Kontes Media Sosial: Apa Pentingnya?

Pernahkah Anda mengikuti kuis atau kontes yand diselenggarakan oleh sebuah brand di Facebook atau Instagram? Bagi kita para pengguna internet, kontes-kontes ini sangat menarik untuk diikuti karena kita bisa dapat hadiah. Jika sebuah kontes banyak peminat, itu tandanya pelaku bisnis tersebut telah menjalankan promosi online yang cukup efektif.

Marketing media sosial merupakan ajang promosi secara online yang saat ini sedang naik daun. Dengan budget yang rendah (bahkan gratis), media sosial yang diusung dengan strategi tepat, dapat memasarkan produk Anda dan mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Jika Anda belum memahami apa manfaat menyelenggarakan social media contest, simak penjelasan berikut ini!

Membangun komunitas

Kontes di media sosial sebagai salah satu bentuk marketing sosial media membantu mengumpulkan pengguna internet yang memiliki interest yang sama terhadap sebuah produk. Seseorang bisa saja tidak tahu tentang brand tersebut, tapi saat seorang teman mengikuti kontes tersebut dan membagikan informasi ini lewat akun sosmed mereka sendiri; di situ Anda akan mengetahui dan bahkan mungkin tertarik untuk ikut serta. Inilah yang diharapkan oleh penyelenggara kontes media sosial. Kontes merupakan salah satu teknik jitu dalam marketing media sosial yang sering digunakan untuk menambah follower, atau sekedar mengenalkan produk kepada netizen.

Membangun komunitas memang tidak gampang, namun media sosial membuatnya sedikit lebih mudah karena melibatkan para konsumen langsung. Saat ini, kontes di sosmed cenderung memiliki style yang sama, yakni kontestan diharuskan untuk me-repost, atau me-mention teman-teman mereka.

Reward/insentif bagi follower

Kontes di sosial media diselenggarakan untuk menambah follower. Tapi tentu saja, tidak ada yang gratis di dunia ini. Jika brand Anda ingin di follow siapkan insentif atau hadiah bagi para follower Anda yang setia. Ada banyak cara untuk memberikan insentif mulai dari memberikan produk gratis, potongan harga dan sebagainya apabila Anda Like Facebook-nya atau memenangkan kuisnya di Twitter.

Hadiah-hadiah yang ditawarkan dalam sebuah kontes juga menjadi alasan mengapa netizen mau mem-follow akun Anda.

Mendongkrak awareness

Kontes sosial media dapat mendongkrak awareness. Dari yang ‘tidak tahu’ menjadi ‘tahu’. Meskipun Anda tidak tertarik dengan produk fashion, pada akhirnya, (mau tidak mau), Anda akan tahu karena seorang teman mengikuti sebuah kontes dan membagikan info ini di halaman Home mereka – dan pastinya akan muncul di feed Anda. Memang saat ini, brand tersebut tidak berpengaruh apa-apa, namun ketika ada seorang teman yang bertanya tentang produk fashion, anda akan teringat dengan kontes yang diikuti oleh teman Anda tersebut.

Meningkatkan penjualan

Saat ini, marketing word of mouth atau dari mulut ke mulut lebih dipercaya ketimbang melihatnya langsung dari TV atau majalah. Adanya kontes media sosial memang tidak secara langsung berdampak pada penjualan. Namun dengan bertambahnya follower dan peminat produk, maka potensi untuk menggaet konsumen baru pun akan lebih besar. Terlebih bagi para pemenang kontes yang mungkin dapat mencoba produk secara gratis dan membagikan pengalaman mereka kepada orang-orang disekitar. Selain itu, kontes dapat meningkatkan interaksi yang menarik follower yang tepat untuk me-retweet, share, repost dan sebagainya.

Kontes di sosmed memang menjadi salah satu teknik marketing sosial media yang efektif terlebih untuk bisnis start-up yang ingin membangun brand image dari nol. Dengan strategi pemasaran yang tepat, kontes ini akan berdampak positif dari segi awareness dan penjualan.

2 Comments

  1. ruli September 28, 2015
  2. Novansyah nurfajar Oktober 3, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+