Satu Komikus Sukses Indonesia : Annisa Nisfihani


Bukan rahasia jika kerja keras merupakan salah satu resep seseorang sukses dalam bidang apapun. Komik merupakan salah satunya. Komikus sukses Indonesia, Annisa Nisfihani kini tengah menjadi komikus papan atas Indonesia. Komik hasil karyanya sekarang ini dicari banyak penerbit. Tidak hanya penerbit lokal, penerbit asal Jepang pun membeli hak lisensi komiknya seperti Big Slacker Baby dan Notice. Sebuah komik karyanya yang lain, Pre Wedding, telah menang kontes di Webtoon. Selain menang kontes, karyanya yang lain juga dicetak elexmedia dan Re:on.

Annisa Nisfihani merupakan komikus Indonesia kelahiran 9 Maret 1989 asal Samarinda, Kalimantan Timur. Hasil yang diraihnya sekarang bukanlah instan. Ia sudah merintis karir komikus sejak 6 tahun kebelakang.

Keahlian menggambar telah diasah sejak dirinya duduk di bangku SD. Awal karirnya adalah sebagai illustrator amatiran. Dia memperdalam karir illustrator tahun 2010 memanfaatkan pemasaran media social.

Peluang komikus baru datang tahun 2011 dengan menghasilkan karya berjudul Genk Bokek yang diterbitkan elexmedia. Selanjutnya ia menjadi illustrator buku anak maupun novel terbitan Mizan.

Eksistensi Annisa sebagai komikus sukses Indonesia dimulai dengan kesabaran menghadapi banyak penolakan. Dulu proses edit harus melalui pos sehingga sangat ribet ditambah tidak stabilnya jaringan internet dan pasokan listrik.

Banyak kendala tidak membuatnya menyerah malah semakin semangat untuk membuat penerbit melihat karyanya. Ia menggunakan strategi dengan mengumpulkan portofolio untuk menarik minat penerbit.

3 Kunci Utama Menuju Komikus Sukses Indonesia

Kunci utamanya adalah terus belajar dari proses kegagalan, selalu mengupgrade diri di bidang komik, dan disiplin.

Ia selalu perhatikan perkembangan minat pembaca komik, gaya dan hal lainnya yang diterima pasar. Pemilihan target pasar akan bergantung dari tema komik yang dibuat. Mulai dari tema anak-anak, remaja sampai dewasa pernah dibuat Annisa. Namun demikian, mayoritas komiknya diperuntukan untuk pembaca remaja.

Salah satu penggemar komiknya, Nurliana Nurfitri berbagi alasan kenapa ia menyukai komik Annisa karena kerapihan gambar dan dialog sederhana. Dialognya terlihat alami seperti keseharian. Pembaca pasti tahu kalau komik itu bikinan Annisa dari dialognya.

Mencari Klien Komikus

Annisa fokus membangun portofolio untuk mencari klien memanfaatkan media sosial. Klien utamanya sekarang adalah Re:on Comics, Bumi Langit dan Webtoon.



Honor komikus akan bergantung dari kepopuleran, kedisiplinan dan kualitas karya komikus. Tidak semua penerbit memiliki mekanisme pembayaran sama. Ada yang per chapter, ada juga yang per bulan.

Tips Agar Jadi Komikus Sukses Indonesia

Annisa sekarang memiliki empat orang asisten yang membantu kerjanya. Asistensi ini untuk pengerjaan proses ilustrasi seperti toning dan warna dasar.

Fokus ke kualitas dan keunikan cerita. Jika komik karya kita populer order akan datang dengan sendirinya melalui berbagai upaya pemasaran yang kita lakukan.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+