Komentar Tidak Muncul di Blogspot, Aduuh Kenapa Nih!?

Saat tengah asik ngeblog kadang-kadang masalah bisa saja muncul. Tidak perlu berat, masalah kecil bisa menjadi besar jika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Salah satu masalah yang kerap dihadapi blogger pemula adalah komentar tidak muncul di blogspot. Siapa yang tidak kenal blogspot bukan? Media blog gratis ini banyak digandrungi blogger pemula karena sifatnya gratis.

Baca: Cara membuat blog wordpress

Lalu, bagaimana saat ada yang meninggalkan komentar di blog namun komentarnya tidak muncul? Sebagai pemilik blog tentu kamu tidak ingin pengunjung kecewa bukan? Untuk mengatasi masalah komentar yang tidak muncul di blogspot, ini dia solusinya:

Tahap 1 Cegah Komentar Tidak Muncul di Blogspot

Periksa Setting/Pengaturan pada Dashboard Blogger kamu.

Jika sudah klik post,comments and sharing. Jika langkah kamu benar akan terlihat tampilan berikut ini:

Tahap 2 Cegah Komentar Tidak Muncul di Blogspot

Fokuskanlah pada bagian Comments.

Ada 3 pengaturan utama yaitu Comment Location, Who can comment dan Comment moderation

Comment Location

Di bagian ini kamu bisa memilih antara fullpage, embedded, pop up atau hide. Umumnya kolom komentar disetting “embedded” ini berarti kolom komentar akan melekat pada setiap postingan blog di bagian akhir. Pastikan kamu tidak memilih “hide” karena kolom komentar akan tidak terlihat.

Who Can Comment

Di bagian ini kamu bisa memilih anyone, registered user, user with google accounts, atau only members of this blog.

Kesemua opsi memiliki fungsi berbeda. Jika kamu ingin mengundang minat blogger yang datang dari mesin pencari gunakanlah settingan anyone. Settingan komentar pada who can comment pada opsi anyone akan tampil seperti ini

Jika kamu pilih registered user tampilan komentar akan seperti ini:

Sadar perbedaannya? Untuk blogger yang kenal blog kamu dari mesin pencari akan lebih memilih settingan komentar anyone karena satu hal ini:

Mereka bisa berkenalan sekaligus meninggalkan link blognya. Ini tentu lebih disukai oleh blogger.

Sayangnya banyak blogger sekarang memilih settingan registered user untuk komentar di blgospot. Cara ini sepertinya hanya efektif untuk tukar komentar. Bagaimana dengan trafik organik? Kemungkinan besar mereka tidak mau berkomentar

Comment Moderation

Di bagian comment moderation kamu akan diberi 3 pilihan yaitu Always, Sometimes, atau Never. Always berarti setiap komentar harus mendapat persetujuan admin dulu baru bisa muncul. Never kebalikannya, semua komentar (termasuk yang spam) akan muncul otomatis setelah diketikan di kolom komentar.

Cegah Komentar Tidak Muncul di Blogspot

Itulah analisa kesemua sebab komentar tidak muncul di blogspot. Evaluasi perlahan settingan komentar di blog kamu. Fokus pada setting komentar blog dan lihat apakah ada yang berbeda dengan yang diungkap di postingan ini. Sekedar saran, pastikan comment location : embedded, who can comment : anyone, dan comment moderation: never.

Jika terlalu banyak yang spam, kamu bisa ubah comment moderation menjadi always, jadi kamu harus periksa manual setiap komentar yang muncul sebelum dipublikasikan.

Buat blog kamu kebanjiran pengunjung dengan cara membuat artikel blog berkualitas

Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Ananda Mei 25, 2017
    • Okto Mei 25, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+