5 Langkah Membuka Blogspot Yang di Kunci oleh Google

Membuka blogspot yang dikunci oleh google ini akan bermanfaat sekali untuk blogger nubie yang stress karena blognya tidak bisa dibuka. Tidak bisa dipungkiri kemudahan membuat blog gratis blogger menyebabkan menjamurnya blog-blog gratisan baru di internet. Tidak sedikit blog gratisan itu memuat konten spam atau konten yang melanggar aturan Google.

Kenapa sih harus google?

Blogger.com merupakan sekian dari banyak produk Google. Dan bukan rahasia lagi jika sebuah blogspot bisa dihapus oleh Google untuk alasan yang sulit dipahami pemilik blog.

Sebuah blog akan dikunci karena dianggap melanggar term of reference/TOS Google. Jika sebuah blog dikunci maka diberikan waktu 90 hari untuk pemilik melakukan banding atas keputusan google. Namun faktanya, kebanyakan blogspot yang sudah terkunci akan dihapus pada akhirnya.

Banyak blogger jujur menjadi korban dari kondisi ini. Seseorang melaporkan blogspot-blogspot kepada Google melalui Navbar yang ada di setiap blogspot. Mekanisme blogger tidak memiliki system “pemeriksaan” atas setiap laporan. Jadi setiap ada laporan blogspot yang dilaporkan akan bertstatus di kunci.

Yang bisa pemilik blog lakukan adalah menunggu. Setidaknya itulah yang diketahui banyak blogger. Belum banyak yang tahu cara membuka blogspot yang di kunci oleh Google.

Jika kesabaran sudah habis dan rasa panik makin tinggi, apalagi jika back up blog yang terkunci itu belum sempat dibuat, inilah solusi untuk membuka blogspot yang di kunci oleh Google.

Misalkan URL blog itu Semsung.blogspot.com dan kondisinya terkunci. Langkah pertama, jangan panik. Blog itu belum dihapus. Namun pemilik blog hanya bisa menunggu sampai blog itu diperiksa dan statusnya diperbaiki oleh tim pemeriksa Google. Tapi sampai kapan proses pemeriksaan ini?

Ikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk ke draft.blogger.com, buat blog baru (Tenang dulu, kamu punya akses ke akun blogger meskipun terkunci). Misalkan untuk blog baru URLnya somsing.blogspot.com.
  2. Lalu, masuk ke “Setting” blog baru dan dari kolom “Blog Tools”, klik “Import Blog”. Kamu bisa import semua komentar blog dan artikel blog dari semsung.blogspot.com yang terkunci ke URL blog somsing.blogspot.com
  3. Kemudian, masuk ke Setting blog yang terkunci (semsung.blogspot.com) dan dibagian “Publishing” beri alamat blogspot baru apapun kecuali dua nama sebelumnya yang terpakai. Bisa saja semsung-baru.blogspot.com
  4. Lalu kembali ke Setting somsing.blogspot.com dan dibagian Publishing, ubah alamat blogspot menjadi semsung.blogspot.com
  5. Selesai, blogspot yang di kunci sudah bisa di buka. Kamu sekarang bisa posting, edit, menghapus sebagaimana biasanya.

Blogspot bisa terkunci karena sistem blogger pada waktu mengunci melihat ID blog bukan URL blog. ID blog merupakan angka unik yang diberikan pada semua blog untuk identifikasi sistem blogger. ID blog bisa terlihat saat kamu ada di panel kendali blog. Misalkan http://blogger.com/cara-membuat-blog.g?blogID=172yr56sjsdfjXXXX

Yang kamu perlukan URL blognya bukan? Jadi membuka blogspot yang terkunci bukanlah mustahil.

Membuka Blogspot yang Dikunci Oleh Google

Perlu diingat jika informasi membuka blogspot yang di kunci oleh google ini bukan untuk mempromosikan konten berbahaya atau konten spam di blog. Informasi ini dibagikan untuk membantu blogger jujur yang mengalami masalah ini dan hampir putus asa.

Proses pemeriksaan oleh google akan memakan waktu lama karena jumlah blogspot yang bermasalah cukup banya. Sebagai antisipasi, sebaiknya selalu backup data blog kamu di sebuah URL dummy.

Baca juga: cara membuat blog wordpress self hosted

2 Comments

  1. Amdnai Mei 16, 2017
  2. Emusekai ROM Mei 16, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+