Mencari Uang Dari Blog : Laporan Notordinaryblogger Bulan Agustus

Mencari Uang dari Blog

Teman pembaca yang terhormat, senang menjumpai Anda di sini. Ini merupakan edisi pertama dari laporan bagaimana Notordinaryblogger mencari uang dari blog melalui jasa adfly dan menjual produk sendiri, social signal marketing.

Latar belakang

Sedikit melihat kembali kebelakang, bahwa blog ini dimulai pada bulan Januari 2012, jadi sampai saat ini sudah berusia kurang lebih 8 bulan. Konsep yang digunakan adalah sebuah blog tentang tips ngeblog dengan dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Artikel dalam bahasa Indonesia akan di-update minimal sebulan sekali sedangkan artikel dalam bahasa Inggris di-update minimal seminggu sekali.

Mengapa demikian?

Karena memang tujuan awal blog ini adalah untuk “go internasional” dalam meramaikan blog tentang blogging.

Apa tantangan terbesar saya?

Selama ini, tantangan terbesar adalah WAKTU. Saya adalah seorang part-time blogger yang suka menulis tentang tips blogging dan mencari uang dari blog. Jadi saya perlu selektif dalam menerapkan strategi membangun blog agar waktu dihabiskan secara efektif.

Bagaimana pendekatan yang saya gunakan?

Pendekatan yang saya gunakan dalam mengembangkan blog ini sangatlah sederhana dengan biaya seminimal mungkin (ini berarti saya bekerja keras melakukan semuanya tanpa pengeluaran, kecuali biaya hostgator).

Saya melakukan konten SEO, konten update, promosi blog, blog commenting dan menjadi penulis tamu. Dengan semua rutinitas itu, tujuan utama adalah untuk membantu pembaca dalam masalah blog sekaligus mencari uang dari blog, hal ini menjadi impian ketika kita dapat hidup berkecukupan secara materi dengan melakukan yang kita suka dan menolong orang lain. Meskipun pada akhirnya saya harus mengakui bahwa sulit bagi saya meninggalkan pekerjaan offline saya.

Itulah kenyataan yang menjadi tantangan yang harus saya hadapi dalam menjalani hobi blogging. Sekarang, inilah beberapa rutinitas yang saya lakukan untuk mengembangkan NotOrdinaryBlogger dalam mencapai tujuannya.

  • Terhubung dengan blogger lain atau orang lain (di luar blogging) sebanyak mungkin (2 jam sehari untuk blog commenting dan 1 jam sehari untuk media sosial )
  • Tetap belajar sebanyak mungkin tentang blog (blog commenting, melakukan online interview, diskusi online, dan tidak pernah berhenti eksperimen)
  • Mencari uang online (affiliasi marketing, mengikuti program pay per click, menjual produk sendiri, ikut program adfly, dll)

Apa yang tidak saya lakukan dan kenapa?

  • Membangun daftar email
  • Membangun Fanpage
  • Memperbaharui Desain Blog

Alasannya?

Membangun daftar email dan Fanpage merupakan kegiatan serius dalam sebuah rangkaian promosi blog. Saya merasa tidak memiliki cukup waktu untuk itu semua, khususnya untuk membangun komunitas pembaca blog untuk artikel  dua bahasa. Dengan kondisi ini, saya harus fokus pada beberapa aspek saja dan berusaha meraih hasil terbaik, dengan semua keterbatasan waktu yang ada.

Bagaimana dengan desain? Desain yang saya gunakan adalah twenty eleven theme untuk wordpress (tersedia gratis) untuk menyesuaikan dengan tema “simplicity” (kesederhanaan) yang ingin dikedepankan di NotOrdinaryBlogger. Hal ini sejalan dengan berbagai tips yang disampaikan.

Nah, sekarang mari kita lihat perkembangan blog ini

Selama bulan Agustus, saya telah menerbitkan 4 artikel dan 1 artikel tamu, mari kita lihat bagaimana “social signals” yang dimiliki artikel-artikel tersebut :

1. “Cara Membuat Artikel Berpengaruh di Internet”. Ini merupakan edisi bulanan artikel Bahasa Indonesia. Diterbitkan tanggal 6 Agustus 2012. Sampai dengan 1 September 2012, artikel itu sudah meraih 42 Like, 5 g+1, 1 tweet, dan 1 inShare.

2. “Simple Methods to Make Viral Post” diterbitkan pada 18 Agustus 2012. Sampai dengan 1 September 2012 artikel ini telah meraih 48 Like, 14 g+1, 0 tweet, dan 7 inShare.

3. “Achieving Social Signals, Why You Should Try It?” diterbitkan pada 18 Agustus 2012. Sampai dengan 1 September 2012 artikel ini telah meraih 33 Like, 2 g+1, 2 tweet, dan 3 inShare

4. “Blog Development : What I’ve Learned and Monthly Report” diterbitkan pada 25 Agusus 2012. Ini merupakan pengumuman dari rencana “Laporan Bulanan NotOrdinaryBlogger”. Sampai dengan 1 September 2012 artikel ini telah meraih 16 Like, 2 g+1, 2 tweet, dan 45 inShare.

5. Saya juga menjadi penulis tamu di TimsMinions, “3 Powerful eBook Marketing Strategies” yang diterbitkan pada 17 Agustus 2012. Terima kasih kepada teman saya, Andi Leeman yang telah mengundang saya untuk menjadi penulis tamu di sana. Sampai dengan 1 September 2012 artikel ini sudah meraih 111 Like, 6 g+1, 7 tweet, dan 13 inShare.

Social signals merupakan eksperimen terbaru di NotOrdinaryBlogger, menurut pendapat pribadi saya, social signals memberi tahu pembaca tentang pengaruh Anda di dunia online. Sebagaimana saya jelaskan di bagian “Hire Me”. Ini merupakan sebuah produk yang saya pasarkan pada bulan Agustus sebagai salah satu cara mencari uang dari blog. Selama Agustus saya mendapatkan 4 pembeli dan mempromosikan 4 artikel (ini berarti saya mendapat penghasilan $ 20,-)

Sekarang, sebelum kita melihat pada bagian pendapatan dari Adfly, saya ingin berbagi sumber traffic blog ini. Yuk kita lihat bersama

Traffic Overview

Sumber Traffic

Landing Page (Artikel Mana yang Menjadi Pintu Masuk Pengunjung Blog)

Dari data tersebut, menurut saya jumlah pengunjung berkaitan dengan jumlah pendapatan dari Adfly. Meskipun tidak ada jaminan pengunjung akan melakukan klik pada link adfly yang saya terapkan disini, namun semakin banyak jumlah pengunjung semakin besar kemungkinan pendapatan adfly saya bertambah.

Nah, sekarang saatnya kita melihat pendapatan dari adfly (catatan : saya hanya menampilkan data terkait berapa banyak pengunjung yang melakukan klik, saya tidak menampilkan nominal uang yang saya dapatkan)

Adfly Reports bulan Mei dan Agustus

Apa yang menarik? Saya mulai menggunakan adfly sejak 27 Mei 2012, satu hal yang saya takutkan adalah saya akan kehilangan pengunjung jika adfly saya terapkan disini. Namun data menunjukkan bahwa itu tidak terjadi, pengunjung tetap mempercayai blog ini dan tidak keberatan dengan penggunaan link adfly dalam inbound maupun outbound link.

94 pengunjung melakukan klik kepada link adfly (laporan adfly Agustus) dari total 1001 pengunjung (data Google Analytics). Dari data ini, tercetus ide apakah jumlah pengunjung berkategori “new visitors” berpengaruh pada pendapatan dengan “text-link-ads”?, dimana saya sendiri sampai saat ini tidak berencana untuk membangun sebuah email list.

Bagaimana cara membuktikannya? Mari kita tunggu laporan bulan depan. Berapa banyak traffic yang akan didapatkan dan berapa pengunjung yang akan meng-klik link adfly di sini. Tunggu ya

Siap Mencari Uang Dari Blog?

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa di-share ya, jadi manfaatnya bisa dirasakan juga oleh teman lainnya. Atau jika ada pendapat dan komentar, silahkan tinggalkan di kolom yang tersedia 🙂

20 Comments

  1. Syaiful September 2, 2012
    • Okto September 2, 2012
  2. Fakry Naras Wahidi September 2, 2012
    • Okto September 2, 2012
  3. Leo Ari Wibowo September 3, 2012
    • Okto September 4, 2012
  4. Muflich Kamil September 6, 2012
    • Okto September 6, 2012
  5. Nindya Eka Sularso September 7, 2012
    • Okto September 7, 2012
  6. Yusron Krista September 9, 2012
    • Okto September 10, 2012
  7. heru triyanda September 28, 2012
    • Okto September 30, 2012
  8. ZOPRAN MOBILE BLOG November 9, 2012
    • Okto November 10, 2012
  9. syakir September 14, 2013
    • Okto September 15, 2013
  10. akbar Oktober 11, 2014
  11. hyden Oktober 21, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+