Makna Penting Membuat Logo Bisnis Sendiri

Banyak orang yang berniat usaha memikirkan logo bisnis yang akan dipakainya. Membuat logo bisnis merupakan langkah awal yang kerap dilakukan pengusaha yang serius. Saking seriusnya, terkadang biaya besar pun digelontorkan untuk membuat sebuah logo bisnis. Dalam proses pembuatan logo bisnis tidak sedikit juga yang mengaitkan ke urusan hoki, feng shui atau keberuntungan.

Dalam bisnis, fengshui diterapkan dalam bentuk alur usaha untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan sekaligus untuk menarik peluang usaha menjadi sukses. Terlepas apakah Anda terbiasa mendengar feng shui atau tidak, tentu Anda paham akan warna. Sebuah warna dapat mempengaruhi perilaku manusia. Ilmu pengetahuan ini digunakan dalam berbagai bidang usaha. Manusia akan merespon warna dalam bentuk yang tidak terduga.

Misalkan merah identik dengan warna stimulasi, membuat orang ingin melakukan sesuatu. Hijau dan Biru lebih tenang dengan banyak energi feng shui. Itu sebabnya menjadi wajar untuk menghindari warna merah dalam desain logo bisnis spa. Bisnis spa membutuhkan image rileks dan tenang.

Tidak sedikit ahli menyarankan pemilik usaha kecil untuk ngebrand bisnis mereka dengan logo dan seperangkat media pemasaran. Meskipun demikian, sedikit yang menjelaskan alasan dibalik nasihat bisnis tadi. Untuk alasan itulah, berikut ini makna penting membuat logo bisnis sendiri:

  • Untuk terlihat lebih besar dan mapan. Kartu nama buatan printer rumahan akan membuat kesan “bisnis kecil-kecilan” didepan klien potensial. Kesan itulah yang akan membuat besaran “kompensasi” klien akan menyesuaikan (kecilnya).
  • Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan modal atau menjual peluang usaha itu. Jika Anda menyajikan seperangkat peluang bisnis yang lengkap termasuk materi promosinya, bisnis Anda semakin lengkap. Bisa saja Anda menjalankan program waralaba.
  • Untuk menarik minat klien lebih banyak. Beberapa klien mencari rekan bisnis yang terpercaya. Penampilan bisa jadi salah satu kriteria klien mencari rekan tersebut sebelum memutuskan pembelian.
  • Untuk ngebrand diri sendiri. Jika Anda seorang konsultan, Anda akan membutuhkan logo untuk membangun citra dan brand. Kedua hal tadi lebih besar dari identitas individual Anda. Pastikan Anda memahami aspek penting brand bisnis ini.
  • Untuk menyampaikan bahwa Anda terpercaya. Sebuah logo bisnis yang didesain dan dicetak secara professional. Kondisi itu sekaligus menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk bisnis dan klien.
  • Untuk memberi klien rasa aman. Anda mungkin baru kemaren sore membuka bisnis. Meskipun demikian, jika Anda menginvestasikan sesuatu pada identitas, Anda akan berkesan aman, stabil dan relevan dimata konsumen. Ini merupakan langkah awal positif untuk membangun kepercayaan jangka panjang.
  • Untuk ingatan sepanjang masa. 40% konsumen mengingat lebih baik apa yang dilihatnya dibanding apa yang didengar atau dibaca. Pastikanlah Anda punya tampilan visual yang relevan dengan bisnis Anda.
  • Untuk menjelaskan nama usaha. Jika nama usaha Anda mengandung kata atau singkatan yang tidak dikenal, sebuah logo bisa mengandung pentunjuk untuk menjelaskan.
  • Untuk membedakan Anda dari kompetisi. Sebuah desain logo dapat memiliki banyak makna dan dapat mengandung kisah perjalanan usaha. Itu sebabnya logo akan membuat usaha Anda beda dengan yang lainnya.
  • Untuk menjadi terdepan di bidangnya. Sebuah usaha yang hadir dengan logo bisnis dan mekanisme identitas ada di tingakatan lebih tinggi dalam persaingan usaha. Khususnya jika dihubungkan dengan upaya marketing.
  • Untuk menyampaikan harapan. Dalam beberapa bidang usaha, logo merupakan ekspektasi. Logo merupakan harapan dari sebuah usaha yang dilakukan.
  • Untuk menunjukkan komitmen. Buatlah logo bisnis untuk kepuasan pribadi sebagai seorang pengusaha.

Paham Makna Penting Membuat Logo Bisnis Sendiri?

Itulah makna penting membuat logo bisnis sendiri. Sebuah logo bisnis yang baik akan menterjemahkan usaha kepada konsumen. Dengan demikian usaha Anda dapat berkembang dengan percaya diri. Jika Anda belum memiliki logo bisnis sendiri pertimbangkanlah untuk membuat sebuah logo. Ingin coba? Silahkan lihat betapa mudahnya membuat logo bisnis sendiri.

3 Comments

  1. Roger S smith September 27, 2016
  2. Hawa Hassan September 28, 2016
  3. Mochamad Kusdinar Oktober 1, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+