Melindungi Anak Online Pakai Open DNS

Postingan kali ini akan membahas penggunaan Open DNS pada sistem operasi apapun untuk bantu Anda melakukan sensor atas konten online. Secara sederhana DNS menterjemahkan alamat IP menjadi nama host yang mudah diingat. Untuk contoh, jika Anda mengetikan 216.239.51.99 kedalam web browser Anda akan dibawa ke google.com

Hal pertama adalah Anda perlu mendaftar gratis dan mengunduh aplikasi Open DNS updater. Open DNS akan mendeteksi secara otomatis alamat IP Anda dan mengarahkan Anda untuk membuat nama dan mengunduh aplikasi updater.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 1

Setelah mendaftar, silahkan lihat dashboard. Anda bisa memulai aturan sensor, mengatur setelan admin, dan menambahkan jaringan tambahan. Pada dasarnya dashboard merupakan tempat kendali Open DNS. Jika Anda merasa buntu dan perlu pertanyaan, dashboard juga menyediakan sistem bantuan mencakup informasi dasar penggunaan dan forum pengguna.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 2

Mari lihat cara sensor konten. Dari dashboard bisa klik, setting. Anda akan diberi opsi tingkat sensor mulai dari “none” sampai “high”. Ini merupakan opsi yang bagus untuk sensor beberapa kategori konten. Untuk melihat kategori pada setiap tingkatan sensor klik saja “View” untuk informasi detilnya.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 3

Ini merupakan contoh detil kategori dengan tingkatan sensor “low”. Ini membantu Anda memilih jenis konten yang ingin di blokir.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 4

Inilah daftar semua kategori yang tersedia untuk di blokir melalui Open DNS. Seperti Anda bisa lihat bahwa layanan ini akan bermanfaat untuk melindungi anak online ataupun pengguna lain pada jaringan Anda.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 5

Anda bisa memilih tingkatan sensor dan menambahkan sensor domain ke dalamnya atau menyesuaikan semuanya. Mungkin satu media sosial yang ingin Anda blokir untuk anak adalah mypsace. Di bawah tingkatan sensor Anda akan melihat “manage individual domains”. Inilah tempat Anda mendapatkan informasi detil akan sensor pilihan. Opsinya adalah “jangan blokir” atau “selalu blokir”.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 6

Ketikan saja nama domain untuk memblokir dan klik tombol “add domain”. Anda kemudian dapat memilih hanya blokir domainnya saja atau blokir semua kategori dalam sub domainnya. Ini berarti sekalipun Anda memblokir myspace.com jika Anda tidak memblokir subdimainnya maka anak Anda masih dapat melihat beberapa kontennya. Setiap perubahan setelan akan memakan waktu 3 menit.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 7

Setelah Anda menciptakan semua jenis sensor dan pengguna mencoba untuk melihat situs itu, mereka akan melihat pesan yang menyatakan tujuannya di blokir beserta alasannya.

Melindungi Anak Online Pakai Open DNS 8

Fitur lainnya adalah kemampuan untuk menyesuaikan pesan yang dilihat pengguna. Anda dapa menyesuaikannya dengan menambah logo bisnis atau foto diri sendiri. Jadi jika anak Anda mencoba melihat situs pornografi dan melihat foto ibu bapaknya … mungkin akan memberi efek jera untuk tidak melakukannya lagi.

Siap Beri Perlindungan Online untuk Anak?

Anda bahkan bisa mendapatkan statistik log untuk memberi informasi kunjungan apa saja yang di blokir untuk memperbaiki sensor Anda.

Open DNS merupakan cara yang baik untuk melindungi anak online namun itu bukan semuanya. Entitas binsis tentu dapat memanfaatkannya juga.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+