Kiat Jet Express Tingkatkan Pemasukan Sampai 200 Persen

  • 17
    Shares

Kiat Jet Express tingkatkan pemasukan sampai 200 persen dapat menjadi penyemangat sektor usaha mengingat pelambatan ekonomi yang sedang terjadi. Tahun 2017 telah menjadi momentum fenomenal bagi PT Jaringan Ekspedisi Transportasi (JET) Express. Pasalnya, perusahaan yang baru berusia ini sudah meraih kinerja signifikan. Peningkatan pemasukan perusahaan mencapai 165% pada kuartal III dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Lini bisnis JET sebenarnya tidak berubah, JET tetap berada di bisnis pengiriman dokumen dan paket. Kebanyakan kontribusi pemasukan JET berasal dari produk jualan ecommerce, dokumen dan paket. Sebanyak 90% dari sana sumbernya. JET merupakan sebuah perusahaan manajemen dan bukan berjualan armada.

Kesuksesan diraih berkat kerja keras semua tim dan agresivitas yang dikembangkan. Sekalipun keadaan industri umumnya stagnan cenderung menurun, JET sanggup melewatinya dengan baik. Dalam kurun waktu 6 bulan JET terlihat belum maksimal namun setelah melewati bulan Ramadan, berbenah aspek operasional terus dilakukan sampai service level agreement perusahaan dapat terus terjaga di atas 90 persen.

Menjadi sebuah organisasi yang terbilang baru berkembang, bukanlah hal mudah membangun service level agreement di atas 90 persen. Saat tingkat service level agreement masih belum mencapai 80%, JET sering menerima keluhan dari pelangan. Saat service level agreement berhasil dinaikan sampai 90%, performa kerja JET langsung melesat. Menurut pengalaman JET, menggeluti bisnis kurir harus mengedepankan layanan dan penjualan. Cara mendekati pelanggan juga harus maksimal untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Baca: Pentingnya Memahami Konsumen Facebook

Sebenarnya tidak banyak perubahan bisnis logistik antara tahun 2016 dengan tahun 2017. Pengaruh muncul karena kondisi makro ekonomi yang sedang sulit membuat pelanggan menekan harga. Terlebih kondisi ecommerce yang mulai banyak menerapkan gratis ongkos kirim. Akibatnya JET harus mengikuti arus dengan menekan harga layanan.

Mekanisme pasar sudah seharusnya tidak dilihat sebagai masalah. Hal ini dapat diatasi dari segi volume penjualan yang dapat saling menutupi kondisi perubahan pasar.

Dinamika Ecommerce dan Bisnis Logistik

Sampai sekarang JET belum menjalin kerjasama dengan beberapa ecommerce skala besar menunggu waktu dan mitra yang tepat. Klien JET kebanyakan adalah penjual online yang bukan dari pasar online seperti para penjual di instagram atau facebook. Kerjasama JET dengan ecommerce besar tetap saja mungkin terjadi suatu saat nanti.

JET sanggup mengirim barang ke senatero Indonesia sekalipun baru melakukan penjemputan di 15 kota mencakup Palembang, Medan, Pekanbaru, Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Solo, Malang, Surabaya dan Denpasar. Dalam menggenjot kinerja JET mengandalkan para mitra.

Baca: Cara Memasarkan Produk di Instagram

Pertumbuhan JET dapat melesat karena fokus lebih diberikan pada intesifikasi bukan ekstensifikasi. Ini berarti JET melakukan penguatan atas modal yang sudah ada bukan menambah jumlah cabang. Penambahan dilakukan terhadap jumlat outlet.

Penambahan geari JET terus terjadi sampai dua kali lipat. Di permulaan tahun sebanyak 250 gerai dibuka dan kini sudah mencapai 500 gerai lebih. Itu pulalah salah satu sebab JET tumbuh pesat.

Dengan pembukaan cabang di 15 kota tadi, jumlah gerai dilipatgandakan untuk mendapatkan pemasukan lebih tinggi.

Selektif Memilih SDM

JET tidak melakukan penambahan tenaga kerja dalam jumlah besar. Ini karena proses dan teknologi yang dipakai sangat membantu. Ini berarti metode JET mengelola perbandingan jumlah muatan dan jumlah kurir sekaligus menjaga service level agreement sudah memiliki rumus yang baik. Itu sebabnya pertumbuhan usaha JET terkendali dengan baik. Rumus yang tercipta itu dibuatkan algoritmanya dengan demikian teknologi berperan sangat penting untuk bisnis JET.

Sekalipun demikian, JET akan terus melakukan perbaikan . Perusahan yang mulai beroperasi sejak 2014 ini akan terus menjaga reputasi sebagai pemain di bidang logistik nasional mengusung teknologi. Dengan begitu, perkembangan teknologi akan meningkatkan kualitas layanan JET. Administrasi sampai pelacakan kiriman akan terus diperbaiki untuk menjadi real time sehingga karyawan semakin baik dalam memberikan pelayanan.

JET akan fokus pada penambahan gerai juga sampai dua kali lipat, melakukan investasi di teknologi dan menyebarkan citra mengenai perbaikan diri kepada masyarakat. JET juga memikirkan manusia dengan sangat serius.

Pendekatan JET itu memiliki dampak sangat positif. Hal ini teruji dari keadaan ekonomi yang kurang menentu ini rasa kebersamaan dalam SDM JET sangat tinggi. Dulu ada penyerahan pekerjaan divisi masing-masing sekarang semua bagian JET itu bagian penjualan.

Baca: 6 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Wajib Dilacak Brand Bisnis

Dua hal penting fokus JET dalam pengembangan SDMnya. Yang pertama adalah membuat kurir lapangan lebih efektif dalam bekerja dan lebih sehat dalam menjalankan pekerjaannya. Yang kedua adalah membuat kedekatan antara tim JET di pusat dengan daerah. Ini membuat ikatan yang lebih kuat dalam internal perusahaan.


Kiat Jet Express Tingkatkan Pemasukan Sampai 200 Persen

Nah itulah berbagi pengalaman kiat Jet Express tingkatkan pemasukan sampai 200 persen. Masih sulit mengingatnya? Inilah rangkumannya:

  • Konsisten bersama lini bisnis sebagai perusahaan pengelola logistik.
  • Agresif dan sanggup bekerja keras memperbaiki operasional dan service level agreement perusahaan pada posisi 90%
  • Memberikan layanan yang kompetitif menyesuaikan mekanisme pasar.
  • Tidak memburu konsumen di satu tempat. Pelanggan dari semua kelas mendapat perhatian sama.
  • Mengirim barang ke semua wilayah Indonesia sekalipun baru memungkinkan jemput barang di 15 kota
  • Penambahan gerai sampai dua kali lipat
  • Tidak berhenti melakukan perbaikan
  • Pertahankan reputasi perusahaan
  • Berkomitmen dengan pemanfaatan teknologi.
  • Memperbaiki administrasi dan mekanisme pelacakan kiriman untuk meningkatkan pelayanan
  • Membangun ikatan kuat pada internal SDM perusahaan.

Bagaimana sangat bermanfaat kan? Jangan lupa bookmark agar bisnis Anda juga melesat seperti JET pada jalur yang semestinya.


  • 17
    Shares
  • 17
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+