Kenapa Kamu Harus Jauhi Bitcoin

Kenapa kamu harus jauhi bitcoin? Pertanyaan ini mungkin hinggap untuk kamu yang masih ragu akan bitcoin dan mencari opini yang ada. Nah itu sebabnya notordinaryblogger ingin berbagi opini dari pihak-pihak yang kontra terhadap bitcoin.

Kenapa kontra? Dalam segala hal ada yang pro (pendukung) dan kontra (penentang) nah, jika menyoal pendukung bitcoin sudah banyak informasinya. Untuk yang kontra bitcoin termasuk jarang atau hanya beberapa. Dari sekian opini kontra bitcoin ini notordinaryblogger merangkum dalam postingan ini.

Jika kamu masih berandai-andai apa itu mata uang kripto (cryptocurriencies) seperti bitcoin, litecoin dan ethereum bisa bertanya kepada penggemarnya. Dalam percakapan itu mungkin akan terdengar seperti ini (kamu dan penggemar bitcoin):

Kamu:   Apa tujuan bitcoin?

Penggemar:       Teknologi yang luar biasa

Kamu:   Iya tapi apa tujuannya?

Penggemar: Blockchain merupakan karya hebat, sesuatu dari masa depan

Kamu: Iya saya paham. Tapi untuk apa sebenarnya?

Penggemar: Kamu  nggak ngerti, bitcoin itu suatu sistem desentralisasi uang secara total. Sungguh sebuah revolusi finansial.

Kamu: Apakah ada tujuannya?

Penggemar: Bitcoin itu masa depan

Dan seterusnya.

Sekarang nilai pasar bitcoin mencapat $100 milyar

Mata uang kripto atau mata uang cyber telah digandrungi sampai mengalami penurunan harga bitcoin  terburuk pekan ini (30% penurunan). Penerapan bitcoin lebih banyak kepada dua hal (pada kenyataannya): perjudian online dan pencucian uang. Keduanya bukanlah inti dari model bisnis pada umumnya. Namun hal itu terjadi.

Tidak masuk akalnya, kedua hal itu pula yang menjadi dasar yang mendorong bitcoin naik 30 kali lipat sehingga sekarang ini nilai pasar bitcoin mencapai $100 milyar.

Mata uang online sulit “menyimpan niai” khususnya jika mengalami penurunan 30% dalam seminggu. Apakah mata uang online bisa menjadi perlindungan untuk “inflasi” yang diterapkan suatu pemerintahan? Jika iya, bagaimana bis orang yang menyimpan uang mereka dalam bitcoin atau ethereum dan mengalami inflasi juga pekan ini?

Hal itu menunjukkan arti jika harga dari sebuah “mata uang” jatuh. Penurunan terjadi 30% dibandingkan kentang, sekarung beras dan segalon bensin termasuk mobil baru.

Kenapa Kamu Harus Hindari Bitcoin Karena Murni Spekulasi

Bisa diakui, sebelum semua ini, harga mata uang kripto telah meroket tajam. Mereka yang awalnya membeli bitcoin dengan harga $1 telah naik menjadi $30. Hal ini dinilai beberapa pengamat sebagai spekulasi ketimbang mata uang. Selanjutnya apa yang akan terjadi besok? Saya bisa tahu pasti berapa kilo beras bisa saya beli dengan mata uang rupiah yang saya pegang hari ini. Bitcoin? Semoga kamu beruntung dengan mata uang kripto itu.

Kamu akan menyadari, secara tidak sengaja, bahwa para penggemar bitcoin akan terus menilai harga pasar dari mata uang baru idolanya dengan cara yang sama untuk mata uang asing.

Mata uang cyber mungkin membuat pembelian online dan transfer uang internasional lebih efisien secara teori. Apakah kamu mau mengalihkan uang ke bitcoin untuk menghemat biaya transaksi luar negeri Rp 50.000,- ?

Kompetisi dari Semua Arah

Bitcoin dan cikal bakal penerusnya, mungin pada satu titik telah mengklaim nilai sebagai suatu entitas unik. Jika bitcoin melakukan monopoli antar pengguna mata uang online untuk memainkan poker online atau membiayai kejahatan internasional, mungkin masuk akal. Dalam beberapa tahun terakhir, pesain bitcoin bermunculan, setidaknya ada 25 mata uang online dengan pasar individual masing-masing senilai $100 juta.

Menguntungkan? Silahkan tentukan sendiri.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+