Membuat Proposal Usaha Nasi Goreng

Membuat Proposal Usaha Nasi Goreng

Membuat proposal usaha nasi goring merupakan langkah penting saat ingin berwiraswasta berjualan nasi goreng. Proposal ini akan membantu Anda (dan rekan usaha jika ada) belajar akan pasar, dan memudahkan Anda untuk memikirkan produk dan tujuan usaha.

Jadi apa pertanyaan penting yang harus dijabarkan dalam sebuah proposal usaha nasi goreng?

  • Apa yang ingin Anda jual
  • Siapa yang akan jadi pembeli
  • Bagaimana usaha nasi goreng Anda akan membantu orang lain
  • Berapa harga nasi goreng buatan Anda
  • Bagaimana cara pembayarannya
  • Apakah ada cara lain untuk menghasilkan uang lainnya
  • Bagaimana konsumen bisa mempelajari nasi goreng Anda
  • Bagaimana Anda menciptakan pelanggan
  • Bagaimana Anda mengukur sukses usaha nasi goreng itu?
  • Apakah perhatian khusus yang Anda berikan
  • Apakah solusi atas perhatian khusus itu?

Anatomi Proposal Usaha Nasi Goreng yang Mudah

Saat ingin membuat proposal usaha nasi goreng cobalah untuk membuat perencanaan setidaknya untuk 3 sampai 5 tahun kedepan dan jabarkan jalur untuk usaha nasi goreng Anda menumbuhkan pendapatannya. Untuk memudahkan setidaknya ada anatomi proposal usaha nasi goreng yang dapat diikuti seperti misalnya

Ringkasan eksekutif yang berisi ringkasan dari proposal usaha nasi goreng secara keseluruhan dan menyebutkan profil dan tujuan usaha/

Deskripsi usaha nasi goreng yang berisi informasi akan apa yang Anda lakukan, apa yang membedakan Anda dari usaha nasi goreng lainnya, dan target pasar usaha nasi goreng Anda.

Analisa pasar yang berisikan hasil riset Anda akan industri usaha ini, kondisi pasarnya dan tingkat persaingan yang ada.

Manajemen dan organisasi yang berisi struktur usaha nasi goreng Anda. Jabarkanlah struktur terbaik organisasi usaha dan bagaimana mekanisme manajemen yang Anda terapkan.

Layanan atau lini produk yang berisikan informasi apa yang Anda jual, apa keuntungan konsumen membeli nasi goreng Anda, dan daya tahan produk usaha Anda

Penjualan dan pemasaran berisi informasi strategi pemasaran usaha nasi goreng Anda. Strategi pemasaran apa yang ingin Anda gunakan untuk memasarkannya/

Permintaan pembiayaan. Jika Anda mencari pembiayaan untuk usaha nasi goreng Anda maka perlu disediakan informasi yang jelas akan kebutuhan dana usaha Anda untuk apa dan bagaimana Anda akan mengembalikan dana pinjaman tersebut.

Proyeksi finansial berisikan informasi perkiraan performa keuangan usaha. Jika Anda ingin mendapatkan pembiayaan dari pihak lain atas usaha Anda maka proyeksi finansial sangatlah penting untuk mendukung keputusan Anda dihadapan calon investor.

Tambahan. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan tambahan berupa ijin-ijin yang sudah didapatkan atau informasi sewa menyewa yang sudah Anda lakukan.

Masalah Umum Saat Membuat Proposal Usaha Nasi Goreng

Tahukah Anda kenapa hanya 15% usaha nasi goreng yang mendapat suntikan dana dari investor? Fakta menunjukkan bahwa banyak pengusaha hanya mengejar modal. Di sisi lain, kebanyakan investor menjelaskan bahwa alasan sesungguhnya adalah sedikitnya proposal usaha yang berkualitas

Tanpa diragukan lagi, Anda dan kebanyakan pemilik modal lain tentu akan melihat sebuah proposal usaha nasi goreng dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Banyak pemilik usaha melakukan kesalahan dengan tidak memahami bahwa kebanyakan investor akan melihat nilai dari usaha nasi goreng secara relatif berdasarkan tawaran lain yang dilihat investor itu bukan dari usaha sejenis lainnya yang dibandingkan.

Anda perlu memahami bahwa mendapatkan bantuan dana bukan sekedar menjual “diri” Anda ataupun usaha Anda untuk mendapatkan modal. Sesungguhnya upaya ini adalah sebuah kontes dengan usaha baru lainnya untuk mendapatkan minat investor. Pemilik usaha yang berhasil meningkatkan performa keuangannya paham akan poin penting ini, dan fokus mempromosikan usaha menggunakan informasi ini.

Anggap saja Anda punya bukti bahwa ada peluang pasar untuk produk atau jasa usaha Anda, apakah ada faktor lain yang harus diperhatikan saat menyampaikan ide atau usaha baru kepada investor potensial?

Jika Anda ingin mendapatkan sokongan finansial saat membuat proposal usaha nasi goreng, berikut ini beberapa hal penting yang wajib dipahami lebih lanjut.

  1. Membuat proposal usaha nasi goreng Anda dilihat. Sudah menjadi rahasia umum jika seorang investor mungkin saja menerima 600 proposal setahun atau sebanyak 50 proposal usaha selama satu bulan. Kesemua proposal itu perlu dievaluasi sambil investor melihat peluang lain, menjalani berbagai pertemuan, merekrut dan sebagainya. Jika seorang investor usaha memiliki rutinitas standar itu, mayoritas investor hanya memiliki sedikit waktu untuk melihat sebuah proposal usaha dengan teliti. Itu sebabnya sebuah proposal usaha yang direkomendasikan oleh seseorang yang punya hubungan dengan investor, misalkan pimpinan usaha, atau pengusaha lain, atau bahkan investor lainnya akan memberi perhatian lebih untuk proposal usaha nasi goreng Anda. Pada akhirnya proposal usaha Anda akan lebih diperhatikan;
  2. Manajemen yang tepat. Jika usaha Anda tidak memiliki atau menarik minat tim manajemen yang tepat, Anda tidak akan pernah memaksimalkan potensi usaha Anda. Investor ingin melihat keyakinan tim manajemen Anda dalam melaksanakan proposal, mengatur perubahan atau mengambil keputusan sulit untuk menjamin keberlanjutan usaha. Anda harus mampu menarik minat orang-orang yang esensial untuk mearih kesejahteraan jangka panjang untuk usaha yang dijalankan.
  3. Mengatur keuntungan kompetitif yang sesuai. Cukup banyak pengusaha baru yang melawan persaingan secara langsung dengan membandingkan usaha baru lainnya tanpa melihat usaha yang sudah mapan di sektor itu. Organisasi usaha yang sudah mapan akan memiliki uang tunai, hak paten, unit riset dan pengembangan, jaringan distribusi dan hubungan untuk mengatasi usaha baru yang tidak siap. Pemilik usaha kecil perlu menghadirkan pertahanan dan memiliki sudut persaingan dalam proposal usaha nasi gorengnya.
  4. Mentargetan penjualan produk atau jasa secara pasrah. Jika usaha Anda tidak mendapatkan pelanggan, sudah pasti bisnis Anda akan runtuh. Pertanyaan untuk proposal usaha Anda harus fokus pada cara menciptakan penjualan. Untuk membuat proposal usaha yang menjanjikan, Anda bisa melakukan dua hal ini; membandingkan kondisi keuangan usaha Anda dengan jenis usaha publik lainnya (informasi statistik yang mudah diakses), atau membandingkan kebijakan harga dengan mendemonstrasikan berapa besar kemungkinan konsumen potensial akan membayar. Anda harus memastikan bahwa Anda sudah berbicara langsung, dan mengenali dengan baik kebutuhan konsumen.
  5. Beri alasan logis investor untuk mendukung Anda. Jangan berhenti mengembangkan usaha saat Anda sudah mendapatkan investor. Tumbuhnya penjualan akan memvalidasi proposal usaha Anda dan meningkatkan kepercayaan. Jika perusahaan Anda mampu meraih pertumbuhan wajar dan berbagai hal positif terjadi selama proses pendanaan, maka Anda akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan pendanaan yang dicari untuk usaha nasi goreng Anda.
  6. Menjabarkan personil yang dibutuhkan organisasi usaha Anda. Jika ada orang kredibel yang bergabung dengan organisasi usaha Anda setelah menerima pendanaan maka hal itu merupakan bonus. Jika Anda tidak dapat menunjukkan bahwa tim yang tepat tertarik bergabung, kemungkinan investor akan ragu akan nilai usaha itu dan akan mundur memberikan dukungan dana. Sudah menjadi tugas Anda meyakinkan investo potensial dengan membentuk tim yang mampu menjalankan rencana dalam proposal usaha.
  7. Ringkasan eksekutif proposal usaha nasi goreng. Bagian ini sangatlah penting karena kesempatan emas untuk memukau investor potensial. Hanya sedikit orang (mungkin hanya Anda) yang akan membaca keseluruhan proposal usaha. Lain halnya dengan ringkasan eksekutif. Semua orang akan melihat ringkasan eksekutif. Bagian ini harus menjadi dokumentasi penjualan usaha Anda, dan bagian lain dari proposal usaha menjadi materi pendukungnya. Membuat proposal usaha nasi goreng yang terlalu panjang mungkin malah menunjukkan bahwa Anda menghabiskan terlalu banyak waktu evaluasi dan kurang dalam eksekusi rencana.
  8. Menemukan investor yang sempurna. Anda harus mengetahui investor Anda. Pahamilah jenis usaha yang dicari investor kemudian pastikan apakah tawaran Anda cocok untuk itu. Misalkan janganlah kirim proposal usaha nasi goreng kepada investor yang hanya berminat pada sektor yang belum pasti, yang tidak berkaitan erat dengan inti usaha Anda.
  9. Kenali pengambil keputusan. Mendapatkan persetujuan dari satu orang belum tentu mendatangkan kesepakatan investasi. Seorang investor memiliki mekanisme untuk persetujuan finalnya. Apapun kondisinya, Anda perlu pahami siapa pengambil keputusan investasi itu.
  10. Lokasi sangatlah penting. Karakteristik usaha kecil adalah banyaknya sistem yang harus dibangun. Kebanyakan investor ingin terlibat secara aktif dengan Anda dan organisasi Anda tidak akan memiliki waktu bepergian. Alhasil pertimbangkanlah lokasi investor Anda. Memilih investor lokal merupakan ide baik sebelum meluaskan jaringan usaha Anda.

Siap Membuat Proposal Usaha Nasi Goreng?

Itulah panduan membuat proposal usaha nasi goreng yang bisa disampaikan. Kini tugas Anda untuk membuat sebuah proposalnya. Ingatlah bahwa investor tidak memiliki banyak waktu, sehingga pastikan proposal Anda singkat dan padat. Jangan anggap remeh bagian ringkasan eksekutif karena bagian ini bisa menjadi jalan pintas Anda mendapatkan investor yang Anda idam-idamkan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+