Makan Sebelum Fitness Baik Gak Sih?


Makan sebelum fitness kerap dilakukan banyak orang karena salah kaprah. Ini dikarenakan tidak banyak yang tahu kalau makanan yang baru dikonsumsi setidaknya butuh 4 sampai 3 jam untuk diproses oleh lambung menjadi zat nutrisi yang siap dicerna. Jadi waktu terbaik untuk makan sebelum kamu fitness adalah 3 sampai 4 jam sebelumnya. Apalagi jika tujuan kamu fitness adalah untuk mengurangi lemak pada tubuh maka mengatur waktu makan ini sebelum fitness sangatlah penting.

Jika kamu makan sebelum fitness, makanan itu tidak bisa segera diserap dan energi yang dibutuhkan tubuh untuk fitness akan berasal dari gula makanan yang baru saja dimakan. Alhasil, lemak tubuh akan tetap tersimpan. Inilah salah kaprah yang menyebabkan banyak orang patah semangat melakukan fitness.

Rentang waktu makan dan waktu pelaksanaan fitness sebaiknya terjaga. Selain untuk memaksimalkan pengurangan lemak tubuh, fitness dengan kondisi perut kenyang juga akan membuat kurangnya kenyamanan saat berolahraga.

Jika kamu sedang getol menjalani program pengurangan lemak tubuh, makan sesaat sebelum fitness akan mengurangi kemampuan tubuh membakar lemak yang tersimpan.

Makan Sebelum Fitness Buat Tubuh Serap Gula

Saat kamu fitness, tubuh akan membutuhkan cadangan tenaga dengan membakar lemak yang ada untuk sumber tenaga yang diperlukan. Namun jika kamu makan sesaat sebelum fitness, sumber tenaga tadi akan didapatkan dari kandungan gula makanan yang baru dikonsumsi. Jika sudah begitu, lemak tubuh akan tetap tersimpan ditambah lemak dari makanan yang baru kamu konsumsi untuk cadangan tenaga.

Itu sebabnya jika kamu makan sebelum fitness dengan waktu yang salah kamu akan merasa lemas. Ini karena gula menjadi sumber energi yang dibutuhkan untuk fitness. Dengan dipakainya gula itu, tubuh akan kekurangan kadar gula.

Saat kamu sudah letih dan beristirahat, tubuh baru membakar lemak untuk energi sehingga tubuh bekerja dua kali dalam membakar lemak.

Itu sebabnya dianjurkan jika kamu sebaiknya fitness 3 sampai 4 jam setelah makan. Selain makan, nutrisi makanan juga perlu diperhatikan. Untuk hasil maksimal membakar lemak saat fitness, pilihlah makanan rendah lemak dan makanan yang cepat dicerna tubuh.

Makanan Sebelum Fitness dan Setelah Fitness Untuk Hasil Maksimal

Makan setelah fitness juga sama pentingnya karena tubuh akan membutuhkan energi baru untuk terus beraktivitas. Agar lemak tidak bertumpuk, perhatikanlah asupan makanan setelah usai fitness. Pilihan makanan kaya serat dan rendah lemak sangatlah bagus. Untuk suplemen makanan kamu bisa memilih casein (untuk waktu fitness malam hari), whey protein, atau glutamine. Nutrisi tadi akan bermanfaat untuk memaksimalkan hasil fitness selain asupan makanan lainnya. Nah, sekarang kamu sudah jauh lebih ahli dalam menyikapi makan sebelum fitness dan asupan makanan setelah fitness. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+