Kenapa Harga Emas Sulit Naik?


Kenapa harga emas sulit naik? Mungkin untuk Anda yang berinvestasi emas dan berharap harga emas bisa melambung lebih tinggi diginggapi rasa penasaran.

Maklum saja, peristiwa peluncuran rudal Korea Utara ke Samudera Pasifik diduga banyak pihak akan menaikan harga emas. Namun kenyataannya harga emas tidak berubah signifikan. Analis memprediksi kondisi ini dikarenakan harga emas sudah mencapai titik paling tinggi.

Baca Juga : Harga Emas Turun Lebih dari 1 Persen

Sesuai publikasi dari Bloomberg bahwa harga emas untuk kontrak pengiriman periode Desember 2017 pada commodity exchange meningkat tipis senilai 0,18% ke tingkat US$ 1.331,8 per ons troi nya dibandingkan hari sebelumnya. Dalam waktu satu minggu, harga emas bahkan tertekan 1,43%.

Harga emas sempat menguat di permulaan, namun demikian kembali turun diakibatkan menguatnya dollar di saat bersamaan. Selain itu juga tidak sedikit yang beranggapan jika harga emas sudah terlalu tinggi sekarang ini.

Anggapan tingginya harga emas ini disebabkan oleh perkiraan pengetatan moneter yang akan dilakukan sejumlah bank sentral di dunia. Pertama adalah pengetatan moneter Bank of Canada yang sudah menaikan tingkat suku bunga acuan, kemudian akan diikuti perencanaan Bank of England yang disinyalir akan ikut menaikan suku bunga acuannya.

European Central Bank juga berencana untuk melakukan tapering off yang dinilai akan memberi dampak negatif pada harga emas. Akibat dari pengetatan moneter ini, banyak pelaku pasar menilai harga emas sudah terlalu tinggi.

Paham Kenapa Harga Emas Sulit Naik?

Sudah paham kenapa harga emas sulit naik sampai di sini? Jangan langsung percaya dulu. Ada juga pengamat yang berpendapat jika emas sebenarnya masih dalam kondisi tren bullish. Pernyataan ini didukung karena harga emas sudah menyentuk lebel US$ 1.300 per ons troi. Sekalipun begitu, tidak dapat disangkal jika kesemua kebijakan moneter direalisasikan, harga emas bisa saja turun ke level dibawah US$ 1.290 per ons troi di penghujung tahun 2017.

Baca: Panduan Investasi Emas yang Menguntungkan

Pengamat memprediksi jika harga emas akan bergerak pada kisaran US$ 1.310 sampai US$ 1.345 per ons troi. Potensi penguatan harga emas dikarenakan potensi memanasnya perselisihan geopolitik kawasan yang bisa terjadi.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+