karena semua bergantung dari pembaca, apakah mereka melakukan klik atau tidak. Jadi mekanisme ini berjalan dengan sendirinya selama blog ini masih berdiri.

Jika Anda masih ingat, saya memiliki kesimpulan sementara bahwa pengunjung yang berasal dari search engine  (search traffic) memiliki kemungkinan lebih besar untuk melakukan klik atas iklan bentuk Pay Per Click. Jika melihat hasil laporan mencari uang dari blog ini sepertinya terori itu sejalan dengan praktiknya, namun tentu masih perlu untuk diuji lebih lanjut.

Tertarik untuk mencoba Adfly? Silahkan kunjungi adfly dan pelajari produk Adfly

Sekian laporan mencari uang dari blog NotOrdinaryBlogger bulan September 2012. Jika Anda memiliki masukan, saran, atau pendapat …. tolong jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom yang tersedia.

Iklan
Ingin nyaman Nge-blog dengan upload gambar atau video?
(Pakai kupon “NotOrdinaryBlogger” untuk Diskon 25%)

Apakah Anda mencoba mencari uang dari blog? Mengapa tidak Anda berbagi hasilnya di kolom komentar juga? Pembaca lain pasti senang untuk mengetahuinya juga.

Real Money Online
Comments
  1. Artikel yang sangat menarik….

    Salam Sukses Buat Online Marketer Indonesia

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge