Membesarkan Bisnis Batu Bata Ekspose


Bisnis batu bata ekspose atau batu bata hias lainnya dapat dikatakan sedang tren sekarang ini. Apalagi setelah ulasan tentang berbagai desain rumah dan arsitektur semakin populer juga di televisi. Citra akan kesejukan dan natural rupanya menjadi latar belakang konsumen yang menyukai pemakaian batu bata ekspose untuk desain bangunannya.

Peluang bisnis ini yang dilihat oleh Muhammad Ilham, berusia 32 tahun. Di usia yang belia ia memberanikan diri untuk berbisnis produksi batu bata hias ini. Beragam batu bata hias mulai dari ekspose, temple, sampai roster (atau lubang angin) diproduksinya. Meskipun masih muda bukan berarti ia tanpa pengalaman. Orang tuanya telah menjalani bisnis batu alam sejak tahun 1993 dengan bendera bisnis PD Batu Alam Setia Jaya.

Modal Awal Bisnis Batu Bata Ekspose

Modal awal bisnis batu bata ini sebesar Rp 10 juta yang didapat dari hasil menabung pribadi. Ia mendirikan perusahaan bernama Omah Bata di tahun 2012. Ia mengatakan jika bisnis batu bata miliknya terpisah dari bisnis batu alam milik orang tuanya. Meskipun demikian ia mengakui ada momen tertentu dimana ia menggunakan aset milik orang tua untuk mendukung usahanya.

Usia Omah Bata sudah hampir 5 tahun dan Ilham mengaku jika bisnisnya sudah mendapatkan banyak klien besar. Beberapa hotel ternama seperti hotel Sultan, Hotel Santika dan Hotel Shangri-La, sampai beberapa perusahaan konstruksi dan properti seperti Wijaya Karya, Adhi Karya dan Tatulia Nusantara Indah sampai beberapa kafe dan restoran merupakan beberapa contoh klien bisnis Omah Bata.

Baca: Industri Gaya Hidup Penggerak Ekonomi Baru

Pangsa pasar Omah Bata cukup tersebar mulai dari Bali, Jawa, Kalimantan, Sumatera sampai Papua. Untuk memenuhi permintaan pasar, Omah Bata mempunyai pabrik dengan kemampuan produksi sampai 3500 potong roster dan 5ribu sampai 10ribu potong bata setiap minggu di Muntilan Jawa Tengah. Ilham menyampaikan jika omset usaha mencapai Rp 250 juta per bulannya. Kini, Omah Bata dalam proses mengembangkan lokasi pabrik dan penambahan SDM. Tidak hanya pabrik, showroom pun direncanakan untuk bertambah.

Baca: Modal Usaha Flanel Rumahan

Kunci Sukses Membesarkan Bisnis Batu Bata Ekspose

Menurut Ilham, kunci sukses bisnis Omah Bata ada pada inovasi yang dilakukan. Tidak hanya dari produk namun juga kepuasan pelanggan sangat diperhatikan. Beberapa inovasi berorientasi pelanggan misalnya layanan kirim contoh produk sesuai kesepakatan.

Fitur layanan konsultasi juga diberikan melalui telepon atau tatap muka untuk memberikan pemahaman mengenai batu bata ekspose ini seperti product knowledge sampai cara pemasangan. Pesanan khusus juga dapat diakomodir oleh Omah Bata sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Di masa mendatang, beberapa rencana sudah disiapkan oleh Omah Bata salah satunya adalah menjadi perusahaan layanan satu atap untuk bata hias. Hal itu diwujudkan dengan dimulai dari proses produksi, penjualan sampai pemasangan. Omah Bata sekarang ini belum mencakup konstruksi atau pemasangannya.

Baca: Tujuan Pemasaran Langsung Rahasia Para Milyuner

Salah satu konsumen Omah Bata, Arif Oktavianto, kontraktor pembangunan Tower bercerita pengalaman bersama Omah Bata. Ia menuturkan jika keunggulan Omah Bata adalah harga kompetitif ditambah pelayanan prima.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+