Laptop Tidak Bisa Nyala? Coba Solusi Gratis Ini

Laptop tidak bisa nyala tanpa ada sebab khusus? Tentu sebagai pemilik Anda akan merasa kebingungan kenapa kondisi demikian bisa terjadi.

Kebetulan penulis baru saja mengalami hal ini. Mengingat kebutuhan akan laptop atau komputer sangat tinggi untuk update postingan tentu masalah ini sangat mengganggu.

Kendala ini terjadi pada sebuah laptop Lenovo yang sudah berusia 5 tahun. Pada suatu ketika tombol “switch on” yang biasanya berfungsi normal tiba-tiba tidak mendapat respon sedikitpun.

Sempat terpikir mungkin ini sudah usia puncak laptop ini dan sudah waktunya ganti dengan yang baru. Namun karena tingginya rasa penasaran maka penulis mencoba mencari beberapa solusi yang ada di internet.

Dari hasil pencarian jawaban ini berikut inilah penjelasannya:

Penyebab Laptop Tidak Bisa Menyala

Dari penelusuran informasi internet terkait masalah ini didapatkan bahwa kemungkinan penyebab utama masalah ini adalah “heat” atau panas.

Mengingat penulis sangat awam dalam hal teknis seperti ini tentu tidak banyak pilihan selain meyakini hal tersebut. Lantas apa solusinya?

Alternatif Solusi yang Ada Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala

  • Memiringkan laptop ke posisi 45 derajat sebelum memasukan colokan charger dan menekan tombol “on”.
  • Lepas baterai dan lepas charger laptop. Tekan tombol “on”, tahan sampai 30 detik. Tukar baterai laptop yang baru masukan dan colokan charger. Nyalakan laptop secara normal.
  • Hampir sama dengan cara sebelumnya. Lepas baterai dan charger. Kemudian tekan dan tahan tombol “on“sebanyak 10 kali dengan jeda masing-masing 1 detik. Setelah itu baru tekan tombol “on” dan tahan sampai 30 detik. Pasang kembali baterai dan colokan charger. Nyalakan laptop kembali secara normal.

Atasi Sendiri  Masalah Laptop Tidak Bisa Nyala

Dari ketiga cara tadi apa yang dicoba penulis?

Pada prinsipnya penulis sudah mencoba semuanya. Mulai dari memiringkan posisi laptop, jeda per detik sampai menahan tombol “on” 30 detik dengan baterai dan charger terlepas.

Rasa penasaran selanjutnya adalah soal menahan tombol “on”. Ternyata ada penjelasan akan hal tersebut. Cara itu dimaksudkan untuk menghabiskan kandungan listrik yang mungkin masih tersimpan yang menghambat laptop untuk menyala.

Apakah berhasil? Jawabnya tidak langsung!

Penulis mencoba semuanya secara berurutan. Kemudian setelah itu mendiamkan laptop di dalam tasnya dengan kondisi baterai terlepas selama 24 jam (semalaman). Keesokan harinya alhamdulilah laptop bisa digunakan dengan normal hanya saja baterai sudah tidak terdeteksi meskipun dalam kondisi terpasang.

2 Comments

  1. gojekngepot Juli 12, 2016
    • Okto Juli 12, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+