Cara Mudah Membuat Sitemap Yang SEO Friendly

Apa itu Sitemap ?

Sitemap atau yang lebih umum biasanya disebut “ daftar isi blog ” adalah daftar semua konten blog yang dikelompokkan oleh tag. Jadi semua artikel di blog anda akan muncul dalam daftar isi. Oleh karena blogspot tidak menyediakan peta situs maka anda harus melakukannya secara manual dengan memasukkan kode html pada halaman blog anda.

Apa manfaat membuat sitemap ?

Ibarat seperti beribu buku untuk memudahkan pembaca atau pengunjung mencari artikel blog yang sesuai dengan keinginan mereka. Kegunaan lain dari sitemap adalah juga untuk melengkapi sebuah blog jika ingin mendaftar ke Google Adsense dimana peta situs merupakan salah satu syarat untuk diterima oleh pihak Adsense. Jadi tidak lengkap sebuah blog jika tidak ada daftar isinya.

Langkah-langkah membuat sitemap ?

Sebelum sitemap dibuat pastikan anda memiliki beberapa artikel yang telah diberikan label. Setidaknya satu artikel dengan satu label misalnya bisa dilabelkan sebagai “ Blog ”. Terdapat juga artikel yang diberikan lebih dari satu label namun sebaiknya tidak dilakukan itu. Mengapa ? karena artikel yang memiliki lebih dari satu label kelihatan kacau dan bercampur aduk serta akan dinilai sebagai blog yang kacau alias kurang berkualitas di mata Google.

Berikut adalah cara untuk membuat peta situs :

  1. Pastikan telah login di akun blogger anda
  2. Lihat menu bagian kiri
  3. Pilih halaman
  4. Kemudian pilih halaman baru

  1. Isikan judul halaman dengan peta situs atau sitemap
  2. Pilih HTML mode

  1. Masukkan semua kode html di bawah ini

<script style=”text/javascript” src=”https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js”>

  1. Silahkan ganti URL http://alamatblogkamu.com dengan URL blog anda.
  2. Kemudian pada sisi sebelah kanan klik “ Pilihan ” lalu pilih “ Jangan Bolehkan / don’t allow ” agar pengunjung blog tidak mengomentari sitemap anda.
  3. Kemudian tinggal klik publikasikan.

Mengapa tampilan sitemapnya terlihat berbeda dari blog lain ?

Setiap blog tidak selamanya tampilan sitemapnya sama. Tergantung pada kode html yang dipasang di halaman. Banyak kode yang tersebar di mesin pencarian, anda tinggal memilih dan memodifikasi tampilanya ( hanya sitemap tertentu ) serta bisa didapatkan secara gratis.

Haruskah membuat sitemap ?

Kalau ditanya harus atau tidak sebenarnya tidak diharuskan alias tidak diwajibkan bagi seorang blogger membuat sitemap di blognya. Namun, jika blog anda digunakan untuk tujuan bisnis atau didaftar ke Google Adsense maka sitemap harus dibuat. Mengapa ? karena blog yang memiliki sitemap akan dievaluasi sebagai blog yang memprioritas kenyamanan pengunjung yang datang berkunjung ke blog anda.

Manfaat peta situs dalam sebuah blog ?

  • Manfaat utama dari keberadaan peta situs itu sendiri adalah memfasilitasi pengunjung untuk mencari artikel
  • Menyederhanakan sebuah blog dan membuat pengunjung nyaman membaca artikel dari blog anda.
  • Blog akan terlihat profesional. Coba anda kunjungi blog-blog milik blogger sukses yang terkenal pasti ada sitemapnya.
  • Konten blog akan terindex lebih cepat di search engine terutama G Menurut kebanyakan Internet Marketing blog akan terindex lebih cepat jika ada sitemapnya karena pengaturan isi blog secara otomatis lebih terstruktur dan rapi.
  • Sitemap adalah salah satu syarat untuk diterimanya oleh Google A Walaupun tidak ada informasi yang akurat mengenai kepentingan peta situs sebagai syarat utama agar diterima Adsense namun terdapat informasi dari Google mengatakan bahawa “ navigasi sulit untuk situs ” disini jelas menunjukkan pentingnya peta situs terhadap suatu blog.

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting

Sama seperti buku coba bayangkan jika buku dengan ratusan halaman ditambah lagi dengan isi yang padat tanpa daftar isi pasti sangat memusingkan kepala. Dengan peta situs, pengunjung tidak perlu untuk membuka satu per satu artikel. Pengunjung bisa langsung memilih artikel yang diminati berdasarkan sitemap dan bebas melihat semua konten blog dengan hanya membuka halaman sitemap. Dengan adanya sitemap atau peta situs ini sudah bisa mengeksplor semua isi blog tersebut. Sekian saja informasi mengenai Cara Mudah Membuat Sitemap SEO Friendly semoga bermanfaat untuk semua. (Oleh kontributor)

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+