Memulai Usaha Servis AC


Memulai usaha servis AC mungkin sedang dalam pemikiran beberapa pembaca atau bahkan sudah dilakukan saat ini. Terlepas apakah baru mulai atau sedang dijalankan, saat mengelola usaha servis AC sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting ini.

Mengevaluasi Perkembangan Usaha AC

Sama halnya dengan sebuah usaha secara umum maka sebuah usaha yang berkembang memenuhi kriteria berikut ini:

  • Menunjukkan pertumbuhan penghasilan dari tahun ke tahun
  • Mendapat reputasi positif di mata konsumen di pasaran
  • Membuat rencana pro aktif di masa mendatang
  • Memiliki sumber daya untuk mengakomodir usaha saat ini dan peningkatan usaha di masa mendatang

Untuk memastikan usaha servis AC memenuhi kriteria tersebut harus dipastikan fokus tepat pada sasarannya. Beberapa pengambilan keputusan usaha yang tepat akan berdampak positif pada pertumbuhan usaha dan penambahan pemasukan.

Tawarkan Opsi Beragam

Dalam industri servis AC tidak ada namanya obat seribu penyakit. Dalam situasi tertentu, konsumen mungkin cocok dengan ukuran AC tertentu. Konsumen itu tentu akan mengambil manfaat dengan jenis AC penawaran yang sesuai kebutuhan.

Sudah selayaknya ditawarkan beragam pilihan AC untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda juga. Satu hal yang akan membatasi kesuksesan usaha servis AC adalah memaksakan satu jenis AC untuk semua jenis konsumen.

Bekerjasama Dengan Teknisi Handal

Sebuah usaha yang ingin sukses harus bertindak sukses juga. Ini berarti saat menerapkan cara memulai usaha servis AC perlu dipikirkan tenaga dukungan teknisi yang handal juga. Dalam konteks usaha servis AC, teknisi handal berarti:

  • Mampu memberi kepuasan pada pelanggan
  • Memiliki sertifikasi yang cukup untuk memperbaiki, memasang dan merawat unit AC yang dibutuhkan
  • Memiliki keahlian dalam menggunakan peralatan yang diperlukan
  • Memahami cara menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan menjaga “senyum” pelanggan

Jika terdengar mudah mendapatkan teknisi ahli maka Anda tertipu. Akan membutuhkan proses rekrutmen yang cukup panjang untuk menemukan teknisi yang terbaik untuk mendukung kesuksesan usaha servis AC Anda. Sebuah insentif tentu akan memperbesar peluang Anda menemukan teknisi handal yang mau bekerjasama.

Menawarkan Layanan Premium

Jika pesaing Anda menawarkan layanan 24 jam dengan jasa perbaikan di tempat konsumen maka usaha servis AC Anda harus kompetitif.

Menjadi usaha yang sukses berarti menawarkan konsumen layanan yang premium bahkan lebih dibandingkan pesaing.

Jika tujuan usaha Anda menjalankan usaha adalah kesuksesan maka fokus sebaiknya pada layanan konsumen yang profesional dan premium.

Menerima Semua Tawaran

Dalam setiap pasar, reputasi perusahaan sangatlah penting untuk meraih sukses. Perusahaan dengan reputasi untuk mengerjakan tugas tertentu saja tidak akan mendapatkan sebuah proyek besar yang ditunggu-tunggu.

Sebuah usaha yang mengusung motto “tidak ada pekerjaan yang terlalu besar ataupun terlalu kecil” akan memiliki jadwal usaha yang sibuk dan karyawan yang penuh kerjaan.

Dalam usaha servis AC selalu ada pekerjaan baru. Pekerjaan bisa beragam mulai dari memasang unit AC baru di sebuah rumah sampai memasang mekanisme pendingin ruangan sebuah gedung hotel. Jika Anda ingin sukses, Anda harus siap dengan semua tawaran pekerjaan yang datang.

Kerja Keras Setiap Hari

Pemilik usaha servis AC memahami jika setiap kebutuhan konsumen penting untuk kesuksesan usaha. Sebuah proyek pemasangan AC gedung bertingkat sama pentingnya dengan pesanan memasang 1 unit AC di sebuah rumah tinggal.

Sebuah usaha sukses perlu menetapkan ekspektasi tinggi kemudian memberikan hasil kerja melebihi ekspektasi itu.

Saat Anda mengawali cara memulai usaha servis AC, Anda perlu paham banyak lebih dari sekedar teknologinya.

Ada banyak tahapan menjalankan bisnis yang sukses lebih dari sekedar menjual unit AC. Sukses akan didapatkan dari bagaimana Anda menjual unit AC, bagaimana Anda memperlakukan konsumen, dan bagaimana layanan purna jualnya.

Jika sukses menjadi target usaha servis AC Anda maka Anda harus bekerja keras setiap hari sehingga setiap konsumen merasa dirinya penting saat berinteraksi dengan usaha Anda.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+