Konsep Digital Marketing Penting untuk Pemilik Usaha


Sebuah konsep digital marketing penting untuk dipahami pemilik usaha di Indonesia sekarang ini. Indonesia merupakan negara dengan penetrasi pengguna ponsel pintar yang mencapai lebih dari 45% pada tahun 2016. Tak terhenti di prosentase itu, durasi penggunaan ponsel pintar di Indonesia mencapai 3 jam setiap harinya. Durasi itu yang masuk sebagai kategori terlama penggunaan smartphone.

Pemasar merek pada era digital marketing ini perlu lebih menitikberatkan beberapa hal utama dalam menyusun sebuah konsep digital marketing yang produktif. Apa saja?

Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna saat membaca atau mengakses sebuah situs dari ponsel pintar sangatlah krusial. Ini berarti, memiliki sebuah properti digital yang support pengunjung mobile sangatlah utama.

Pelaku digital marketing harus cermat dalam memastikan situs-situs miliknya ramah ponsel. Situs itu merupakan sebuah properti digital. Jadi layaknya sebuah properti, wajib dipelihara dan terus diperbaiki kualitasnya. Dalam hal ramah ponsel, situs itu sudah selayaknya cepat loading. Semakin cepat sebuah situs dibuka dari sebuah ponsel maka pengalaman pengguna akan semakin positif.

Sekalipun konten sebuah situs sangat baik, namun jika waktu loading sebuah situs “lambat”, pengguna tidak akan berlama-lama di situs itu. Sebuah riset Google bahkan menunjukkan jika dalam tiga detik sebuah situs tidak cukup responsive memuat sebuah laman, pembaca akan beralih ke situs lainnya.

Bahkan setiap detik yang terbuang untuk menunggu sebuah laman dimuat akan mengurangi peluang terjadinya konversi penjualan sampai 20% besarannya.

Penerimaan Materi Iklan

Harapan akan konsumen untuk melihat materi iklan yang sesuai dengan minat mereka akan semakin besar jika sebuah situs ramah ponsel. Iklan itu masih produktif, hanya saja tidak sembarang iklan ingin dilihat konsumen. Mereka hanya ingin melihat iklan yang sesuai dengan minat mereka. Saat pelaku pemasaran sudah memahami calon konsumen dengan komprehensif, langkah penting selanjutnya adalah menjangkau konsumen dengan konten yang tepat dan waktu yang terbaik.

Di era teknologi digital hal ini semakin mudah dilakukan. Sebuah revolusi dalam bidang pemograman terpusat pada pembelajaran mesin, otomasi kinerja semakin baik dan penggabungan data. Sekalipun terdengar mudah, baru sedikit manfaat yang sukses diterapkan ke tahap perencanaan media dimana fondasi sebuah kampanye iklan terbentuk.

Dalam upaya efisiensi waktu dan meningkatkan kinerja, sebuah kampanye iklan bisa disederhanakan melalui DoubleClik Bid Manajer keluaran Google. Media ini menggunakan pembelajaran mesin dalam melakukan analisa kampanye pemasaran sebelumnya kemudian menyampaikan rekomendasi berbasis dara untuk pemasar sesuai target yang diinginkan.

Kuasai Konsep Digital Marketing

Pergerakan inovasi dan tren dalam konsep digital marketing yang cepat secara konstan merubah lanskap pemasaran. Dengan bermodalkan pemahaman arus perubahan tersebut, strategi berbasis data dan media pengukur yang andal pemasar bisa meraih hasil optimal. Penting bagi pemasar untuk terus beradaptasi dengan tren yang berkembang pesat agar target terus tercapai atau bahkan terlampaui.

 


2 Comments

  1. adi pradana September 4, 2017
    • Okto September 4, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+