Kontes Desain Maskot Berhadiah 100 Juta untuk Asian Games


Anda punya keahlian desain? Sebaiknya Anda coba lihat persyaratan kontes desain maskot berhadiah 100 juta untuk asian games ini. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan kontes desain maskot untuk perhelatan asian games 2018. Kontes ini cukup lama dinanti oleh para peminat di tanah air mengingat hadiahnya cukup signifikan.

Kontes ini dimaksudkan jntk mencari desain anyar untuk digunakan sebagai simbol asian games 2018 nanti. Sebenarnya sudah ada maskot asian games 2018 bernama drawa dan sudah diperkenalkan pada bulan Desember 2015 namun banyak mendapat kritikan pedas dari khalayak umum.

Melalui sayembara ini, pihak pemerintah akan mencari desain baru untuk dipakai sebagai maskot Asian Games 2018. Maskot baru tersebut nantinya akan menggantikan desain terdahulu, Drawa (akronim dari burung Cendrawasih), yang diperkenalkan pada tanggal 27 Desember 2015 lalu.

Di website Kemenpora dijelaskan proses pembahasan yang menghasilkan keputusan kontes desain maskot tersebut. Telah dilakukan pertemuan dengan berbagai pihak sebelum putusan kontes maskot diumumkan.

Tim penilai kontes maskot akan terdiri dari para tim ahli yang berkompetensi tinggi di bidang industri kreatif yang sudah membentuk persiapan penilaian kontes ini.

Para anggota tim ahli datang dari beragam profesi yang memiliki kompetensi dan keahlian tinggi di bidang ekonomi kreatif, yang selama ini merancang persiapan seleksi dan nantinya juga menjadi tim penilai saat seleksi di Gedung Kemenpora.
Tertarik Ikut Kontes Desain Maskot berhadiah 100 juta ini?

Jika Anda ingin mengikuti kontes desain maskot ini, berikut ini gambaran proses seleksi yang akan dilakukan dalam kontes desain maskot asian games ini:

  • Kontes dapat diikuti baik oleh peserta individu maupun badan usaha
  • Calon pendaftar harus menyampaikan portofolio hasil karya unggulannya minimal 3 hasil karya dan maksimal 10 hasil karya dilengkapi penjelasan desainnya
  • Ada dua proses seleksi yang harus dilalui peserta yaitu pra seleksi dan seleksi desain
  • Tahap pra seleksi dilakukan atas dasar portofolio yang memenuhi syarat panitia. Hanya yang lolos tahap ini akan mendapat petunjuk lebih lanjut akan tatacara seleksi selanjutnya.
  • Tahap seleksi desain, proses penilaian atas dasar proposal maskot yang dikonteskan oleh para peserta yang lolos pra seleksi
  • Mereka yang terpilih sebagai pemenang dengan melewati semua proses akan mendapat hadiah kontes berupa uang tunai 100 juta rupiah.

Tertantang untuk ikut serta? Caranya mudah, Anda bisa segera mengirim semua kelengkapa syarat ke email bekrafAG2018@kemenpora.go.id sebelum batas waktu yang ditetapkan tanggal 31 Maret 2016

Apa Saja Syarat Jadi Peserta Kontes Desain Maskot Berhadiah 100 juta Ini?

  • Terbuka untuk umum (perorangan/badan usaha)
  • Yang dimaksud peserta perorangan yaitu kelompok atau individu sebagai warga negara Indonesia yang dapat dibuktikan melalui kartu identitas sah dan nomor pokok wajib pajak
  • Untuk pendaftar kelompok menetapkan satu orang penanggungjawab
  • Yang dimaksud pendaftar badan usaha yaitu badan usaha yang sah telah terdaftar di Indonesia yang dapat dibuktikan melalui kelengkapan dokumen pajak, tanda daftar perusahaan dan surat ijin usaha
  • Menyampaikan informasi biodata seluruh anggota tim yang akan terlibat (berlaku untuk pendaftar badan usaha ataupun perorangan). Satu anggota tim setidaknya punya 5 tahun pengalaman di pembuatan maskot dan pernah mengerjakan hal serupa di tingkat nasional ataupun internasional.
  • Untuk peserta perorangan menyampaikan juga informasi data pribadi. Data dilengkapi keterangan pengalaman 5 tahun dalam hal perancangan maskot skala nasional atau internasional
  • Menyampakan portofolio hasl karya dengan ketentuan minimal 3 hasil karya serta maksimal 10 hasil karya yang diunggulkan. Portofolio dilengkapi informasi hasil karya masng-masing seperti konsep hasil karya dan tahun publikasinya)
  • Menyampaikan surat pernyataan hasil karya adalah buatan sendiri dan mau bertanggungjawab untuk kebenaran isi surat pernyataan itu.
  • Jika menang, peserta akan menanggung pajak hadiah kontes desain maskot berhadiah 100 juta ini sebagaimana peraturan yang ditetapkan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+