Macam Macam Ekspansi Pengusaha Sukses Paham Betul


Macam macam ekspansi bisnis akan lebih mudah dipahami setelah mengerti makna dari ekspansi bisnis itu sendiri. Seperti diketahui bahwa aktivitas utama sebuah pengusaha adalah berbisnis. Itu sebabnya penting bagi pelaku usaha memahami bentuk bentuk ekspansi dalam bisnis ini.

Pengertian Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis memiliki pengertian sebagai sebuah strategi bisnis dimana pertumbuhan didapatkan dengan meningkatkan kemampuan entitas bisnis dalam menjangkau konsumen untuk membeli barang atau jasa.

Berbeda dengan relokasi, ekspansi bisnis akan membutuhkan pembukaan lokasi usaha baru yang tempatnya berbeda dengan mempertahankan lokasi usaha saat ini.

Contoh Ekspansi Bisnis

Contoh ekspansi bisnis termudah adalah langkah Lion Air pada pertengahan Oktober 2017 yang menambah rute-rute penerbangan baru baik rute domestik maupun rute internasional.

Edward Sirait, Presiden Direktur Lion Air Group menyampaikan jika Lion Air  berencana untuk memesan 1.000 unit pesawat baru. Adapun jumlah armada pesawat yang telah masuk tahap pemesanan sudah mencapai 824 unit pesawat.

Dengan ekspansi bisnis tersebut Lion Air akan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.

Macam Macam Ekspansi Bisnis

Sebagai salah satu aktivitas bisnis, terdapat dua macam ekspansi bisnis yang utama yaitu ekspansi internal dan ekspansi eksternal.

Contoh Ekspansi Internal

Ekspansi internal bisnis mengacu kepada pertumbuhan dalam organisasi dengan menggunakan sumber daya internal. Ekspansi internal bisnis ini fokus kepada pengembangan produk baru, meningkatkan efisiensi, mempekerjakan staf yang tepat, strategi pemasaran yang lebih baik dan sebagainya. Ekspansi internal dapat terlaksana melalui diversifikasi, modernisasi atau ekspansi.

Strategi Ekspansi Internal

Ekspansi

Seperti sudah disinggung dalam pengertian ekspansi bisnis sebelumnya, ekspansi bisnis mengacu kepada peningkatan pangsa pasar, penerimaan keuntungan dan penjualan atas barang atau jasa. Sebuah bisnis dapat melakukan ekspansi melalui pengembangan produk, pengembangan pasar, sampai pengembangan jenis produknya dan seterusnya.

Ekspansi akan mengarah kepada pemanfaatan sumber daya yang lebih baik dan efisiensi dalam menghadapi persaingan. Ekspansi bisnis menyediakan aktivitas ekonomi skala besar.

Macam Macam Ekspansi Bisnis Dilakukan Melalui:

#1 Strategi Penetrasi Pasar

Masuk dalam strategi ini termasuk penjualan produk yang ada ke pangsa pasar yang ada. Untuk melakukan penetrasi dan menangkap pasar, sebuah entitas bisnis mungkin memangkas harga, memperbaiki jaringan distribusi, meningkatkan kegiatan promosi dan sebagainya.

#2 Strategi Pengembangan Pasar

Masuk dalam strategi ini termasuk memasukan produk yang ada ke pangsa pasar baru. Strategi ini bertujuan untuk menggapai segmen konsumen baru atau ekspansi ke wilayah geografi baru.

#3 Strategi Pengembangan Produk

Strategi ini menyangkut pengembangan produk untuk pangsa pasar yang ada ataupun untuk pangsa pasar yang baru. Pengembangan produk berarti membuat modifikasi atas produk yang ada untuk memberikan nilai tambah atas pembelian konsumen.

Diversifikasi

Diversifikasi merupakan bentuk lainnya dari strategi ekspansi internal. Tujuan dari diversifikasi adalah untuk memungkinkan perusahaan memasuki lini bisnis baru yang berbeda dari kegiatan saat ini. Setidaknya ada empat jenis diversifikasi itu sendiri. Apa saja?

a. Diversifikasi Vertikal

Diversifikasi vertical juga dinamakan integrasi vertical. Dalam integrasi vertical, produk atau jasa baru ditambahkan sebagai tambahan atas lini produk saat ini. Tujuan diversifikasi ini adalah untuk memperbaiki perekonomian perusahaan dan kemampuan pemasarannya. Diversifikasi vertikal mencakup:

Integrasi Mundur

Yaitu perusahaan melakukan ekspansi bisnis dengan memundurkan lini bisnis saat ini.

Contoh integrasi mundur: Ketimbang menjadi yang terdepan dalam industri Tekstil, dalam upaya menguatkan posisi bisnisnya, Sutra Abadi melakukan integrasi mundur dengan memproduksi kain serat.

Integrasi Maju

Pada integrasi maju, perusahaan melakukan ekspansi kegiatan dengan menggerakan ke depan lini usahanya.

Contoh integrasi maju ini adalah perusahaan berbasis kesehatan alami Comvit membeli distributornya di Hong Kong, Green Life Ltd. Dengan pembelian itu, Comvit melakukan integrasi maju dengan mendapatkan akses atas karyawan, toko ritel dan bagian promosi Green Life .

b. Diversifikasi Horizontal

Yaitu diversifikasi yang melibatkan penambahan produk paralel kepada lini produk saat ini. Misalkan sebuah perusahaan memproduksi mesin pendingin mungkin juga memproduksi AC. Tujuan dari diversifikasi ini untuk melakukan ekspansi pada pangsa pasar dan memotong kompetisi.

c. Diversifikasi Konsentrik

Adalah ketika perusahaan mendiversikan bisnisnya yang terkait dengan bisnisnya saat ini. Diversifikasi konsentrik merupakan bentuk ekstrim dari diversifikasi horizontal. Misalkan sebuah dealer mobil yang merintis perusahaan finansial untuk membiayai pembelian mobil untuk jualannya.

d. Diversifikasi Konglomerat

Adalah ketika melakukan diversifikasi bisnis kepada aktivitas yang tidak berkaitan dengan bisnis saat ini baik dalam hal teknologi ataupun pemasarannya. Entitas bisnis akan melibatkan area bisnis yang benar-benar baru. Tidak ada kaitan sama sekali antara produk baru dan produk saat ini.

Macam Macam Ekspansi Eksternal

Strategi Ekspansi Ekternal

Kolaborasi Asing

Kolaborasi dapat diartikan kerjasama. Itu berarti datang bersamaan. Kolaborasi merupakan sebuah tindakan kerja berbarengan. Ini merupakan proses dimana dua entitas datang bersama untuk meraih tujuan bersama.

Dengan kemajuan globalisasi, ekspor dan investasi asing akan dilakukan untuk meningkatkan volume perdagangan. Konsep ini memberikan peningkatan aktivitas pada kolaborasi asing untuk mendapatkan keahlian dalam proses manufaktur, mendapat keahlian teknis, dan memasarkan produk ke negara asing.

Baca: Peluang Ekspor Sabut Kelapa

Kolaborasi asing merupakan sebuah kesepakatan antara perusahaan dengan pemerintah domestik suatu negara untuk meraih tujuan bersama. Kolaborasi asing merupakan struktur bisnis yang terbentuk dengan dua atau lebih pihak untuk tujuan spesifik.

Dalam kolaborasi inilah sebuah entitas domestik dan entitas asing bekerja sama. Kolaborasi asing ini akan membantu kesenjangan teknologi, aspek manajerial dan keuangan pada negara berkembang. Kolaborasi ini juga diakui sebagai elemen penting untuk pembangunan sebuah negara dan mengamankan keahlian teknis maupun ilmu pengetahuan.



Apa sih Definisi Kolaborasi Asing?

Berbicara definisi maka kolaborasi asing dapat didefinisikan sebagai kesepakatan antara dua perusahaan dari dua negara berbeda untuk saling membantu, bekerjasama berbagi keuntungan secara umum.

Pahami Macam Macam Ekspansi

Itulah penjelasan singkat akan macam macam ekspansi. Dengan informasi ini tentu saja kamu sudah lebih ahli dalam hal ekspansi binsis disbanding sebelumnya. Untuk menjadi panduan, silahkan bookmark informasi ini ya. Jika bermanfaat jangan lupa untuk di share melalui media sosial favorit kamu.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+