Memperkuat Desain dan Kemasan Merek untuk Daya Saing Global


Desain dan kemasan merek itu sangatlah penting untuk konsumen. Kementrian Perindustrian ( Kementerian) pada hari Kamis  (30/11/2017), melalui Dirjen IKM nya yaitu Gati Wibawaningsih memberikan keterangan resmi bahwa Kemenperin memberikan bantuan  kepada industri kecil dan Menengah  (IKM) berupa bantuan untuk mendesain kemasan dan merk, dengan harapan untuk lebih meningkatkan mutu ataupun kualitas kemasan produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) menjadi lebih baik, ditinjau dari berbagai aspek, baik dari aspek bahan kemasan, desain logo atau merk produk, segel dan labelling, hingga pengurusan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dengan dikeluarkannya kebijakan tersebut maka diharapkan dapat menumbuhkan daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Indonesia agar mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka menghadapi persaingan perdagangan global.

Bantuan pembuatan desain kemasan dan merk industri ini merupakan salah satu program di bawah binaan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian melalui Klinik Pengembangan Desain Kemasan dan Merk, fungsinya memberikan bantuan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah (IKM) dalam bidang pembuatan desain kemasan dan merk industri yang di sesuaikan  dengan keinginan para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia dengan mengakomodir simbol – simbol ke khas an daerah masing – masing di sesuaikan dengan jenis produk yang dihasilkan.

Dengan bantuan fasilitas tersebut kepada para pelaku industri kecil dan menengah di Indonesia di harapkan dapat menjadi pancingan buat pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah lainnya untuk berlomba – lomba meningkatkan daya saingnya melalui peningkatan mutu dan kualitas kemasan yang lebih bagus dan modern.

Hingga saat ini bantuan fasilitas tersebut sudah di berikan kepada lima komoditas, yaitu : komoditas pangan, komoditas sandang, komoditas kimia dan bahan bangunan, komoditas logam , dan terakhir komoditas kerajinan.

Desain dan Kemasan Yang Baik Meningkatkan Nilai Jual Produk

Pemerintah me yakini bahwa dengan pemberian merk dagang pada setiap produk yang dihasilkan akan meningkatkan nilai jual produk tersebut di pasaran ke timbang menjual produk tanpa merk. Contoh nya : selama ini para pengusaha Singapura membeli produk – produk dari indonesia dengan harga sangat murah, produk – produk dari indonesia tersebut contoh nya seperti : benang, kain, dll kemudian sampai di Singapura di beri label dengan merek mereka sendiri kemudian menjual nya kembali dengan harga tiga kali lipat dari harga yang mereka beli dari industri kecil dan menengah di Indonesia.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+